Rahasia Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah agar Hasil Maksimal

Perlu tahu cara yang benar agar hasil cat rambut lebih maksimal

14 Oktober 2021

Rahasia Mewarnai Rambut Sendiri Rumah agar Hasil Maksimal
Pixabay/Angeleses

Semenjak pandemi, banyak hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan akhirnya terdorong untuk mencobanya sendiri di rumah. Ternyata keterbatasan akses untuk melakukan berbagai hal di luar rumah mendorong orang untuk lebih mandiri dan berani untuk mencoba hal baru.

Salah satu hal yang mungkin belum pernah Mama pikirkan untuk melakukannya sendiri di rumah antara lain memotong dan mewarnai rambut. Biasanya, dua hal ini akan dilakukan oleh orang berpengalaman di salon agar hasilnya rapi dan sesuai keinginan. 

Memotong dan mewarnai rambut sendiri memang cukup berisiko, terutama mewarnai rambut. Jika tidak dilakukan dengan benar, noda cat rambut akan mengenai area dahi, belakang telinga, dan juga leher. Apalagi untuk menghilangkan noda cat rambut tersebut tidak mudah. Sehingga apabila cat rambut mengenai area-area tersebut akan terlihat jelas hasil yang tidak rapi.

Agar hasil mewarnai rambut sendiri bisa rapi dan hasil yang memuaskan, Mama perlu mengetahui beberapa cara melakukannya secara benar. Maka dari itu, Popmama.com punya rahasia khusus mewarnai rambut sendiri di rumah agar hasil maksimal. 

1. Memilih cat rambut yang tepat

1. Memilih cat rambut tepat
Freepik/Racool_studio

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dari mewarnai rambut sendiri, kunci utama adalah pemilihan cat rambut yang tepat. Mewarnai rambut sendiri di rumah tentu tidaklah mudah.

Apalagi jika Mama baru pertama kali melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki cat rambut yang tidak mudah tumpah sehingga saat pengaplikasian, cat rambut tidak akan mudah mengenai area yang tidak diinginkan.

Pemilihan cat rambut yang tepat juga tak lepas dari pemilihan warna cat rambut. Ada banyak pilihan warna cat rambut. Maka dari itu, pastikan cat rambut yang dipilih sesuai dengan hasil warna yang diinginkan.

2. Tes reaksi alergi

2. Tes reaksi alergi
Freepik/master1305

Agar Mama tidak mengalami efek yang tidak diinginkan setelah mewarnai rambut sendiri di rumah, ada baiknya untuk melakukan tes alergi. Tes ini dilakukan untuk melihat apakah kulit Mama memberikan reaksi alergi pada produk cat warna yang akan digunakan atau tidak.

Cara melakukannya dengan mengoleskan cat rambut ke area belakang telinga sehari atau dua hari sebelumnya. Jika tidak terjadi reaksi pada kulit maka cat rambut yang digunakan aman dan bisa digunakan.

Editors' Picks

3. Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan

3. Menyiapkan peralatan dibutuhkan
Tokopedia.com

Peralatan yang tepat penting untuk dimiliki sebelum mewarnai rambut sendiri di rumah. Beberapa peralatan yang penting untuk dimiliki antara lain adalah mangkuk non logam, brush atau kuas untuk pengaplikasian cat rambut, penjepit rambut, sarung tangan, dan handuk yang dapat melindungi pundak agar cat rambut tidak mengotori baju.

4. Keramas sebelum mewarnai rambut

4. Keramas sebelum mewarnai rambut
Freepik

Cat rambut akan sulit menempel dengan baik apabila terdapat minyak pada lapisan rambut. Makanya penting untuk melakukan keramas sebelum memulai mewarnai rambut sendiri di rumah. Apabila jenis rambut Mama berminyak maka hindari juga penggunaan conditioner setelah keramas.

5. Membagi beberapa bagian rambut

5. Membagi beberapa bagian rambut
Pixabay/jackmac34

Agar warna cat rambut rata, sebelum memulai mewarnai rambut sendiri Mama perlu membagi beberapa bagian rambut. Belah dua menjadi bagian kanan dan kiri. Lalu masing-masing sisi dibagi menjadi bagian atas dan bawah.

6. Aplikasikan cat rambut

6. Aplikasikan cat rambut
Freepik/valuavitaly

Saat memulai mewarnai rambut, mulai dari bagian bawah terlebih lalu. Setelah cat rambut merata pada bagian bawah maka Mama bisa melanjutkannya ke bagian atas sekitar area akar rambut. Alasannya adalah rambut yang mendekati akar rambut lebih cepat menyerap pigmen warna cat rambut sehingga berisiko menjadi belang.

Setelah cat rambut diaplikasikan pada rambut, diamkan selama 20 hingga 30 menit. Lalu bilas sesuai instruksi yang tertera pada kemasan cat rambut.

Agar hasil dari mewarnai rambut sendiri di rumah bisa bertahan lama dan rambut terlihat sehat maka Mama perlu rutin melakukan perawatan rambut. Rutin melakukan creambath dan menggunakan vitamin atau serum rambut akan menjaga kondisi rambut dari kerusakan akibat bahan kimia cat rambut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.