Ajaib, Ini 10 Manfaat Susu Kambing untuk Perawatan Kulit

Susu kambing sangat bernutrisi dan baik untuk kulit lho, Ma.

5 Juni 2020

Ajaib, Ini 10 Manfaat Susu Kambing Perawatan Kulit
Freepik/halayalex

Manfaat susu kambing untuk kecantikan atau perawatan kulit sangat banyak. Susu kambing mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh dan kulit.

Susu kambing mengandung zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Zat antioksidan sendiri bisa memperlambat penuaan dini karena dmapak negatif radikal bebas.

Memanfaatkan susu kambing untuk perawatan kulit adalah hal yang tepat dilakukan Mama. Susu kambing sendiri memiliki banyak bentuk mulai dari susu kambing bubuk dan susu kambing murni.

Menjadikan susu kambing sebagai resep kecantikan, berikut Popmama.com rangkum sederet manfaatnya untuk Mama.

1. Meningkatkan kelembapan kulit

1. Meningkatkan kelembapan kulit
Freepik/drobotdean

Manfaat susu kambing untuk perawatan kulit pertama yaitu bisa melembabkan kulit. Mengapa bisa?

Karena kandungan pH yang ada dalam susu kambing murni setara dengan kulit sehingga membuat kulit lebih lembap dan lembut. 

Selain itu, kandungan anti-inflammation dapat memperbaiki kulit yang kering dan rusak menjadi lebih lembut, dan kandungan trigliserid yang jadi pelembab alami untuk kulit. 

Mama bisa memanfaatkan susu kambing untuk kecantikan dengan membuatnya sebagai masker rutin mingguan.

2. Susu kambing bisa mengatasi jerawat

2. Susu kambing bisa mengatasi jerawat
d-ailesfines.over-blog.com

Mama termasuk orang yang memiliki masalah jerawat? Maka susu kambing murni bisa dijadikan perawatan harian lho. Penggunaan olahan susu kambing untuk perawatan wajah satu ini bisa mencegah dan mengobati jerawa.

Hal ini berkat kandungan anti-inflammation dalam susu kambing bisa mengurangi kemerahan jerawat yang sedang meradang. 

Dilengkapi dengan kandungan AHA dalam susu kambing yang juga efektif mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Kandungan AHA ini juga bisa memudarkan flek atau noda bekas jerawat.

3. Untuk merawat kulit kusam

3. merawat kulit kusam
Freepik/Spukkato

Selain melembabkan, manfaat susu kambing lainnya adalah untuk merawat kulit kusam agar lebih cerah dan segar. 

Mama bisa menggunakan susu kambing sebagai campuran srub rutin perawatan. Dengan menggunakan produk utama susu kambing sebagai perawatan kulit, Mama akan mendapatkan kulit wajah cerah dan segar. 

4. Bisa mencegah penuaan dini

4. Bisa mencegah penuaan dini
healthline.com

Siapa yang tak mau awet muda? Ternyata manfaat susu kambing untuk perawatan kulit juga bisa mencegah penuaan dini. 

Manfaat susu kambing untuk kecantikan yang satu ini bisa diterapkan dari umur kurang dari 30 tahun lho. Karena bahannya yang alami ini tentunya aman bagi kulit. 

Mama bisa memanfaatkan susu kambing bubuk menjadi masker. Susu kambing dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam kulit. 

Editors' Picks

7. Dapat mengontrol minyak berlebih

7. Dapat mengontrol minyak berlebih
Freepik/Katemangostar

Selain bermanfaat untuk mencegah kulit kering, manfaat susu kambing juga bisa mengontrol kadar minyak di wajah lho, Ma. 

Hal ini karena dalam susu kambing terdapat kandungan Seng. Seng ini dapat mengontrol kadar minyak wajah agar seimbang. Hasilnya kulit wajah Mama akan lembut, tidak kering dan tidak terlalu berminyak.

5. Susu kambing membuat kulit lembut dan kenyal

5. Susu kambing membuat kulit lembut kenyal
Freepik/drobotdean

Tentunya Mama pasti sudah mengenal bahwa susu kambing memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah membuat kulit lembut dan kenyal. 

Mama bisa mendapatkan kulit kenyal dan lembut dengan memanfaatkan berbagau produk susu kambing yang beredar di pasaran. Manfaat tersebut dapat bisa Mama rasakan mulai dari mengonsumsi susu kambing, dan memanfaatkan masker susu kambing sebagai produk perawatan wajah.

Berkat kandungan vitamin C dalam susu kambing bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta membuat kulit lebih kenyal.

6. Dapat melindungi dari sinar ultraviolet

6. Dapat melindungi dari sinar ultraviolet
Freepik/jannoon028

Paparan sinar ultraviolet memiliki dampak negatif bagi kulit dan tubuh. Hal ini karena sinar ultraviolet memicu munculnya penuaan dini, kulit terbakar, gangguan mata hingga risiko kanker kulit.

Dengan memanfaatkan susu kambing sebagai perawatan kulit, Mama bisa terlindungi dari sinar ultraviolet yang berdampak negatif bagi kulit. 

Mama bisa menggunakan produk perawatan kulit mulai dari lostion, toner, pelembab yang memiliki bahan utama susu kambing.

8. Susu kambing membantu regenerasi kulit

8. Susu kambing membantu regenerasi kulit
Freepik/Maksymiv-yura

Sel kulit mati yang menumpuk menyebabkan kulit wajah tidak mendapatkan nutrisi secara baik. Salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara alami adalah dengan susu kambing. Susu kambing bermanfaat untuk eksfoliasi kulit mati di wajah. 

Mama dapat memanfaatkan susu kambing yang mengandung vitamin A yang berperan membantu proses perbaikan sel-sel kulit.

Ketika sel-sel kulit mati terangkat, wajah akan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Ditambah dengan kandungan nutrisi dalam susu kambing pun dapat membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak.

9. Mencegah kulit keriput

9. Mencegah kulit keriput
beautysaloon.wordpress.com

Ketika usia semakin bertambah, tanda-tanda penuaan pun akan muncul. Salah satunya adalah kulit keriput dan kendur. 

Kulit mengendur dan berkeriput karena produksi kolagen dalam kulit berkurang. Nah, Mama bisa memanfaatkan susu kambing untuk meningkatkan kolagen dalam kulit lho.

Caranya, Mama bisa mengonsumsi susu kambing atau memakai masker berbahan utama susu kambing. Lakukan secara teratur untuk mencegah kulit keriput.

10. Susu kambing bantu jaga lapisan terluar kulit

10. Susu kambing bantu jaga lapisan terluar kulit
Freepik/Racool_studio

Manfaat susu kambing lainnya yaitu dapat menjaga lapisan kulit terluar. Manfaat baik Niasin dalam susu kambing dapat melindungi bagian epidermis kulit.

Epidermis kulit merupakan jaringan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya. Dengan mengonsumsi susu kambing atau menggunakan masker susu kambing, kulit Anda akan ternutrisi sehingga lapisan kulit terluar dapat terjaga.

Itulah tadi sederet manfaat dari susu kambing untuk perawatan kulit. Mama bisa menggunakan berbagai macam olahan produk dari susu kambing atau pun mengonsumsinya secara rutin. Sehingga kulit Mama tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.