5 Manfaat Sunscreen Selain Melindungi dari Sinar UV

Gunakan secara teratur ya, Ma

13 November 2021

5 Manfaat Sunscreen Selain Melindungi dari Sinar UV
Freepik

Kulit merupakan organ pada tubuh yang memiliki fungsi penting seperti menjaga tubuh dari kuman dan bakteri serta melindungi dari sinar matahari. Meskipun kulit sudah memiliki kemampuan untuk melindungi dari paparan sinar matahari, bukan berarti Mama mengabaikan perlindungan yang harus dilakukan untuk kulit.

Salah satu hal yang bisa Mama lakukan untuk melindungi kulit adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen menjadi salah satu produk perawatan kulit yang tidak boleh Mama lewatkan agar kulit tidak mengalami kerusakan dan menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Parahnya lagi, kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat memicu kanker kulit yang tentunya sangatlah berbahaya. Tak hanya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sunscreen juga memiliki manfaat lainnya yang bisa Mama rasakan.

Ole karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat penggunaan sunscreen yang bisa Mama rasakan. Yuk, disimak!

1. Mencegah terjadinya sunburn

1. Mencegah terjadi sunburn
freepik/rawpixel.com

Apakah Mama tahu bahwa sinar matahari terdiri dari dua jenis sinar berbahaya, yaitu sinar UVA dan UVB?

UVA berkaitan dengan kerusakan jangka panjang seperti pembentukan kerutan pada kulit, sedangkan UVB dapat membuat kulit menjadi terbakar atau mengalami sunburn dan memicu terjadinya kanker kulit.

Sunburn tidak hanya menyakitkan, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit yang berbahaya. Dengan menggunakan sunscreen, sinar UV yang terkena kulit tidak akan menyerap dan sinarnya akan dipantulkan kembali.

Editors' Picks

2. Mencegah penuaan dini

2. Mencegah penuaan dini
Freepik/wayhomestudio

Penuaan dini dapat terlihat dari munculnya keriput, garis halus, dan juga kerutan. Meskipun tak bisa dihindari, Mama bisa memperlambat proses penuaan dini dengan menggunakan sunscreen yang dapat bekerja untuk menjaga elastisitas pada kulit.

Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, kemungkinan terjadinya penuaan dini akan lebih kecil dibandingkan dengan yang tidak menggunakan sunscreen.

3. Melembapkan kulit wajah

3. Melembapkan kulit wajah
Freepik/wayhomestudio

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering, tetapi jika Mama menggunakan sunscreen maka kulit akan menjadi lebih lembap. Sunscreen memiliki bahan aktif seperti HA dan ascorbyl glucoside yang dapat menarik cairan ke dalam kulit sehingga kelembapan pada kulit akan lebih terjaga.

4. Mencegah munculnya komedo

4. Mencegah muncul komedo
Pexels/sam-lion

Mungkin manfaat yang satu ini jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu sunscreen dapat membantu untuk mencegah adanya komedo. Komedo dapat muncul karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah tidak menggunakan sunscreen.

Radiasi sinar UV dari matahari dapat memicu munculnya solar comedo yang jika terkena wajah akan membuat wajah memiliki komedo bahkan memicu munculnya jerawat.

5. Mencegah kulit belang

5. Mencegah kulit belang
Freepik/ansiia

Masalah kulit yang seringkali dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah kulit yang belang, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu panas yang tinggi. Belang di kulit biasanya terjadi di area lengan, pundak, dan juga area wajah.

Kulit yang belang tentunya akan sangat mengganggu penampilan, oleh karena itu jangan pernah lupa untuk menggunakan sunscreen secara teratur.

Nah, itulah lima manfaat yang dapat diberikan dari penggunaan sunscreen selain itu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun sedang berada di dalam ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk