5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

Saat memiliki kulit kering, kamu harus memerhatikan hal ini saat menggunakan skincare

14 Januari 2020

5 Kandungan Skincare Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering
barelytherebeauty.com

Jika membahas soal perawatan kulit kering, kuncinya hanya satu yaitu pemilihan produk yang tak membuat kulit terasa kencang setelah pemakaian. 

Bagi pemilik kulit kering, dermatologis seringkali menyarankan untuk mencari produk yang memiliki banyak kandungan pelembap di dalamnya seperti hyaluronic acid.

Nah, di bawah ini merupakan kandungan-kandungan yang perlu Mama hindari saat ingin membeli produk skincare atau makeup. Cek selengkapnya yuk, Ma. 

1. Kandungan alkohol dapat membuat kulit makin terasa kering

1. Kandungan alkohol dapat membuat kulit makin terasa kering
orogoldingredients.com

Kandungan ini mungkin sering Mama lihat di berbagai produk kosmetik. Alkohol juga sering muncul dengan berbagai nama kandungan. 

SD Alcohol, Denatured Alcohol, atau Isopropyl Alcohol merupakan beberapa nama kandungan yang perlu Mama waspadai karena dapat membuat kulit makin kering. 

2. Wewangian (Fragrance) dapat menimbulkan iritasi pada kulit

2. Wewangian (Fragrance) dapat menimbulkan iritasi kulit
wellnesschiropractic.co.uk

Wewangian atau yang sering terlihat di label produk sebagai fragrance juga merupakan kandungan yang sebaiknya dihindari.

Kandungan ini dapat menimbulkan iritasi bagi kulit kering khususnya pemilik kulit sensitif.

Editors' Picks

3. Paraben bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit

3. Paraben bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit
mixedmakeup.com

Mungkin Mama juga sering mendengar soal pelarangan paraben dalam kosmetik. Tapi apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan paraben ini?

Sederhananya nih Ma, paraben merupakan pengawet atau kandungan sintetis yang ditambahkan ke dalam produk untuk membuatnya lebih tahan lama.

Nah, jika Mama menggunakan produk yang di dalamnya terdapat kandungan ini setiap hari, kemungkinan besar pula kulit Mama dapat mengalami iritasi hingga alergi. 

4. Hindari pula kandungan Glycolic acid

4. Hindari pula kandungan Glycolic acid
glowsly.com

Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari kandungan yang satu ini. Glycolic acid sebenarnya hanya digunakan untuk mengurangi dan membersihkan pori-pori tersumbat serta komedo. Meskipun manfaatnya baik, namun pemilik kulit kering tidak membutuhkan kandungan ini. 

5. Salicylic Acid sebaiknya digunakan untuk pemilik kulit berminyak

5. Salicylic Acid sebaik digunakan pemilik kulit berminyak
skincare.com

Kandungan ini sering ditemukan di berbagai produk perawatan wajah yang ditujukan untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat.

Para dermatologis menyarankan pemilik kulit sebaiknya menjauhi kandungan ini. Pasalnya, salicylic acid hanya akan membuat kulit makin kering. 

Itulah kelima kandungan yang perlu dihindari bagi pemilik kulit kering. Mama punya cara lain untuk merawat kulit kering? Coba share di sini yuk, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.