10 Rekomendasi Merek Skincare Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak sangat memerlukan perawatan lho Ma

18 Juni 2020

10 Rekomendasi Merek Skincare Terbaik Kulit Berminyak
Pexels/cottonbro

Kulit berminyak memang susah-susah gampang dalam menemukan produk perawatan wajah yang tepat. Apa itu kulit berminyak?

Kondisikulit berminyak (oily) adalah kondisi ketika kelenjar dalam kulit yakni sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak.

Sehingga membuat kulit, biasanya wajah terlihat mengkilap dan berkilau. Sebenarnya adanya minyak di kulit membantu menjaga kulit tetap lembap. Namun, jika produksi minyaknya terlalu banyak kadang akan menimbulkan berbagai masalah.

Untuk tipe wajah berminyak, perlu menemukan skincare yang tidak mengikis produksi minyak alami ini. Oleh karenanya, skincare untuk kulit berminyak diusahakan untuk menjaga keseimbangan minyak yang diproduksi oleh sebaceous tadi.

Nah, kalau tipe kulit kamu berminyak dan belum menemukan skincare andalan. Berikut Popmama.com rangkum informasi terkait rekomendasi skincare untuk kulit berminyak terbaik!

1. Cetaphil Gentle Skin Care, membersihkan muka tanpa membuat kering

Cetaphil Gentle Skin Cleanser sebenarnya lebih ditujukan untuk kulit normal-sensitif. Namun, karena kandungannya yang minim kandungan SLS (Sodium Laureth Sulfate) sehingga memiliki pH yang seimbang untuk kulit.

Karena minimnya SLS tersebut, sehingga tidak akan membuat kulit menjadi kering. Kemudian, kandungan dalam Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga tidak menyumbat pori-pori sehingga bisa meminimalisir timbulnya jerawat lho.

Pembersih muka ini juga tidak mengandung bahan-bahan seperti alkohol, parfum, dan bahan lainnya yang menyebabkan iritasi.

2. ElshéSkin Deep Cleansing for Oily Skin, mampu bersihkan wajah dari makeup

Rekomendasi produk kulit berminyak selanjutnya adalah ElshéSkin Deep Cleansing for Oily Skin. Pembersih muka ini bisa membersihkan wajah secara keseluruhan. 

Produk dari ElshéSkin ini sangat cocok untuk kamu yang suka menggunakan makeup sehari-harinya. Karena kandungan dalam pembersih muka ini bisa mengangkat makeup mulai dari foundation, bedak, eye shadow, atau eye liner pun ikut luntur bersama gel.

Alhasil tidak perlu khawatir lagi ada makeup yang bersisa dan menumpuk sehingga menjadi komedo atau sebum di wajah.

3. Avoskin Miraculous Refining Toner, eksfoliasi mild untuk kulit berminyak

Butuh toner untuk eksoliasi harian yang lembut? Maka kamu bisa mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner. Banyak beauty influencer sangat merekomendasikan toner ini untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Terdapat 3 kandungan aktif yang ada dalam toner Avoskin ini yaitu AHA (Alpha Hydroxy Acid) merupakan exfoliating agent yang cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Kemudian ada BHA (Beta Hydroxy Acid) yang juga exfoliating agent dengan komponen pelembab yang lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Selain itu, BHA dikenal lebih efektif untuk mengatasi jerawat dan komedo.

Terakhir, ada kandungan PHA (Polyhydroxy Acid) yang juga exfoliating agent ini disebut-sebut pas untuk pemilik kulit kering dan sensitif. Kandungan PHA ini jauh lebih ringan ketimbang AHA dan BHA.

Selain AHA, BHA, dan PHA ada pula kandungan niacinamide, tea tree 2%, witch hazel, raspberry, dan aloe vera. Kombinasi kandungan tersebut akan bekerja maksimal untuk eksfoliasi kulit dan membantu mengatasi jerawat. Tentunya dengan adanya kandungan aloe vera yang akan membantu kulitmu tetap lembab.

4. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%, serum viral yang mencerahkan wajah kulit berminyak

The Ordinary’s Niacinamide 10% + Zinc 1% has always been one of our most well-loved products (so much so that we recently launched it in a cuddlier, larger 60ml format for die-hard fans of the formula). ⁣? ⁣⁣⁣ ⁣⁣ Niacinamide, also known as Vitamin B3, is a high-strength vitamin and mineral formula that helps to support barrier function, while reducing the appearance of visible shine and signs of congestion. This ingredient has also been shown to have a brightening effect on the skin, making it a truly multifunctional ingredient that can be easily incorporated into any routine. We have included Niacinamide at a high 10% concentration within this formula. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Additionally, this formula includes a 1% concentration of Zinc PCA, which works to support the skin's function as a protective barrier. ⁣☂️⁣⁣ ⁣⁣⁣ Niacinamide can be applied in the AM and PM alongside other water-based serums, before oils and creams. We do not recommend applying Niacinamide in the same routine as pure Vitamin C as Niacinamide has the capacity to affect the integrity of Vitamin C, potentially reducing its efficacy. If you’d like to incorporate Niacinamide and Vitamin C into your routine, we would suggest applying them at separate times. ⁣☀️?⁣⁣ ⁣⁣⁣ (30ml: CA$5.90/US$5.90/AU$9.90/£5.00/€5.90, 60ml: CA$10.60/US$10.60/AU$17.80/£8.90/€10.60).

A post shared by The Ordinary, NIOD, & more. (@deciem) on

Saat pertama kali skincare The Ordinary masuk ke Indoenesia, banyak beuty influencer yang merekomendasikan produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Mengapa? Ternyata kandungan Niacinamide ini cocok dan bagus untuk kulit berminyak.

Niacinimide adalah bentuk vitamin B3 yang memiliki potensi manfaat untuk menyelesaikan berbagai masalah kulit. Adapun keunggulan dari Niacinimide adalah bisa memudarkan bekas jerawat, melembabkan kulit, hingga mengatasi jerawat. 

Sementara Zinc dalam The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% yakni berperan untuk mencegah timbulnya jerawat dan mempercepat hilangnya bekas luka/ jerawat.

Editors' Picks

5. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera Gel, pelembab multifungsi andalan

Untuk kulit berminyak tekstur pelembab paling tepat adalah yang berbentuk gel. Selain mudah diserap kulit, pelembab dengan tekstur gel juga tidak lengket dan ringan di wajah.

Cukup menjadi holy grail di kalangan beauty enthusiast ketenaran Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera Gel ini sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Kandungan 92% lidah buaya dalam gel ini sangat melembabkan kulit.

Bahan yang terkandung dalam gel aloe vera Nature Republic ini alami dan bebas pewarna buatan. Meski ditujukan untuk kulit cenderung kering, buat kamu yang kulit berminyak pun bisa menggunakan ini lho. 

Selain sebagai pelembab, gel ini juga bisa digunakan sebagai pengganti primer agar makeup lebih menempel. Bisa juga digunakan sebagai sleeping mask untuk malam hari.

6. Secret Key Starting Treatment Essence, bantu lembabkan dan bisa cerahkan kulit

Ada bilang kalau Secret Key Starting Treatment Essence adalah dupe alias tiruan dari SK-II Facial Treatment Essence. Kemampuannya tak hanya melembabkan kulit tapi juga bisa mencerahkan. Terdapat dua varian yang bisa kamu sesuaikan yakni original dan varian rose edition.

Apa itu essence? Essence adalah produk skincare yang mempunyai kandungan aktif untuk membantu memaksimalkan regenerasi kulit. Dijelaskan juga pada website resmi Secret Key bahwa produk ini merupakan booster essence yang sangat efektif saat diaplikasikan setelah tahapan menggunakan toner.

Terdapat kandungan galactomyces yang diklaim sebagai kandungan untuk mencerahkan, menjernihkan, meningkatkan pertahanan kulit, dan membantu menyeimbangkan kondisi kulit. 

Untuk varian rose edition Secret Key Starting Treatment Essence juga bisa mencegah penuaan dini.

7. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE), skincare lokal viral yang hilangkan berbagai masalah kulit

Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence adalah essence dengan tekstur cair yang sangat cepat terserap oleh kulit. Warnanya bening dan mengeluarkan aroma yang menyegarkan sekaligus menenangkan.

Banyak kandungan alami yang diusung oleh Avoskin PHTE ini. Diantaranya chamomile yang cocok untuk kulit sesitif karena fungsinya yang menenangkan kulit. Selain itu terdapat pula kandungan ascorbic acid/ETVC, carrot oil dan juga rosehip oil. 

Ketika menggunakan Avoskin PHTE kamu bisa merasakan sensasi sejuk yang mampu membuat kulit. Keunggulannya ketika essence ini turin digunakan maka kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal, cerah alami, dengan pori-pori wajah yang mengecil.

8. Derma Angel Acne Care Intensive Gel, obat totol yang cepat kempeskan jerawat

Memiliki kulit berminyak, biasanya rentan berjerawat. Salah satu obat jerawat terbaik dan cukup terjangkau yakni Derma Angel Acne Care Intensive Gel.

Bentuk gelnya yang bening dan mudah meresap ke kulit jadi keunggulan tersendiri. Namun, tak hanya itu karena gel jerawat ini sangat ampuh untuk meredakan jerawat yang meradang dan besar. Ketika kamu menggunakan gel ini pada malam hari, bisa mengempeskan jerawat di keesokan harinya.

Wanginya pun tidak mengganggu sama sekali. Sehingga akan aman untuk digunakan bagi kamu yang tidak suka obat totol jerawat dengan wangi menyengat. 

Kamu bisa mendapatkan Derma Angel Acne Care Intensive Gel seharga Rp99.000 saja.

9. Nivea Sun Protect & White Super Serum SPF 50 PA+++, sun screen yang nggak greasy dan lengket

Sun screen adalah skincare yang wajib digunakan ketika kamu beraktivitas di luar rumah. Mengingat kulit akan terekspos matahari secara langsung. Maka sun screen ini akan bisa melindungi kamu dari efek negatif UVA dan UVB.

Dengan Nivea Sun Protect & White Super Serum SPF 50 PA+++ kulit berminyak kamu akan dilindungi maksimal. Dengan kandungan SPF 50 PA+++ sehingga akan melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari selama 2-4 jam. 

Bahan-bahannya yang disesuaikan dengan kulit berminyak sehingga tidak akan membuat greasy. Harganya yang murah dan gampang ditemukan juga jadi salah satu keunggulannya!

10. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack, masker wajah yang serap minyak dan kempeskan jerawat

Selain ritual skincare harian, ada pula skincare mingguan yang membantu wajah berminyak kamu tidak bermasalah. Salah satu perawatan mingguan adalah eksfoliasi dan masker wajah.

Salah satu masker wajah untuk kulit berminyak yakni Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack. Masker ini dikemas dalam sebuah tube besar dan bulky. Terdapat kandungan beberapa bahan alami seperti Kaolin atau White Clay serta Bentonite.

Kandungan Bentonite bisa untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah. Sedangkan Kaolin kaya akan mineral, mampu membantu membersihkan kulit dengan lembut dan membuat kulit jadi lebih halus. Dibandingkan dengan jenis clay lain, Kaolin menyerap minyak paling sedikit. Jadi pas untuk menjaga kulit kering atau sensitif agar tidak kehilangan kadar minyak sepenuhnya. 

Masker ini adalah tiper masker wash off sehingga kamu harus memberisihkannya ketika sudah kering. Oh ya, gunakan masker Nature Republic ini hanya 10 menit saja ya! Agar manfaatnya bisa terasa efektif dan maksimal.

Itulah tadi rekomendasi merek skincare untuk kulit berminyak kamu. Banyak orang mengatakan bahwa mencari skincare yang tepat layaknya mencari seorang jodoh. Karena 'cocok-cocokan', oleh karenanya belum tentu skincare di temanmu berhasil maka akan berhasil juga ketika kamu coba. 

Kuncinya jangan menyerah untuk mencoba agar kamu bisa dengan cepat mendapatkan rekomendasi merek skincare untuk kulit berminyak terbaik!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.