Selain Bisa Hilangkan Jerawat, Ini 7 Manfaat Mangga untuk Kecantikan

Sudah tahu belum nih, Ma?

20 Juni 2020

Selain Bisa Hilangkan Jerawat, Ini 7 Manfaat Mangga Kecantikan
Pexels/Pixabay

Buah mangga dikenal sebagai salah satu buah favorit di Indonesia. Mangga dihargai murah dan punya cita rasa yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang mani dan sedikit asam juga jadi cita rasa unik yang ada dalam buah tropis ini.

Tak hanya lezat dikonsumsi, buah mangga juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Banyak yang menyebut manfaat buah mangga bisa menyelesaikan masalah kulit secara alami.

Penasaran? Berikut Popmama.com rangkum manfaat mangga untuk kecantikan kulit yang bisa kamu coba!

1. Buah mangga untuk menghilangkan jerawat

1. Buah mangga menghilangkan jerawat
d-ailesfines.over-blog.com

Siapa yang tak kenal buah mangga? Buah tropis satu ini ketika dikonsumsi secara rutin ternyata memiliki banyak manfaat. Dikutip dari mid-day.com kandungan betakaroten dalam buah mangga bisa memerangi jerawat.

Kamu bisa memanfaatkan mangga sebagai perawatan wajah berjerawat. Caranya, hancurkan mangga dan jadikannya masker. Lakukan perawatan rutin ini setiap malam sebelum kamu tidur.

Selain itu, kamu juga bisa merebus mangga mentah dan menggunakan airnya sebagai kompresan untuk mengeringkan jerawat secara alami. Dengan buah mangga juga kamu bisa menghilangkan bekas jerawat lho.

2. Bisa membuat kulit lebih bercahaya

2. Bisa membuat kulit lebih bercahaya
Freepik/diana.grytsku

Tak hanya bisa menghilangkan jerawat, manfaat mangga untuk kecantikan selanjutnya bisa membuat kulit wajah lebih bercahaya. Ini berkat kandungan betakaroten dan vitamin A yang ada didalamnya.

Untuk mendapatkan kulita bercahaya dengan mangga, kamu bisa gunakan mangga sebagai masker harian. Diamkan masker mangga selama 30 menit di muka kamu. 

Jika dilakukan rutin manfaat dari kandungan betakaroten dan vitamin A tersebut akan membuat kulit kamu yang kusam menjadi cerah lho.

Editors' Picks

3. Mangga sebagai eksfoliasi kulit alami yang lembut

3. Mangga sebagai eksfoliasi kulit alami lembut
healthline.com

Siapa yang sangka kalau mangga juga bisa jadi eksfoliasi untuk kulit kamu. Apalagi kalau kulit kamu sensitif, maka pilihan untuk mengikis kulit mati secara alami dengan mangga bisa jadi pilihan.

Dengan merawat kulit menggunakan buah mangga bisa membuat kulit kamu halus dan bercahaya. Caranya yakni campur satu sendok buah mangga bubuk dengan satu sendok susu dan dua sendok madu. Balurkan masker tersebut ke wajah dengan lembut untuk menghilangkan komedo dan kulit mati.

Dengan tambahan oatmeal, kamu juga bisa membuat scrub mangga yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

4. Dapatkan kulit bersih dan sehat dengan Mangga

4. Dapatkan kulit bersih sehat Mangga
Freepik/Kitthanes

Sudah disinggung sebelumnya, betakaroten dalam buah mangga sangat bermanfaat khasiatnya. Kandungan tersebut memiliki efek anti-penuaan dini sehingga bagus untuk meningkatkan produksi kolagen wajah agar wajah tetap kencang.

Sementara itu kandungan vitamin C dalam buah mangga bagus untuk wajah yang memiliki masalah bekas jerawat hitam, bintik kecoklatan hingga pigmentasi kulit. 

Lakukan perawatan rutin setiap minggu dengan masker mangga sehingga bisa mendapatkan kulit sehat natural.

5. Mangga bisa meningkatkan sistem imun

5. Mangga bisa meningkatkan sistem imun
Freepik/ jcomp

Selain perawatan dari luar, perawatan tubuh dari dalam juga diperlukan. Seperti dikutip dari Herbal Dynamics Beauty bahwa mangga kaya akan mikronutrien seperti fenol dan antioksidan sehingga bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Pada beberapa penelitian, mangga dapat mendukung sistem regenerasi sel di dalam tubuh.

Sehingga dengan takaran yang tepat bisa membantu kamu mendapatkan stamina tubuh yang lebih optimal. Namun, hal ini mesti kamu konsultasikan ke ahli gizi dulu ya.

6. Mangga juga bisa meredakan peradangan di kulit lho

6. Mangga juga bisa meredakan peradangan kulit
Freepik/Spukkato

Ada kandungan dalam buah mangga yang bisa membantu meredakan peradangan di kulit. Kandungan
Mangiferin ini ditemukan sebagian besar di biji dan kulit mangga. Terdapat zat antioksidan yang membantu untuk meringankan peradangan yang dihasilkan oleh jerawat dan kondisi inflamasi kulit lainnya.

Kamu bisa menggunakan mangga sebagai pengobatan harian untuk menyembuhkan kulit dari jerawat yang meradang atau rosacea. Selain digunakan secara alami, kamu juga bisa menggunakan kandungan mangga dalam bentuk lain sebagai perawatan kecantikan seperti:

  • Minyak biji Mangga
  • Mangga yang dihancurkan dan dikombinasikan dengan bahan lain untuk membuat masker wajah
  • Bubuk ekstrak Mangga (biasanya dari kulit mangga) yang bisa ditambahkan untuk membuat pelembab, masker atau pembersih wajah

7. Bisa membantu membangkitkan hormon bahagia

7. Bisa membantu membangkitkan hormon bahagia
Freepik/pch.vector

Keunggulan mangga tidak hanya untuk kulit secara langsung. Kalau kamu rutin mengonsumsi mangga ternyata juga bisa membantu untuk meningkatkan hormon bahagia.

Menurut mid-day.com, mangga mengandung banyak tritofan yang membantu pembentukan hormon bahagia seretonin.

Peningkatan hormon bahagia ini secara otomatis bisa membawa cahaya di wajah kamu. Hal ini yang membuat mangga disebut sebagai "buah bahagia".

Itulah tadi informasi soal manfaat buah mangga untuk kecantikan kulit. Kamu bisa membuat berbagai olahan dari mangga mulai dari kulit, biji dan buahnya. Sekarang kamu bisa mendapatkan kulit sehat dan cerah karena tahu manfaat buah mangga untuk kecantikan kulit!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.