5 Cara Menggunakan Serum Wajah untuk Merasakan Manfaatnya

Jangan sampai salah ya, Ma

19 April 2021

5 Cara Menggunakan Serum Wajah Merasakan Manfaatnya
Freepik

Serum wajah menjadi salah satu dari rangkaian skincare yang jangan sampai terlewati karena dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah.

Namun, masih ada beberapa orang yang salah dalam mengaplikasikan serum sehingga tidak mendapatkan hasil yang bagus pada wajah.

Nah, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa serum wajah dapat berperan besar dalam perawatan kulit wajah.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum cara menggunakan serum wajah untuk merasakan manfaat terbaiknya untuk kulit wajah. Yuk, disimak!

1. Memilih serum yang tepat

1. Memilih serum tepat
Freepik

Hal yang paling utama dalam menggunakan serum adalah dengan memilih produk serum yang tepat. Sangat penting untuk memilih serum berdasarkan kebutuhan dari kulit wajah sehingga kandungan yang ada di dalamnya dapat bekerja dengan baik.

Memilih serum yang salah dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan bahkan sampai dengan mengalami iritasi. Salah dalam memilih kandungan yang ada dalam serum tentunya tidak akan memberikan hasil apapun karena pada dasarnya kulit tidak membutuhkan kandungan tersebut.

Editors' Picks

2. Sesuaikan dengan jenis kulit

2. Sesuaikan jenis kulit
Freepik/Dekazigzag

Mama perlu mengetahui jenis kulit yang Mama miliki, pahami apakah kulit Mama termasuk ke dalam kulit yang berminyak, kering, normal, berjerawat, atau kombinasi.

Setiap serum memiliki kandungan yang berbeda-beda dan dapat dirasakan manfaatnya jika digunakan sesuai dengan jenis kulitnya.

Oleh karena itu, kenali jenis kulit Mama dan mulai mencari serum wajah yang memiliki kandungan paling cocok dengan jenis kulit Mama.

3. Pahami permasalahan kulit wajah

3. Pahami permasalahan kulit wajah
Freepik/diana.grytsku

Hal lainnya yang harus Mama perhatikan adalah permasalahan apa yang Mama alami pada kulit wajah. Jika Mama tidak merasa yakin dengan permasalahan kulit wajah yang Mama miliki, maka ada baiknya jika berkonsultasi dengan ahlinya agar dapat diarahkan dengan benar.

Serum wajah dapat membantu Mama dalam mengatasi masalah kulit secara spesifik seperti kerutan, kulit kering, kulit berjerawat, atau bintik hitam. Karena itulah, pemilihan serum wajah yang sesuai dengan masalah kulit menjadi hal yang perlu di perhatikan agar serum dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Membersihkan wajah sebelum menggunakan serum

4. Membersihkan wajah sebelum menggunakan serum
Freepik/wayhomestudio

Langkah paling awal untuk memulai perawatan kulit apapun adalah dengan membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Membersihkan wajah dapat membantu untuk menghilangkan keringat, minyak berlebih, dan juga bekas makeup yang dipakai seharian. Tentunya setekah membersihkan wajah, Mama harus menggunakan toner untuk memberikan persiapan pada kulit sebelum menggunakan produk skincare yang lainnya.

Jika memiliki kulit yang kering, ada baiknya menggunakan serum pada saat wajah dalam kondisi agak lembap karena kelembapan di wajah dapat membantu serum lebih cepat menyerap. Sedangkan untuk yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan serum setelah kulit wajah sepenuhnya mengering. Hal ini dilakukan untuk memperlambat proses penetrasi yang dengan demikian dapat mencegah terjadinya iritasi.

5. Hindari serum yang mengandung pewangi tinggi

5. Hindari serum mengandung pewangi tinggi
Freepik

Hal terakhir yang harus Mama perhatikan adalah dengan menghindari produk serum wajah yang memiliki kandungan pewangi yang tinggi. Jika wewangian di tambahkan ke serum, maka akan mengganggu proses penyerapan serum ke dalam kulit.

Selain itu, beberapa pewangi yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan gangguan pernapasan, alergi kulit, dermatitis, dan hal yang lainnya. Sangat penting bagi Mama untuk mengetahui bahan apa saja yang digunakan dalam serum yang Mama pakai agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan kulit yang baru.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat menggunakan serum wajah agar dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal. Selain itu, Mama juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui kandungan apa saja yang boleh dan tidak boleh ada dalam skincare yang Mama gunakan.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.