5 Tips Menggunakan Makeup untuk Kulit Berminyak

Makeup tidak akan terlihat cakey dengan trik berikut ini

17 Mei 2022

5 Tips Menggunakan Makeup Kulit Berminyak
Freepik/lookstudio

Hanya karena memiliki kulit yang berminyak bukan berarti kamu tidak percaya diri dapat menggunakan makeup karena nantinya akan luntur mengingat wajah yang berminyak. Mungkin ada beberapa di antara kamu yang seringkali merasa kesal karena makeup akan luntur walaupun baru beberapa jam pemakaian.

Apapun jenis kulit yang kamu miliki, kamu tetap bisa menggunakan makeup, seperti yang dilansir dalam webmd.com. Untuk mengatasi lunturnya makeup pada wajah yang berminyak terdapat beberapa cara, salah satunya adalah memperbaiki base makeup yang kamu gunakan.

Yuk, simak 5 cara membuat makeup lebih tahan lama untuk kulit berminyak yang telah Popmama.com rangkum berikut ini!

1. Jangan lupakan pelembap

1. Jangan lupakan pelembap
Freepik/artursafronovvvv

Selalu gunakan pelembap setelah kamu membersihkan wajah untuk membuat wajah tetap sehat. Menggunakan pelembap akan membantu untuk menjaga kulit agar tetap lembap sepanjang hari.

Namun, kamu harus tetap memperhatikan kandungan yang ada di dalam pelembap agar tidak membuat wajah semakin berminyak. Pastikan untuk tidak menggunakan pelembap yang memiliki tekstur berat dan terasa membekas di wajah.

Editors' Picks

2. Selalu menggunakan primer terlebih dahulu

2. Selalu menggunakan primer terlebih dahulu
Pexels/KoolShooters

Saat kamu memiliki kulit yang berminyak, pastikan untuk selalu menggunakan primer untuk mempersiapkan wajah menerima berbagai macam produk makeup. Setidaknya gunakan primer pada bagian-bagian yang seringkali berminyak seperti T-Zone area (kening, hidung, dan dagu).

Pastikan juga untuk selalu menggunakan produk primer yang mengandung ­oil-free­ untuk menghindari wajah semakin berminyak. Gunakan primer setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan foundation.

3. Hindari penggunaan foundation hasil matte

3. Hindari penggunaan foundation hasil matte
scmp.com

Satu hal yang perlu kamu ingat saat membeli foundation adalah menghindari produk yang memiliki hasil akhir makeup matte. Terlebih lagi jika kamu menggunakan makeup di siang hari, ada baiknya kamu menggunakan foundation dengan coverage yang ringan.

Memilih foundation dengan coverage yang ringan akan membantu kamu memiliki hasil makeup semi matte yang tidak akan terlihat cakey.

4. Gunakan bedak secukupnya

4. Gunakan bedak secukupnya
Freepik/benzoix

Hal yang perlu kamu ingat selanjutnya adalah untuk tidak menggunakan bedak secara berlebihan. Kedengarannya mungkin tidak akan terlalu berpengaruh besar dan justru akan membuat minyak tidak terlihat karena adanya bedak yang menumpuk.

Namun, menggunakan bedak secara berlebihan dapat membuat pori-pori kamu mengeluarkan minyak lebih banyak. Gunakan bedak pada bagian yang penting saja seperti T-Zone, area yang rawan berminyak.

5. Gunakan produk makeup oil-free

5. Gunakan produk makeup oil-free
Freepik

Karena pada dasarnya kulit kamu sudah secara alami memproduksi lebih dari cukup minyak, maka kamu harus membeli produk makeup oil-free atau bebas minyak. Selain itu gunakan juga produk non-comedogenic, yang berarti bahwa produk tidak menyumbat pori-pori.

Hal ini benar-benar harus kamu perhatikan jika tidak ingin mendapatkan hasil makeup yang tampak cakey dan juga cepat luntur.

Nah, itulah lima cara yang dapat kamu lakukan pada saat akan menggunakan makeup jika memiliki kondisi kulit yang berminyak. Makeup yang kamu gunakan juga nantinya akan bertahan lebih lama, bahkan kamu bisa menggunakan setting spray agar makeup tetap terlihat flawless.

Jangan sampai lupa, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk