7 Jenis Produk Kecantikan yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Ayo coba cermati produk perawatan kulit yang Mama pakai!

16 Juni 2018

7 Jenis Produk Kecantikan Wajib Dihindari Saat Hamil
medicalnewstoday.com

Meski sedang hamil, Mama pasti tetap ingin terlihat menawan dan terawat. Namun, mulai dari awal kehamilan, Mama perlu mencermati lebih dalam lagi ada beberapa jenis makeup atau perawatan kulit yang wajib dihindari saat hamil.

Kenapa? Karena bahan-bahan yang ada dalam kandungan tersebut dapat mempengaruhi janin dan dapat menyebabkan kelahiran prematur, cacat janin, bahkan keguguran.

Wah, ternyata ngeri banget ya Ma dampak yang ditimbulkan dari bahan-bahan tersebut. Sebelum terlambat, ketahui yuk Ma, apa saja produk kecantikan yang tidak baik untuk ibu hamil. Check it out!

1. Perawatan antiaging

1. Perawatan antiaging
netdoctor.co.uk

Semua perawatan wajah yang mengandung anti aging, sangat dilarang untuk ibu hamil. Pasalnya, di dalamnya terdapat kandungan retinol yaitu senyawa kimia yang berbahaya bagi janin.

Jadi, hindari produk antiaging sejak awal masa kehamilan ya, Ma. Demi keselamatan janin dalam kandungan Mama.

2. Obat jerawat

2. Obat jerawat
parents.com

Banyak kandungan berbahaya yang terkandung dalam sebuah obat jerawat. Salah satunya asam salisilat, isotretinoin, salisylic acid, dan banyak kandungan lainnya yang merupakan bahan kimia dan berbahaya bagi janin.

Pastikan obat jerawat Mama tidak mengandung bahan-bahan tersebut ya. Akan lebih baik konsultasikan ke dokter kulit, jika Mama sedang dalam masa hamil dan apakah ada obat yang tidak berbahaya bagi janin.

Baca Juga: Tetap Menawan pada Masa Kehamilan dengan Tepat Memilih Kosmetik

3. Produk pemutih

3. Produk pemutih
babycenter.com

Hindari juga semua jenis perawatan wajah yang mengandung pemutih kulit. Baik pelembab muka, body lotion, pencuci wajah, dan lainnya.

Merkuri, Hydroquinone, adalah 2 bahan pemutih yang sangat berbahaya bagi kulit dan biasanya terdapat pada produk pemutih.

Sementara, katakan selamat tinggal dulu ya dengan produk pemutih kulit!

Editors' Picks

4. Produk yang mengandung paraben

4. Produk mengandung paraben
huffingtonpost.com

Paraben atau bisa juga disebut sebagai bahan pengawet pada kosmetik dan produk perawatan tubuh lainnya.

Beberapa penelitian memang menyebutkan ada beberapa jenis kandungan paraben yang tidak berbahaya, tapi akan lebih baik, jika Mama menghindari terlebih dahulu produk-produk yang mengandung paraben selama masa kehamilan.

Paraben, biasanya ditemukan pada produk-produk kecantikan seperti shampo, kondisioner, makeup, deodoran, sabun muka, maupun sabun mandi. Jadi, coba lihat produk yang Mama pakai sekarang apakah mengandung paraben atau tidak?

5. Kuteks

5. Kuteks
newkidscenter.com

Kuteks  mengandung banyak sekali bahan kimia yang berbahaya bagi janin. Jadi jika Mama ingin merawat kuku, lakukan saja manicure dan pedicure tanpa perlu menggunakan kuteks untuk finishing.

Atau Mama juga bisa mencari kuteks berbahan nontoxic nail polish. Kuteks sejenis ini sudah banyak dijual di pasaran dan mudah dicari.

6. Pewarna rambut

6. Pewarna rambut
babycenter.com

Kandungan dalam pewarna rambut dapat menyebabkan cacat janin, leukimia, atau bahkan kanker. Jadi Mama harus puasa untuk tidak mengecat rambut dulu selama masa kehamilan karena bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut sungguh berbahaya.

Selain pewarna rambut, obat-obat rambut untuk rebonding atau pengeritingan juga termasuk dalam kategori berbahaya dan perlu dijauhi saat hamil.

Baca Juga: Ini Kata Dokter Tentang Mewarnai Rambut Saat Hamil!

7. Parfum

7. Parfum
greatist.com

Perhatikan parfum yang sedang Mama gunakan, jika mengandung phthalates, Mama harus cepat mengganti parfum itu selama masa kehamilan.

Pasalnya, parfum yang mengandung bahan phthalates dapat menghambat pertumbuhan organ pada janin, dan dampak lainnya.

Mama bisa coba mengganti parfum dengan essential oil, karena bahan yang terkandung di dalamnya jauh lebih alami dan aman bagi kulit.

Itulah Mama, tujuh produk kecantikan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Ingatlah Ma, bahwa kesehatan dan keselamatan bayi Mama lebih penting dari segalanya, tak ada salahnya mengutamakan hal tersebut dengan menghentikan penggunaan produk kecantikan di atas.

Tanpa produk kecantikan di atas, aura Mama selama masa kehamilan akan memancarkan keindahan yang tiada tara lho. Pastinya, Papa pun akan semakin cinta sama Mama. Setuju?