Yuk, Coba 5 DIY Pembersih Wajah Alami Ini, Murah dan Berkhasiat Lho!

Apa saja ya, Ma?

10 Februari 2020

Yuk, Coba 5 DIY Pembersih Wajah Alami Ini, Murah Berkhasiat
Pexel/VitoriaSantos

Apakah kamu sering gonta-ganti pembersih wajah?

Menemukan pembersih wajah yang cocok sangat penting agar kulit wajah kamu selalu terlihat sehat. Sebaiknya kamu perlu mencuci wajah setidaknya sekali sehari, atau bahkan dua kali yaitu di pagi hari dan malam hari.

Saat mencuci wajah, pastikan kamu harus merehidrasi, membersihkan kotoran serta minyak, dan jangan terlalu keras saat mengeringkan kulit wajah.

Lelah rasanya harus selalu gonta-ganti sabun pembersih wajah. Jangan khawatir! Cobalah beberapa DIY pembersih wajah alami ini yang telah Popmama.com rangkum:

1. Gunakan cuka apel sebagai bahan utama dalam sabun wajah

1. Gunakan cuka apel sebagai bahan utama dalam sabun wajah
Pexel/mareefe

Cuka apel sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk dunia kecantikan. Bahkan, Cleopatra pada zaman Firaun pun telah menggunakannya sebagai pembersih wajah.

Bahan utama dari cuka apel adalah asam malat, yang mirip dengan asam alfa-hidroksi yang membantu proses pengelupasan kulit wajah.

Cuka apel juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit, mengembalikan tingkat pH kulit,  dan membantu membersihkan dan mencegah pori-pori dan jerawat tersumbat. Kamu perlu ingat bahwa cuka apel harus selalu diencerkan dan jangan pernah dioleskan langsung ke kulit wajah.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampur 1 bagian cuka apel dengan air lalu kocok hingga tercampur dengan rata. Kemudian oleskan ke wajah dengan kapas lalu tunggu sampai mengering. Setelah kulit mulai mengering, oleskan pelembab seperti biasa.

2. Madu dan lemon juga bisa jadi campuran untuk sabun wajah alami

2. Madu lemon juga bisa jadi campuran sabun wajah alami
Pexel/Vickytran

Madu dan lemon yang digabungkan akan menghasilkan pelembab alami dan antiseptik, kombinasi ini sangat sempurna sebagai pembersih wajah alami. Madu secara alami berfungsi sebagai antibakteri dan penuh antioksidan. Madu juga telah terbukti dalam mencegah jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit.

Sedangkan lemon berfungsi meningkatkan warna kulit sebab mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan yang hebat. Madu memiliki sifat antimikroba dan zat astringen.

Cara membuatnya cukup mudah dengan mencampurkan 1 sdm madu organik dengan air lemon. Kemudian oleskan campuran tersebut hingga menutupi wajah dan leher kamu tetapi hindari daerah dekat mata. Tunggu 20 menit, lalu basuh dengan air hangat, kemudian dengan air dingin. 
 

Editors' Picks

3. Jadikan yogurt sebagai bahan untuk sabun wajah

3. Jadikan yogurt sebagai bahan sabun wajah
Freepik/User8533993

Yogurt adalah pembersih wajah alami sempurna, yang membantu meremajakan dan melembutkan kulit.

Protein dan asam laktat dalam yogurt bekerja bersama untuk membantu mendetoksifikasi kulit. Dengan mengoleskan yogurt secara teratur dapat menyingkirkan sel-sel mati melalui pengelupasan kulit, serta bisa mengencangkan pori-pori, mengurangi tampilan garis-garis halus, dan melembabkan kulit.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan yogurt murni dengan 1 hingga 2 sendok teh madu. Kemudian oleskan ke wajah kamu dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian hapuslah dengan air hangat dan disusul dengan air dingin.


 

4. Minyak zaitun juga bisa kamu gunakan untuk bahan utama dalam sabun pembersih wajah

4. Minyak zaitun juga bisa kamu gunakan bahan utama dalam sabun pembersih wajah
Freepik

Minyak zaitun adalah pelembab alami yang bagus untuk menyehatkan dan melembutkan kulit. Bahan ajaib ini mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi radikal bebas sehingga dapat meringankan iritasi pada kulit akibat terbakar sinar matahari.

Cara membuatnya cukup mudah dengan campurkan satu kuning telur, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun, dan beberapa tetes air lemon. Kemudian oleskan ke wajah kamu selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan bersih. 

5. Anggur kaya manfaat termasuk untuk sabun pembersih wajah

5. Anggur kaya manfaat termasuk sabun pembersih wajah
Pixabay/Stevepb

Dilansir dari thehealthy.com, kandungan fitonutrien dalam anggur dapat melindungi sel-sel kulit dari radiasi UV yang berbahaya. Selain itu, anggur juga mengandung vitamin C, yang terbukti membantu membentuk kolagen. Protein di dalamnya juga dapat  meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kamu terlihat muda.

Cara membuatnya ialah dengan mencampurkan 1 putih telur dengan 6 atau 7 anggur di dalam blender, aduk rata. Disini kamu perlu untuk menghancurkan bijinya karena mengandung minyak biji anggur.

Setelah campuran menjadi berbusa, gunakan kuas wajah untuk mengoleskan campuran tersebut ke wajah dan leher dalam gerakan dari bawah ke atas. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih dan lanjutkan dengan pelembab. 

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.