Setelah Dicabut, Apakah Alis Akan Tumbuh Kembali? Simak Faktanya!

Pertumbuhannya sangat lambat, jadi harus hati-hati saat mencabutnya

24 Februari 2019

Setelah Dicabut, Apakah Alis Akan Tumbuh Kembali Simak Faktanya
Pexels/Min An

Mama hobi mencabut alis untuk mendapatkan bentuk alis yang sempurna? Tapi, tahukah Ma kalau alis sangat lambat untuk tumbuh kembali, alhasil penggunaan pensil alis menjadi senjata paling ampuh untuk menutupi bagian alis yang botak.

Dilansir dari goodhousekeeping.com,  "Rambut alis memiliki pertumbuhan kembali yang sangat lambat," jelas Becca Erdman, M.D., dokter kulit di Wexler Dermatology di New York City.

Menurut Sania Vucetaj, pendiri Sania's Brow Bar di New York City Alis memerlukan waktu antara enam bulan hingga satu tahun untuk tumbuh kembali sepenuhnya. Jika kamu ingin lebih cepat, kamu bisa melakukan beberapa hal ini!

1. Setelah dicabut, jangan lakukkan pencabutan lagi

1. Setelah dicabut, jangan lakukkan pencabutan lagi
Pixabay/RyanMcGuire

Agar rambut alis cepat tumbuh, maka janganterlalu sering mencabutnya.

Biarkan folikel rambut alis bernapas dengan baik, dan kamu akan melihat sedikit demi sedikit rambut alis akan tumbuh dengan baik.

2. Jauhkan riasan dan bahkan pelembab jauh dari area tersebut

2. Jauhkan riasan bahkan pelembab jauh dari area tersebut
Freepik

"Hindari krim, lotion, minyak, dan serum serta segala sesuatu yang kamu tempel diwajahmu," kata Vucetaj. Menurut Vucetaj, ini menghalangi pertumbuhan dan membuat rambut alis cepat rontok.

Kecuali, jika kamu ingin menggunakan pensil alis andalan untuk membentuk alismu, namun menggunakan pensil alis dengan formula yang salah dapat memperlambat pertumbuhan alis alamimu sekitar enam bulan bahkan lebih.

Editors' Picks

3. Pertimbangkan formula penambah alis

3. Pertimbangkan formula penambah alis
Pexels/Alexander Mils

Erdman mengatakan produk seperti Revitabrow, Rapidlash, dan Prevage dikemas dengan vitamin, peptida, dan bahan penguat lainnya yang menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan.

Selain over-plucking, Erdman menyebutkan dua alasan umum lainnya dalam penipisan alis. Yang pertama adalah penipisan rambut yang berkaitan dengan usia, dan dalam hal ini Erdman menyarankan untuk berbicara dengan dokter kulit atau dokter mata tentang obat penumbuh alis yang direkomendasikan.

Bukan hanya itu saja, penyebab penipisan alis juga disebabkan oleh dermatitis seboroik, juga dikenal sebagai "ketombe alis."

Jika alis kamu mengalami kerapuhan, cobalah mencampur sampo ketombe seukuran kacang (Erdman merekomendasikan Dove Dermacare Dandruff Shampoo) di telapak tangan kamu dan menerapkannya ke alis beberapa kali per minggu. Bahan utamanya adalah zinc pyrithione, Erdman mengatakan hidrat dan rids flakes dapat membantu kamu memiliki alis yang sehat.

4. Gunakan minyak jarak

4. Gunakan minyak jarak
Pexels/Yogendra Singh

"Minyak jarak juga bagus untuk kesehatan alis," kata Erdman. "Seperti kondisioner rambut yang bagus, minyak jarak dapat membuat rambutmu lembut sehingga tidak patah,”tambahnya.

“Ketika alis sudah penuh, jadi lebih baik untuk ditumbuhi daripada melakukan over-tweezed,” kata Vucetaj.

“Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk mengembangkannya dan bersabar. Setelah alis tumbuh sempurna, kamu tidak akan pernah kembali ke kebiasaan lama mencabuti alis kamu," ungkap Vucetaj.

Pilih alis alami, sulam alis, maupun terbiasa menggunakan pensil alis untuk membentuk alis lebih sempurna adalah pilihan siapa saja. Namun, jika masih memiliki kesempatan untuk merawat rambut alis secara alami dari sekarang, kenapa nggak?

Baca juga: