5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kesehatan Kulit

Sudah tahu manfaatnya belum, Ma?

18 April 2021

5 Manfaat Tamanu Oil Kesehatan Kulit
Pexels/Yan Krukov

Saat ini, sudah banyak yang menggunakan minyak esensial sebagai salah satu dari rangkaian skincare, salah satunya adalah tamanu oil yang sudah dikenal sejak lama.

Minyak tamanu merupakan ekstrak biji buah pohon cemara yang disebut dengan Calophyllum inophyllum. minyak tamanu sudah dipercaya sejak lama dapat mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat dan bekas luka.

Selain itu, ternyata masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minyak tamanu lho, Ma. Oleh karena itu kali ini Popmama.comtelah merangkum 5 manfaat dari minyak tamanu yang bisa mengatasi permasalahan kulit. Yuk, disimak!

1. Mengatasi masalah jerawat

1. Mengatasi masalah jerawat
Pexels/Polina Tankilevitch

Minyak tamanu memiliki sifat antibakteri yang mana dapat membantu untuk mengatasi masalah jerawat yang ada pada kulit wajah. Minyak tamanu merupakan jenis minyak yang dapat melembapkan sehingga aman untuk digunakan pada kulit yang berjerawat.

Minyak tamanu memiliki sifat antibakteri yang tinggi dan dapat menyembuhkan luka. Sifat antibakteri ini akan membantu untuk melawan bakteri-bakteri yang akan menyebabkan jerawat.

Editors' Picks

2. Dapat meregenerasi kulit

2. Dapat meregenerasi kulit
Pexels/Nycolle Suabya

Minyak tamanu memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mengobati jerawat yang meradang bahkan sampai dengan masalah eksim.

Minyak tamanu merupakan bahan aktif yang digunakan sebagai bahan aktif yang ada dalam produk perawatan kulit, termasuk juga krim anti penuaan dini.

Minyak ini kaya akan asam lemak yang mana dapat menjaga kelembapan kulit dan mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

3. Melembapkan kulit

3. Melembapkan kulit
huffingtonpost.com

Minyak tamanu memiliki cukup banyak asam lemak seperti asam oleate dan linoleate yang dapat memberikan perlindungan yang kuat untuk kulit.

Karena kaya akan lemak, minyak tamanu sangat efektif untuk memberikan kelembapan dan juga menenangkan kulit agar menjadi lebih rileks.

Karena dapat melembapkan kulit dan mengunci kelembapannya, minyak tamanu akan sangat cocok digunakan oleh pemilik jenis kulit yang kering dan juga mudah berjerawat.

4. Menyamarkan mata panda

4. Menyamarkan mata panda
Pexels/Andreas Fenix

Mata panda yang seringkali di alami oleh perempuan di Indonesia memang menjadi sebuah masalah. Karena memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, minyak tamanu sangat cocok untuk digunakan pada bagian kulit yang tipis seperti kulit di bawah mata.

Lingkaran hitam yang muncul di area bawah mata dapat terjadi karena banyak faktor, salah satunya ada kekurangan waktu tidur sehingga kulit menjadi kering.

Dengan minyak tamanu, Mama bisa melembapkan area bawah mata yang menghitam dan juga mengalami kekeringan.

5. Meningkatkan pergantian sel

5. Meningkatkan pergantian sel
Freepik/katemangostar

Jika Mama memiliki masalah kulit kusam yang di akibatkan oleh menumpuknya sel-sel mati, maka Mama bisa menggunakan minyak tamanu ini. Minyak tamanu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka dan juga meregenerasi kulit.

Dengan begitu minyak tamanu dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru yang mana akan berguna untuk memudarkan bekas jerawat dan juga hiperpigmentasi pada kulit wajah.

Nah, itu dia lima manfaat minyak tamanu yang bisa Mama rasakan untuk dapat memiliki kulit wajah yang terlihat segar dan juga tampak lebih sehat. Jadi, apakah Mama tertarik untuk mencoba menggunakan minyak tamanu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.