5 Cara Membuat Masker Wajah Alami

Coba membuat masker dari bahan-bahan alami ini yuk, Ma!

12 Januari 2021

5 Cara Membuat Masker Wajah Alami
Freepik/Benzoix

Masker memiliki berbagai macam manfaat tergantung dari bahan dasarnya. Apakah Mama tahu bahwa beberapa bahan dasar yang dijadikan masker adalah bahan-bahan yang bisa Mama temukan dengan mudah, bahkan mungkin ada di rumah Mama.

Mama bisa mencoba membuat masker sendiri di rumah lho, untuk itu kali ini Popmama.comtelah merangkum pembuatan masker yang bisa Mama lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mungkin ada di dapur Mama. Bagaimana caranya ya? Yuk, disimak!

1. Masker untuk mencerahkan kulit wajah

1. Masker mencerahkan kulit wajah
Freepik

Untuk membuat masker yang berfungsi sebagai pencerah ini Mama membutuhkan 1 sendok teh perasan lemon, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan bubuk cendana.

Cara membuatnya sangat mudah, jika Mama memiliki kulit yang kusam dan juga memiliki flek hitam, Mama hanya perlu mencampurkan semua bahan menjadi satu hingga memiliki tekstur pasta.

Setelah tercampur rata, aplikasikan ke wajah dan biarkan hingga mengering baru setelahnya bilas sambil melakukan pijatan-pijatan ringan pada kulit wajah.

Masker ini mampu memberikan hasil kulit wajah yang lebih cerah dan segar. Asam laktat yang ada dalam yogurt membantu untuk menghaluskan dan melembapkan kulit

Editors' Picks

2. Masker untuk mengencangkan kulit

2. Masker mengencangkan kulit
fitgirlcode.com

Untuk membuat masker ini Mama hanya memerlukan telur saja, lho. Pisahkan kuning telur dengan putih telur kemudian kocok putih telurnya saja. Setelah sedikit berbusa, Mama bisa mengoleskannya ke wajah dan diamkan sampai kering baru setelahnya bilas menggunakan air dingin.

Protein yang terkandung dalam telur akan membuat kulit tampak kencang dan awet muda. Kandungan kalium dan Riboflavin atau B2 dapat membantu menjaga kelembapan dan melembutkan.

Namun, ada hal yang perlu Mama perhatikan dalam menggunakan masker telur ini. Telur yang mengering akan membuat kulit wajah menjadi tertarik dan mengencang, jika digunakan terlalu sering tidak akan bagus dan menyebabkan kekeringan pada kulit. Gunakan masker ini sesekali dalam 1 bulan

3. Masker untuk mata yang lelah

3. Masker mata lelah
Pixabay/nils-art

Untuk Mama yang memiliki banyak kegiatan sehingga menyebabkan penampilan mata tampak layu dan lelah, gunakan masker dari teh putih. The putih atau white tea ini adalah pucuk daun teh yang dikeringkan tanpa disangrai dan di oksidasi.

Untuk menjadikannya sebagai masker, Mama bisa menyeduh terlebih dahulu secangkir teh putih dengan air yang mendidih kemudian diamkan selama 1 sampai 2 menit. Tunggu hingga air teh berada pada suhu yang bisa wajah Mama tangani.

Rendam waslap ke dalam cairan teh tadi dan letakkan di atas mata. Pori-pori di sekitar mata akan terbuka karena panas sehingga akan memungkinkan teh masuk ke dalam kulit dan membantu untuk mengembalikan penampilan Mama yang lebih sehat dan segar.

4. Masker untuk melembapkan

4. Masker melembapkan
Freepik/nensuria

Memiliki kulit yang lembab akan membuat penampilan terlihat lebih muda dan juga segar. Untuk membuat masker ini, Mama hanya memerlukan ½ buah alpukat matang dan 1 sendok makan madu.

Hancurkan alpukat dan campurkan dengan madu, aduk hingga tercampur dengan rata. Setelahnya aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Untuk Mama yang memiliki kulit kombinasi, maka aplikasikan masker hanya pada area wajah yang lebih kering. Setelah itu Mama bisa membilasnya dengan air dingin atau di seka perlahan dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi sebelumnya.

Lemak yang ada dalam alpukat dapat menambahkan kelembapan pada kulit, sedangkan kandungan vitamin E di dalamnya membantu meratakan warna kulit. Kandungan humectant dalam madu akan mengunci kelembapan pada kulit dan membuatnya lebih cerah.

5. Masker untuk memanjakan kulit wajah

5. Masker memanjakan kulit wajah
Pexels/Ketut Subiyanto

Untuk tetap menjaga kesehatan wajah yang Mama miliki, menggunakan masker ini bisa menjadi jawabannya. Bahan yang diperlukan untuk membuat masker ini adalah 1 sendok teh tanah liat untuk wajah, 1 sendok teh oatmeal atau tepung oat, ½ sendok makan susu bubuk, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak zaitun, dan Mama bisa menambahkan 1 tetes minyak esensial sebagai penambah aroma.

Campurkan kelima bahan tersebut dan tambahkan air secukupnya untuk membuat campuran menjadi pasta, tambahkan 1 tetes minyak esensial dan aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 10 menit baru setelahnya bilas dengan air.

Tanah liat kaya akan mineral sehingga mampu mengangkat kotoran dari kulit wajah. Susu dan minyak zaitun akan membersihkan, melembapkan, dan memberikan nutrisi pada kulit. Madu memiliki manfaat sebagai pencerah dan juga mampu mengunci kelembapan pada kulit.

Nah jadi itulah beberapa resep masker dari bahan-bahan alami yang dapat Mama coba di rumah. Jangan ragu untuk mencoba beberapa resep masker ini ya, Ma.

Jadi mana resep masker wajah yang menjadi favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.