5 Cara Memakai Krim Pencerah Wajah yang Tepat agar Maksimal

Yuk, kurangi bintik-bintik gelap dengan krim pencerah wajah!

21 November 2021

5 Cara Memakai Krim Pencerah Wajah Tepat agar Maksimal
Pexels/Yan Krukov

Setiap perempuan membutuhkan kulit yang sempurna dan tampak lebih muda. Namun sayangnya, paparan sinar matahari dan polusi membuat kulitnya terlihat kusam dan muncul bintik-bintik hitam.

Sedangkan permasalahan kulit tersebut dapat dibatasi dengan menggunakan krim pencerah wajah. Ini karena krim pencerah kulit bekerja pada pigmentasi kulit yang seimbang, sehingga memberi kulit lebih bersih dan bercahaya.

Nah, Popmama.com akan membahas 5 cara tepat memakai krim pencerah wajah. Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Membersihkan kulit wajah dengan facial wash berbahan AHA

1. Membersihkan kulit wajah facial wash berbahan AHA
Pexels/Ron Lach

Agar pemakaian krim pencerah wajah maksimal untuk mengurangi munculnya bintik-bintik gelap dan kusam, maka ada baiknya menjaga kebersihan kulit wajah terlebih dahulu.

Bahwa facial wash yang asam alfa-hidroksi (AHA) memang sangat dianjurkan. Ini karena produk facial wash yang mengandung AHA bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati DAN membuka jalan bagi generasi sel kulit baru. 

Dengan begitu, kulit baru di bawahnya akan mencerahkan kulit wajah kamu lebih jauh.

Editors' Picks

2. Meningkatkan hidrasi kulit wajah dengan toner

2. Meningkatkan hidrasi kulit wajah toner
Pexels/Ron Lach

Kamu sedang mencari cara untuk memastikan kulit wajah yang lebih baik? 

Dengan menerapkan toner, ini akan mengembalikan pH alami kulit wajah kamu secara instan. Bahkan juga membantu meningkatkan hidrasi yang tahan lama dan menciptakan kulit lebih sehat.

Selain itu, jika toner penyeimbang pH digunakan dengan benar juga memberi manfaat seperti:

  • Segarkan kulit yang lelah
  • Menghilangkan sebum dan minyak berlebih
  • Mengencangkan pori-pori dan mengurangi komedo
  • Meningkatkan penetrasi produk perawatan kulit lainnya
  • Seimbangkan pH setelah terpapar faktor lingkungan yang keras

Artinya, penggunaan toner penyeimbang pH dapat menjadi langkah ekstra yang diperlukan dalam rutinitas perawatan kulit. Terutama sebelum memakai krim pencerah wajah.

3. Menambahkan perawatan lain dengan hydrating essence

3. Menambahkan perawatan lain hydrating essence
Pexels/Ron Lach

Sebelum kamu memakai krim pencerah wajah, ada baiknya mengginakan hydrating essence setelah membersihkan wajah dengan toner.

Simon Ourian, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Epione Beverly Hills menjelaskan kepada Realsimple bahwa tujuan utama dari essens adalah membantu produk lain dalam rutinitas perawatan kulit agar menyerap lebih baik ke dalam kulit.

Ketika hydrating essence diterapkan, produk perawatan kulit berbasis air ini akan melembapkan, meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan membantu mengembalikan hidrasi ke sel-sel kulit.

4. Menggunakan krim tabir surya spektrum luas

4. Menggunakan krim tabir surya spektrum luas
Pexels/Monstera

Sinar UVA maupun UVB dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Sementara agar tidak menyebabkan kerutan dan bintik-bintik hitam, maka gunakan tabir surya sebelum kamu menggunakan krim pencerah wajah.

Namun sebaiknya pilihlah karakteristik tabir surya yang memiliki SPF 30 dan perlindungan spektrum luas apabila kamu menghabiskan banyak waktu di luar.

Dengan memakai krim tabir surya spektrum luas, maka melindungi kulit wajah dari kerusakan sinar UV dan radikal bebas. Bahkan memungkinkan peningkatan perlindungan antioksidan terhadap sinar UV.

5. Mengunci kelembapan dengan masker yogurt

5. Mengunci kelembapan masker yogurt
Pexels/Arina Krasnikova

Masker yoghurt bermanfaat untuk membantu membalikkan bintik-bintik penuaan dini. Terutama yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Diperkirakan juga membantu menciptakan penghalang penetral radikal bebas terhadap kulit, seperti yang dikutip dari Healthline.

Saat diterapkan ke kulit wajah, masker yang mengandung yogurt terbukti meningkatkan dan mengunci kelembapan. Bahkan memainkan peran penting dalam epidermis dan membantu memulihkan kulit  lebih sehat yang terhidrasi.

Ketika kamu sudah memahami 5 cara tepat menggunakan krim pencerah wajah, mulailah menerapkannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.