Sejarah Docmart, Pernah Jadi Sepatu Mama-Mama Jerman

Wah Docmart ternyata disukai para Mama!

20 Mei 2024

Sejarah Docmart, Pernah Jadi Sepatu Mama-Mama Jerman
drmartens.com

Dr. Martens atau sering dikenal sebagai Doc Martens atau lebih populer lagi dengan Docmart merupakan merek sepatu yang telah menjadi simbol budaya dan fashion sejak pertengahan abad ke-20.

Sepatu ini dikenal karena desainnya yang khas, sol tebal, dan kenyamanan, Dr. Martens memiliki sejarah yang menarik dan evolusi yang unik. Hal ini karena Docmart merupakan sepatu yang lahir pasca Perang Dunia II. Sepatu ini juga ternyata pernah digemari para Mama di Jerman.

Berikut Popmama.com hadirkan sejarah Docmart yang bikin kamu tau fakta menarik soal sepatu ini.

Ditemukan Mantan Tentara Jerman

Ditemukan Mantan Tentara Jerman
drmartens.com

Dilansir dari laman resmi Dr. Martens, awal mula sepatu ini dimulai ketika seorang dokter tentara Jerman yaitu Dr. Klaus Martens menderita cedera pergelangan kaki selama Perang Dunia II. 

Untuk mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan dari sepatu militer standar, Märtens menciptakan sol sepatu dengan bantalan udara menggunakan ban mobil bekas. Inovasi ini menghasilkan sol yang lebih nyaman dan empuk. 

Setelah itu, Martens kemudian bekerja sama dengan rekannya, Dr. Herbert Funck, seorang insinyur mekanik, untuk mengembangkan dan menyempurnakan desain sol udara ini.

Pada tahun 1947, mereka mulai memproduksi dan menjual sepatu dengan sol tersebut. Sol inilah yang dikemudian hari dikenal sebagai Airwair pada Docmart.

Dipakai Mama-Mama Jerman

Dipakai Mama-Mama Jerman
drmartens.com

Sepatu Docmart menjadi populer di kalangan Mama-Mama rumah tangga karena kenyamanannya yang luar biasa. Hal ini merupakan salah satu fakta menarik dalam sejarah Docmart.

Sol udara yang empuk memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari yang mengharuskan mereka berdiri dan berjalan dalam waktu lama.

Pada dekade 1950-an, hampir 80% konsumen Docmart di Jerman didominasi oleh wanita berusia di atas 40 tahun. Selain itu, Docmart juga populer di kalangan pekerja sebagai workshoes.

Masuk Tren Global

Masuk Tren Global
drmartens.com

Meskipun sepatu ini awalnya populer di kalangan pekerja dan ibu-ibu rumah tangga, pada tahun 1960-an Docmart mulai diadopsi oleh berbagai subkultur, termasuk skinhead dan punk sebagai simbol pemberontakan dan ekspresi diri.

Hal ini menandai transisi dari sepatu fungsional sehari-hari ke ikon fashion yang diakui secara global.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Docmart semakin populer di seluruh dunia. Sepatu ini dipakai oleh musisi, artis, dan selebriti.

Docmart telah menjadi bagian dari fashion mainstream tanpa kehilangan daya tarik subkulturalnya. Perusahaannya terus berkembang dan merilis berbagai model baru, termasuk sepatu, sandal, dan aksesoris lainnya.

Walau begitu pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, perusahaan Dr. Martens menghadapi tantangan keuangan dan perubahan tren fashion.

Namun, pada pertengahan 2000-an, merek ini mengalami kebangkitan berkat strategi pemasaran yang kuat dan kolaborasi dengan desainer fashion terkenal. Produksi sebagian besar dialihkan ke Asia, meskipun beberapa model klasik masih dibuat di Inggris.

Demikian sejarah Docmart yang merupakan salah satu sepatu legendaris. Sepatu ini sudah masuk ke beragam kultur fashion di dunia bahkan hingga hari ini.

Baca Juga:

The Latest