Bikin Rusak! Ini 7 Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin

Kalau memaksa, bisa merusak mesin cuci dan pakaian itu

6 Juni 2019

Bikin Rusak Ini 7 Pakaian Tidak Boleh Dicuci Mesin
Pixabay/alterfines

Semenjak kehadiran mesin cuci, segalanya jadi lebih mudah. Namun bukan berarti semua barang yang ingin dicuci bisa dimasukkan ke mesin.

Beberapa benda mungkin terasa sah-sah saja masuk ke mesin cuci. Padahal, ternyata itu tidak boleh. Karena, bisa jadi barang kesayangan kamu jadi rusak. Duh, tentu tidak mau hal itu terjadi kan?

Beberapa benda yang jelas dilarang masuk mesin cuci seperti dompet, ponsel, pulpen, kunci, dan uang koin yang tertinggal di saku pakaian. Beberapa lainnya boleh masuk mesin cuci, namun harus menggunakan tas sendiri agar tidak hilang dan rusak saat dicuci. 

Berikut 7 benda ini mungkin masih kamu masukkan dalam mesin cuci. Oleh karena itu, Popmama.com telah mengumpulkan 7 benda yang sebenarnya tidak boleh masuk mesin cuci.

1. Baju renang

1. Baju renang
Pexels/Pixabay

Meski didesain untuk berada di dalam air, namun baju renang tidak didesain untuk berendam di air mesin cuci. Reaksi mekanikal dari mesin cuci bisa merusak serat dan struktur dari baju renang wanita. 

Ditambah, banyak baju renang yang menggunakan resleting. Sehingga mencucinya dengan mesin bisa membuat baju bolong dan rusak. Baju renang lebih aman jika dicuci dengan tangan.

2. Sepatu dan baju kulit

2. Sepatu baju kulit
Freepik/kstudio

Sepatu bahan biasa bisa dicuci dengan baik dengan mesin cuci. Sayangnya, tidak halnya dengan sepatu kulit. Kebanyakan sepatu kulit memiliki bagian yang ditempel dengan lem. Sehingga mencucinya dengan mesin bisa membuat lem merusak kelembapan dari kulit tersebut. 

Ditambah, permukaan kulit bisa sangat basah. Mencucinya dengan mesin cuci akan meninggalkan bekas berkerut dan ternoda. Lebih baik mencuci bahan kulit ke tempat cuci profesional agar pakaian dan sepatu lebih awet.

3. Wol, kasmir, beludru, dan pakaian dengan hiasan

3. Wol, kasmir, beludru, pakaian hiasan
Freepik/Freepic.diller

Sebenarnya, sudah ada cara mencuci di pakaian-pakaian dengan bahan ini. Namun seringkali hal tersebut tidak diperhatikan betul. Padahal, itu bisa merusak pakaian. Lebih baik mencuci pakaian dengan bahan-bahan tersebut menggunakan tangan atau dengan cara dry cleaning.

Editors' Picks

4. Dasi

4. Dasi
Pexels/Pixabay

Hampir semua dasi diberikan peringatan agar tidak dicuci dengan mesin cuci. Karena kebanyakan dasi terbuat dari sutra sehingga bisa rusak saat dicuci dengan mesin. 

Selain itu, struktur bagian dalamnya bisa terpelintir dan bentuk dasi jadi berubah saat dicuci dengan mesin. Mencucinya dengan tangan atau dry cleaning adalah cara terbaik.

5. Bantal busa padat

5. Bantal busa padat
Pixabay/Manbob86

Boneka dan bantal dengan busa biasa aman dicuci dengan mesin. Tidak halnya dengan bantal busa padat. Karena saat mencucinya dengan mesin, busa padatnya akan terkoyak dan merusak bentuk. 

Hanya butuh merendamnya di air hangat, dengan deterjen lembut dan diperas sedikit saja saat ingin mencuci bantal busa padat. 

6. Barang dengan bulu binatang

6. Barang bulu binatang
Pexels/Burst

Semua benda dengan bulu binatang ada baiknya tidak dicuci dengan mesin. Karena bulu binatang bisa menyumbat saluran air dan pengeringan di mesin cuci. 

Jika ingin aman, bersihkan dahulu bulu binatang yang menempel di bahan. 

7. Bahan yang terkena cairan mudah terbakar

7. Bahan terkena cairan mudah terbakar
zonaherramientas.com

Bahan yang terkena oli, bensin, minyak masak, tiner, atau alkohol tidak boleh langsung masuk mesin cuci. Karena jika langsung dimasukkan, bisa menimbulkan kebakaran tanpa disadari.

Selain itu, bekas noda dari cairan tersebut bisa tertinggal di mesin cuci dan menempel di cucian selanjutnya. Ada baiknya untuk merendam bahan tersebut dengan deterjen selama minimal satu jam sebelum mencucinya di mesin.

Jadi, hati-hati saat mencuci pakaian ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;