5 Perbedaan Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen

Sama-sama melindungi kulit dari sinar UV

27 Januari 2022

5 Perbedaan Chemical Sunscreen Physical Sunscreen
Pexels/Barbara Ribeiro

Seperti banyaknya produk perawatan kulit, perlindungan terhadap sinar matahari masih membingungkan beberapa orang karena memiliki informasi yang bertentangan tentang berbagai jenis sunscreen.

Ada beberapa jenis sunscreen yang tentunya tiap jenis memiliki fungsi, kelebihan, dan juga kekurangan masing-masing. Terdapat banyak istilah SPF yang beredar dan mungkin Mama masih merasa bingung apa sebenarnya perbedaan antara chemical sunscreen dan physical sunscreen, seperti yang dilansir dalam laroche-posay.com.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 perbedaan antara physical sunscreen dan chemical sunscreen yang perlu Mama ketahui. Yuk, disimak!

1. Apa itu physical sunscreen?

1. Apa itu physical sunscreen
Freepik

Physical sunscreen merupakan partikel mineral halus yang berada di permukaan kulit dan bersifat memantulkan sinar UV dari kulit. Mama juga mungkin mengenalnya dengan sebutan sunblock atau mineral SPF yang juga melindungi kulit dari sinar UVB.

Biasanya physical sunscreen memiliki formula yang cenderung padat dan langsung aktif bekerja melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Editors' Picks

2. Ciri khas physical sunscreen

2. Ciri khas physical sunscreen
Pexels/moose-photos-170195

Karena memiliki formula yang jauh lebih tebal, biasanya physical sunscreen akan meninggalkan whitecast pada kulit. Selain itu, jenis sunscreen ini biasanya cenderung lebih lengket dan juga memiliki tekstur yang kental.

Selain itu, physical sunscreen akan bekerja secara instan sesaat setelah diaplikasikan pada kulit dan melindungi kulit lebih lama. Untuk Mama yang memiliki jenis kulit sensitif, lebih baik gunakan physical sunscreen karena mengandung lebih sedikit bahan aktif.

3. Apa itu chemical sunscreen?

3. Apa itu chemical sunscreen
Freepik/Timonko

Saat ini, yang seringkali digunakan adalah chemical sunscreen yang bisa Mama temukan dengan mudah dimana saja. Chemical sunscreen bekerja untuk menyerap sinar matahari ke dalam kulit yang kemudian nantinya akan dikeluarkan melalui kulit setelah sebelumnya diubah menjadi panas alami.

Chemical sunscreen senderung memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit dan terbuat dari bahan karbon.

4. Ciri khas chemical sunscreen

4. Ciri khas chemical sunscreen
Freepik/diana.grytsku

Berbeda lagi dengan chemical sunscreen, jenis sunscreen ini memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga tidak akan meninggalkan whitecast pada kulit dan dapat memberikan perlindungan yang lebih efektif tanpa harus dalam konsentrasi yang tinggi.

Hal ini berarti bahwa jenis sunscreen ini tidak menimbulkan rasa lengket dan dapat menyebar dengan mudah pada kulit.

5. Chemical sunscreen vs physical sunscreen

5. Chemical sunscreen vs physical sunscreen
Freepik/1989studio

Meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kedua jenis sunscreen ini diformulasikan dengan kandungan yang berbeda sehingga memiliki ciri khasnya masing-masing.

Physical sunscreen cenderung lebih cepat bekerja karena bersifat memantulkan sinar UV, sedangkan chemical sunscreen membutuhkan setidaknya 20-30 menit untuk menyerap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan dari dalam.

Nah, setelah mengetahui perbedaan dari physical sunscreen dan chemical sunscreen Mama bisa menggunakan keduanya karena sama-sama memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UV dan UVB. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, maka kulit Mama bisa terbebas dari kemerahan dan juga tanda-tanda penuaan.

Kalau Mama menggunakan jenis sunscreen yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk