Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, Tetap Butuh Sunscreen

Lakukan kebiasaan ini untuk menjaga kulit

9 September 2022

5 Cara Merawat Kulit saat Musim Hujan, Tetap Butuh Sunscreen
Pexels/armağan başaran

Cuaca dingin yang diakibatkan oleh musim hujan saat ini di Indonesia menjadi salah satu tanda bahwa kulit memerlukan perawatan yang lebih. Perubahan dalam merawat kulit di cuaca yang dingin tidak hanya bisa dilakukan dengan mengganti produk perawatan, tetapi dengan melakukan beberapa kebiasaan, seperti yang dilansir dalam drwangskincare.com.

Pada cuaca yang dingin, Mama perlu untuk menyesuaikan kondisi lingkungan dengan kondisi kulit yang dimiliki. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 cara merawat kulit saat musim hujan. Yuk, disimak!

1. Menggunakan sabun pembersih yang sesuai

1. Menggunakan sabun pembersih sesuai
Freepik/pressfoto

Pada cuaca dingin biasanya kulit akan menjadi lebih kering, oleh karena itu Mama perlu untuk menggunakan sabun pembersih yang sesuai agar kulit tidak menjadi lebih kering. Jika salah memiliki sabun, kemungkinan kulit yang iritasi akan semakin besar.

Mama harus menggunakan sabun pembersih dengan formula yang ringan dan yang bebas pewangi. Gunakan sabun yang dapat menghidrasi dan tidak menghilangkan minyak alami pada kulit.

Editors' Picks

2. Melakukan eksfoliasi secara teratur

2. Melakukan eksfoliasi secara teratur
Unsplash/The Creative Exchange

Meskipun sedang berada pada cuaca yang dingin, melakukan pengelupasan kulit tetaplah harus dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tak hanya untuk menyingkirkan sel kulit mati saja, melakukan eksfoliasi juga dapat membantu untuk membuat pelembap atau produk perawatan kulit lainnya lebih mudah untuk menyerap.

Lakukan eksfoliasi secara lembut dan tidak berlebihan untuk menghindari kulit yang iritasi dengan menggunakan scrub yang memiliki butiran halus.

3. Gunakan pelembap yang sesuai

3. Gunakan pelembap sesuai
Freepik/senivpetro

Mama perlu untuk membuat penyesuaian yang serius terhadap produk pelembap yang biasa digunakan. Cuaca yang dingin dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit yang mana sirkulasi darah menjadi lebih sempit untuk menuju ke permukaan kulit.

Kulit akan menjadi lebih kering pada saat cuaca dingin, oleh karena itu gunakan pelembap yang mengandung ceramide dan hyaluronic acid pada pagi hari. Lalu, gunakan pelembap yang mengandung lanolin, petrolatum, dan mineral oil pada malam hari.

Gunakan pelembap yang mengandung banyak bahan alami untuk membuat kulit tetap terhidrasi.

4. Jangan mandi menggunakan air hangat

4. Jangan mandi menggunakan air hangat
norhioplumbing.com

Mandi dengan menggunakan air hangat kedengarannya memang sangat nyaman, terlebih lagi jika cuaca sedang dingin. Namun, air panas atau hangat yang digunakan ternyata dapat membuat kulit menjadi kering dan rentan terhadap kerusakan lho.

Mandi dengan menggunakan air panas dalam jangka waktu yang lama akan memecah penghalang lipid di kulit sehingga akan membuat kulit menjadi iritasi. Usahakan mandi dalam waktu 10 menit atau kurang dan hindari penggunaan air hangat meskipun dapat membantu untuk menghangatkan badan pada cuaca yang dingin.

5. Selalu menggunakan sunscreen

5. Selalu menggunakan sunscreen
Pexels/Andrea Piacquadio

Meskipun pada saat musim hujan matahari cenderung tidak muncul karena langit yang mendung, bukan berarti Mama melewatkan penggunaan sunscreen. Pasalnya, sunscreen tidak hanya berfungsi untuk melindungi kulit dari cahaya matahari saja lho.

Sunscreen memiliki manfaat lain seperti mencegah penuaan dini, mencegah munculnya komedo, dan juga melembapkan kulit. Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen meskipun sedang berada di dalam ruangan atau pada saat cuaca dingin.

Nah, itulah lima cara merawat kulit pada musim hujan dengan cuaca yang cenderung dingin. Tetap jaga kulit dalam kondisi apapun ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk