Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Pakai masker kuning telur juga bisa sebagai perawatan rambut lho

28 Oktober 2021

7 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami Cepat
Pexels/Pixabay

Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Rambut juga menambah kepercayaan diri seseorang. Banyak perempuan yang memanjangkan rambutnya agar bisa diwarnai, rebonding, tapi ternyata memanjangkan rambut tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Apakah saat ini Mama sedang mengalami kendala untuk memanjangkan rambut secara alami?

Memanjangkan rambut memang tidak mudah, apalagi ketika terjadi kerontokan yang harus diminimalisir dengan memotongnya, sehingga usaha untuk memanjangkan gagal lagi. 

Jangan khawatir Ma. Saat ini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanjangkan rambut lho. Salah satunya dengan menyambung rambut, tapi kalau Mama ingin memanjangkannya menggunakan cara yang alami, itu juga tidak jadi masalah.  

Di bawah ini Popmama.com akan rangkum cara memanjangkan rambut secara alami dan cepat. 

1. Rutin memotong cabang pada rambut

1. Rutin memotong cabang rambut
Pexels/Element5 Digital

Untuk memanjangkan rambut secara alami, tidak perlu ujung cabang rambut terlalu panjang ya, Ma. Cukup sedikit saja.

Walaupun cara ini tidak berdampak langsung pada rambut, namun setidaknya cara ini dilakukan agar rambut bisa terhindar dari kerusakan. 

Cabang rambut yang tidak dirawat rutin justru akan menghambat pertumbuhan rambut nantinya, karena ia mudah patah. Jadi untuk menghasilkan rambut yang kuat serta mudah panjang, salah satunya dengan rutin memotong cabang pada rambut. 

2. Gunakanlah masker kayu manis

2. Gunakanlah masker kayu manis
Pexels/Tim Mossholder

Kayu manis yang biasa kita temui sebagai bumbu dapur untuk menambah sedap dan aroma pada masakan, ternyata juga memiliki fungsi untuk memanjangkan rambut. Wah hemat sekali kalau bahannya kayu manis. 

Cara alami ini digunakan untuk merangsang sirkulasi darah pada kulit kepala. Kalau Mama tertarik untuk mencobanya, bisa dimulai dengan mencampurkan kayu manis dengan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama.

Jika bahan sudah jadi segera oleskan pada akar rambut ya, Ma. Diamkan dulu selama kurang lebih 45 menit. 

Editors' Picks

3. Memberi pijatan pada kulit kepala

3. Memberi pijatan kulit kepala
Pexels/Bennie Lukas Beste

Ternyata bukan hanya tubuh saja yang butuh dipijat. Kulit kepala juga membutuhkan pijatan. Pijatan yang dilakukan dapat memperlancar sirkulasi dara dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. 

Teknik memijat bisa dilakukan sat sedang manggi. Pijat pelan-pelan saja. Meskipun belum ada penelitian khususnya untuk teknik ini, tapi tidak ada salahnya untuk melakukan pijat pada kulit kepala. Selain untuk memanjangkan rambut, setidaknya memberi rasa rileks pada kulit kepala.

4. Sering keramas justru membuat rambut tidak sehat

4. Sering keramas justru membuat rambut tidak sehat
Pexels/Cottonbro

Melakukan keramas bukan membuat rambut semakin baik. Mungkin hanya memberikan kesegaran dan aroma rambut sehabis keramas saja. Keramas setiap hari tidak dianjurkan lho, Ma. 

Keramas yang dilakukan setiap hari akan membuat kulit kepala menjadi rapuh yang mengakibatkan rambut tidak bisa tumbuh dengan baik. Oleh sebab itu sebaiknya beri jeda pada waktu keramas, boleh dilakukan 2-3 hari sekali. 

5. Nutrisi pada tubuh juga berpengaruh untuk pertumbuhan rambut

5. Nutrisi tubuh juga berpengaruh pertumbuhan rambut
Pexels/Elina Sazonova

Cara alami memanjangkan rambut secara alami salah satunya juga bisa melalui asupan nutrisi pada tubuh. Apa yang kita makan dan minum tidak hanya berpengaruh pada tubuh kita, tapi juga pada proses bertumbuhnya rambut.

Pola makan dan gizi yang kita konsumsi seharusnya diperhatikan jika ingin memanjangkan rambut. Kalau bisa hindari dulu melakukan diet jika nantinya akan mengurangi gizi yang dibutuhkan rambut. 

Jika semua sudah dilakukan, asupan gizi bisa dibantu dengan menambah vitamin seperti omega-3 yang bisa membantu kulit kepala dan rambut agar lebih sehat. Zat besi untuk mencegah adanya kerontokan serta pyrithione zinc yang membantu menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe. 

6. Masker kuning telur juga bisa digunakan sebagai bahan alami

6. Masker kuning telur juga bisa digunakan sebagai bahan alami
Pexels/Klaus Nielsen

Mama punya telur di rumah? Nah ini juga merupakan bahan yang bisa digunakan untuk memanjangkan rambut. Tidak semua isi telur digunakan ya, Ma. Gunakan kuning telur sebagai masker rambut. 

Mengapa kuning telur bisa membantu memanjangkan rambut secara alami? Karena telur mengandung lesitin dan juga protein.

Caranya dengan mencampurkan dua kuning telur dengan minyak zaitun dan air, kemudian oleskan pada rambut pelan-pelan. Diamkan masker kuning telur tadi selama 30 menit lalu setelahnya bilas dengan sampo. 


 

7. Mengurangi penggunaan alat yang bisa merusak rambut

7. Mengurangi penggunaan alat bisa merusak rambut
Pexels/Gratisography

Kebanyakan perempuan menggunakan alat electric pada rambut. Seperti halnya hair dryer dan catokan rambut. Ada baiknya untuk membatasi penggunaan jenis alat-alat tersebut jika ingin memanjangkan rambut secara alami. 

Alat listrik tersebut bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut, rambut akan mudah rontok dan rapuh. Tidak hanya itu saja, produk yang menggunakan bahan-bahan kimia seperti pewarna rambut juga memiliki potensi merusak rambut. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanjangkan rambut secara alami dan cepat. Semoga para mama yang sedang berusaha untuk memanjangkan rambut bisa mendapatkan hasil yang diinginkan ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk