10 Tips Berpakaian Pasca Melahirkan untuk Bentuk Tubuh Baru Mama

Pakaian minimalis ini membuatmu tampak stylish

12 Juli 2019

10 Tips Berpakaian Pasca Melahirkan Bentuk Tubuh Baru Mama
stylecaster.com

Seorang Mama baru pasti merasa memiliki tubuh yang berbeda pasca melahirkan. Sebab saat menjalani masa kehamilan, terjadi banyak perubahan terutama pada bagian perut.

Akibat dari perubahan bentuk tubuh, pemilihan jenis pakaian tentu menjadi suatu pertimbangan bagi Mama.

Selain memilih jenis pakaian yang nyaman dan pakaian yang membuat bentuk tubuh menjadi lebih ramping juga menjadi suatu yang dipikirkan.

Namun Mama tidak perlu khawatir untuk tampil lebih ramping segera setelah anak lahir karena Popmama.com akan membantu Mama mencari cara untuk menampilkan gaya baru dengan pakaian yang tepat, cobalah beberapa tips di bawah ini ya, Ma!

1. Gunakan sentuhan “hitam” pada pakaian

1. Gunakan sentuhan “hitam” pakaian
fashionetmag.com

Apakah Mama merasa bagian perut yang lebih besar atau bagian belakang terasa lebih gemuk dari biasanya? Coba Mama gunakan pakaian hitam.

Pakaian hitam menciptakan ilusi kehalusan sehingga bagian-bagian yang lebih besar disamarkan oleh kain gelap dan pakaian hitam juga membuat tubuh lebih panjang jika Mama memilih pakaian yang berwarna hitam dari kepala hingga kaki.

Mama juga bisa menggunakan tank top berwarna terang yang ditutupi oleh cardigan yang berwarna gelap dengan menggunakan celana legging gelap. 

Gunakan tambahan aksesoris yang sedikit cerah seperti syal bermotif, kalung, sepatu, dan tas.

2. Fokus pada ukuran yang pas

2. Fokus ukuran pas
glamisse.com

Cara yang paling baik untuk berpakaian setelah hamil adalah memastikan pakaian Mama sesuai dengan ukuran tubuh yang sekarang.

Gunakan atasan yang pas di badan dan bagian bawah yang mengikuti lekuk pinggul Mama, tapi jangan yang terlalu ketat atau sempit, ini akan membuat Mama merasa tak nyaman. 

Jika saat ini belum memiliki pakaian yang pas, Mama mungkin harus membelinya, tetapi tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian karena ukuran tubuh mungkin akan berubah seiring berjalannya waktu.

Kunjungi toko-toko yang menjual pakaian yang sedang diskon atau toko yang menjual barang Preloved untuk mendapatkan pakaian yang murah dan juga mewah.

Jadi selain hemat, Mama juga bisa menambahkan koleksi fashion deh!

3. Tambahkan penggunaan aksesoris

3. Tambahkan penggunaan aksesoris
straightastyleblog.com

Menggunakan baju serba hitam dari kepala hingga kaki kadang juga terlihat terlalu polos dan membosankan.

Cobalah untuk menggunakan kalung yang berkilau atau syal panjang di leher untuk menarik perhatian orang lain

Penggunaan aksesoris di leher juga berfungsi untuk menutupi dari area-area yang ditutupi.

Orang lain akan menjadi terpusat untuk melihat aksesoris tanpa mempunyai waktu untuk memperhatikan perubahan bentuk tubuh Mama. 

Selain itu mama akan terlihat lebih stylish dan fashionable 

4. Jadilah minimalis yang stylish

4. Jadilah minimalis stylish
pinterest.com/dilbarbasovj5u4

Jika kamu menyukai gaya berbusana yang longgar dan bisa leluasa dalam bergerak. Mama dapat menggunakan kemeja berwarna gelap dan celana bahan agar memberikan tampilan yang simple, minimalis, dan bersih.

Pilih kemeja berwarna gelap yang bahannya jatuh sehingga tidak memiliki banyak kerutan atau lipatan kemeja ini akan memberikan siluet sederhana pada tubuh Mama.

Padukan dengan celana model klasik dengan saku yang berukuran sedang yang berpusat dibagian belakang celana.

Pakaian ini cocok untuk Mama yang sudah mulai bekerja setelah melahirkan.

5. Celana dengan pola jahitan lurus

5. Celana pola jahitan lurus
pinterest.com/styleonmekr

Apabila Mama ingin terlihat memiliki kaki yang lebih jenjang, Mama dapat menggunakan celana yang memiliki pola jahitan lurus karena lapisan celana yang lebih panjang akan memberikan ilusi kaki menjadi panjang.

Agar tampilan lebih baik, gunakan celana yang berwarna hitam, nude, atau abu-abu untuk kaki yang lebih ramping. Hindari warna-warna yang cerah.

Akan lebih baik jika celana yang digunakan berukuran sepanjang mata kaki dengan jahitan yang lurus dan Mama dapat menggunakan sepatu yang mempunyai hak rendah atau sedikit runcing untuk kaki yang lebih panjang dan lebih ramping.

Editors' Picks

6. Gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman

6. Gunakan pakaian bahan nyaman
preppyoutfit.com

Jika ingin terlihat lebih casual dan lebih santai gunakan kaos dengan warna yang gelap dan terbuat dari bahan yang lembut dan halus yang menghasilkan efek menggantung di tubuh.

Pilih kaos yang berbahan dasar sutera (atau sutera dengan sentuhan Spandex) atau campuran katun. Mama juga bisa menggunakan sweater ringan yang menggantung di tubuh.

Padukan atasan yang lembut dengan celana jeans denim yang bagus untuk penampilan yang lebih santai namun tetap menarik.

7. Menggunakan shapewear

7. Menggunakan shapewear
amazon.com

Selain menggunakan pakaian luar, mama bisa memanfaatkan “Shapewear” atau yang biasa disebut dengan korset pelangsing atau kamisol.

Shapewear memiliki pita yang lebar dan dapat disembunyikan dibalik pakaian luar untuk membentuk lekuk tubuh. Shapewear digunakan di sekitar perut untuk menjaga bentuk tubuh agar lebih kencang.

Shapewear juga ada yang berbentuk celana dalam berpinggang yang dapat menahan bagian belakang, paha, dan pinggang yang terasa nyaman dan dapat membantu mama untuk lebih percaya diri. Mama dapat memilih shapewear yang sesuai dengan kebutuhan yang mama butuhkan.

8. Perlihatkan bagian leher dan bahu

8. Perlihatkan bagian leher bahu
chicnora.com

Untuk mendapatkan bagian tubuh atas yang lebih ramping, gunakan pakaian yang memperlihatkan bagian sekitar leher dan juga bahu.

Bentuk baju V-neck, Neck Scoop, Neck Boat, dan off-the-shoulder necklines khususnya menciptakan garis yang lebih vertical ke tubuh dan menekankan bentuk tulang yang lebih elegan.

Hindari penggunaan baju yang memiliki kerah O-Neck dan turtle neck. Kerah seperti ini akan membuat bagian leher menjadi lebih padat.

9. Tambahkan 1cm-2cm pada sepatu Mama

9. Tambahkan 1cm-2cm sepatu Mama
nastygal.com

Setelah melahirkan, pasti mama terbiasa dengan sepatu kets atau dengan sendal selama beberapa bulan pertama.

Coba gantilah dengan sepatu yang sama nyamannya dengan cara menambahkan sedikit hak runcing sekitar 1-2 centimeter. Sepatu dengan sedikit hak membuat kaki menjadi sedikit lebih panjang lho Ma!

Jika merasa sepatu dengan hak runcing merasa belum sanggup, cobalah dengan sepatu wedges atau heels yang diameternya lebih lebar untuk memberikan daya angkat yang lebih besar dan cukup kokoh. Keseimbangan sangat penting saat Mama sambil menggendong bayi yang baru saja lahir. Jadi, perhatikan hal ini dengan baik ya, Ma.

Namun, jika sepatu kets adalah satu-satunya sepatu yang paling nyaman, cobalah sepasang sepatu sneakers dengan tambahan sol platform.

10. Mom jeans untuk mama baru

10. Mom jeans mama baru
pinterest.com/byyaworld

Pasti rasanya galau jika terjebak diantara ukuran celana jeans kesayangan dengan keadaan ukuran bentuk tubuh yang sekarang.

Tetapi ingatlah, kecocokan sangat penting. Celana jeans yang terlalu ketat akan membuat paha terasa teremas dan tidak nyaman.

Celana yang terlalu longgar juga membuat bagian belakang tubuh menjadi tidak nyaman. Solusi yang tepat adalah dengan menggunakan “Mom Jeans”.

Mom jeans ini adalah celana dengan jahitan tinggi hingga pada bagian perut yang terbuat dari jenis kain denim yang tebal. Mom Jeans memiliki tipe jeans yang lebar namun dengan jahitan yang lurus sehingga membuat kaki tampak lebih ramping.

Pastikan jeans nya memiliki regangan yang cukup untuk memberikan bentuk tubuh bagian bawah yang lebih indah dan jangan lupa untuk menggunakan dengan ikat pinggang agar lebih stylish.

Fashion style pasca melahirkan seperti apa yang mama suka? Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya, Ma! 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!