5 Makanan yang Membantu Mengatasi Jerawat

Coba makanan ini yuk, Ma!

4 Juli 2022

5 Makanan Membantu Mengatasi Jerawat
Freepik/wayhomestudio

Pola makan atau kebiasaan makan yang Mama miliki ternyata mempengaruhi timbulnya jerawat, lho. Mama perlu untuk merubah pola makan yang Mama miliki agar bisa mengatasi jerawat yang membandel diwajah.

Jika Mama menginginkan hasil yang maksimal, maka Mama harus rutin mengonsumsi makanan berikut ini agar dapat menghilangkan jerawat yang ada.

Kali iniPopmama.comtelah merangkum 5 makanan yang dapat membantu mengatasi jerawat pada wajah. Kira-kira ada makanan apa saja ya? Yuk, disimak!

1. Chia seeds, asam lemak omega-3 yang bantu kurangi jerawat

1. Chia seeds, asam lemak omega-3 bantu kurangi jerawat
Pixabay/ValeriaLu

Terlalu banyak mengonsumsi junk food akan menimbulkan masalah jerawat yang parah. Junk food mengandung asam lemak omega-6 yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 akan membantu untuk menangani masalah jerawat.

Asam lemak omega-3 banyak terkandung dalam makanan seperti ikan berlemak dan biji-bijian. Salah satunya adalah biji rami atau chia seeds yang dapat membantu untuk meredakan peradangan dan mengatasi jerawat.

Editors' Picks

2. Teh hijau membantu mengatasi jerawat

2. Teh hijau membantu mengatasi jerawat
Freepik/zirconicusso

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari segala masalah. Salah satunya adalah jerawat yang timbul pada wajah.

Meminum teh hijau secara rutin setiap hari akan membantu untuk mengatasi jerawat yang muncul akibat stres.

3. Tiram membantu untuk mengatasi jerawat

3. Tiram membantu mengatasi jerawat
thespruceeats.com

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mineral zinc yang terkandung dalam tiram dapat membantu untuk mengatasi jerawat.

Namun, jangan mengonsumsi tiram lebih dari 100gr dalam sehari karena akan menimbulkan efek samping. Hal ini dikarenakan tiram mengandung banyak suplemen.

Makanlah tiram dengan campuran salad yang ditaburkan gandum panggang. Selain itu, makan hati sapi, biji labu, dan labu panggang sebagai teman memakan tiram.

4. Meminum jus mengandung betakaroten yang secara alami

4. Meminum jus mengandung betakaroten secara alami
Freepik/Vkstudio

Memakan lebih banyak buah dan sayuran secara alami dapat membantu menghilangkan jerawat. Jika Mama tidak terlalu suka mengonsumsi buah dan sayuran secara langsung, Maka Mama bisa mencobanya dengan cara di jus.

Buah dan sayur banyak mengandung betakaroten yang secara alami dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit secara alami.

Selain itu sayuran hijau akan membantu untuk membersihkan kotoran dalam tubuh yang dapat mendorong timbulnya jerawat.

5. Rutin konsumsi yogurt untuk kurangi jerawat

5. Rutin konsumsi yogurt kurangi jerawat
Freepik/nensuria

Kandungan probiotik yang ada dalam yogurt akan membantu untuk mengurangi peradangan di usus dan membantu mengurangi masalah jerawat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa microflora usus dapat mempengaruhi peradangan di seluruh tubuh hingga pada akhirnya akan memengaruhi munculnya jerawat.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt akan membantu untuk membasmi mikroba usus yang mengganggu saluran pencernaan sehingga akan mempengaruhi munculnya jerawat pada wajah.

Tentu saja, ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Makan dengan bersih akan membantu untuk menghindari pemicu jerawat pada kulit. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menjaga pola makan agar memiliki kulit yang lebih sehat lagi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk