Eksklusif: Sempat Dihujat Netizen, Ini Cara Asmirandah Hadapi Body Shaming di Instagram

Alami perubahan bentuk tubuh dari hamil dan melahirkan, Asmirandah punya cara sendiri hadapi komentar jahat

5 Agustus 2021

Eksklusif Sempat Dihujat Netizen, Ini Cara Asmirandah Hadapi Body Shaming Instagram
Popmama.com/Vandah Team

Hamil dan melahirkan membuat perubahan bentuk tubuh yang signifikan pada perempuan. Asmirandah pun mengalami hal itu. Kini, tubuhnya memang tidak sekurus dulu sebelum ia hamil dan melahirkan anaknya.

Perubahan bentuk tubuh itu pun disadari betul oleh Asmirandah. Namun, ia tahu meski bentuk tubuhnya berubah ada hal lain yang ia dapat dan tak bisa digantikan oleh apapun yaitu sang buah hati, Chloe Emmanuelle Van Wattimena.

Buah cintanya dengan Jonas Rivanno itu adalah anugerah terindah bagi Asmirandah. Meski pernah mendapat komentar jahat soal tubuhnya, Asmirandah jadi orang yang tidak mau ambil pusing.

"Saya tidak pernah merasa tidak percaya diri (karena gemuk), saya berpikir seperti itu karena (meski gemuk) saya mendapat sesuatu yang berharga. Soalnya Chloe tidak bisa dibeli dengan uang, karena hanya Tuhan yang mampu kasih," tutur Asmirandah.

Sebagai informasi, body shaming adalah tindakan mencemooh atau mengejek penampilan fisik seseorang. Bisa berupa celaan fisik misalnya celaan gemuk, kurus, perihal tinggi badan, jenis dan warna rambut, bentuk tubuh, otot seseorang, celaan penampilan (ciri wajah) atau kekurangan di tubuhnya yang lain.

Millennial Mama of The Month edisi Agustus 2021 ini menceritakan caranya menghadapi komentar jahat soal body shaming. Sebab, Asmirandah juga pernah diejek atau direndahkan soal perubahan bentuk tubuhnya setelah melahirkan. 

Berikut Popmama.com rangkum cara Asmirandah hadapi body shaming di Instagram.

1. Pernah dihujat netizen, Asmirandah tak mau ambil pusing

1. Pernah dihujat netizen, Asmirandah tak mau ambil pusing
Popmama.com/Vandah Team

Sebagai public figure, gerak-gerik Asmirandah tentu akan selalu diperhatikan oleh netizen Indonesia. Saat ia hamil dan melahirkan, banyak komentar positif yang datang menyelamatinya.

Namun, dibalik komentar baik itu masih ada komentar-komentar jahat soal Asmirandah. Ia mengaku pernah dikomentari soal perubahan bentuk tubuhnya yang agak gemuk setelah melahirkan.

"Pernah (dapat komentar jahat). Saya bilang ya sudah tidak apa-apa gemuk karena memang saya punya anak," tuturnya.

Ia menganggap semua komentar itu layaknya angin lalu. Sebab, Asmirandah tak mau pusing memikirkan perkataan orang lain yang tidak pernah tahu hidup dan dirinya seperti apa. 

"Buat apa saya memikirkan perkataan orang lain karena saya pun tidak merasa pernah merepotkan mereka, saya hidup bukan dari uang mereka," jelasnya.

Editors' Picks

2. Asmirandah lebih fokus pada hal-hal positif yang bisa ia lakukan

2. Asmirandah lebih fokus hal-hal positif bisa ia lakukan
Popmama.com/Vandah Team

Langkah pertama yang dilakukan Asmirandah untuk tidak terbawa emosi adalah menghilangkan hal-hal negatif seperti ini. Ia hanya ingin fokus pada hal-hal yang positif saja di hidupnya. 

"Saya pribadi senang segala sesuatu yang positif jadi kalau (ada komentar) negatif tidak pernah dipikirkan. Dibawa santai saja karena kalau banyak pikiran soal hal negatif kita hidupnya juga terbawa negatif," tutur Asmirandah.

3. Tak ada program diet, Asmirandah fokus mengurus Chloe setelah melahirkan

3. Tak ada program diet, Asmirandah fokus mengurus Chloe setelah melahirkan
Popmama.com/Vandah Team

Selepas melahirkan Chloe, Asmirandah ingin fokus merawat anaknya dulu. Sehingga istri Jonas Rivanno ini tidal langsung menjalani program diet. 

Mama satu anak ini pun terbilang santai untuk urusan menguruskan badan. Sebab, untuk saat ini bukan terlalu menjadi prioritasnya.

"Tidak ada olahraga khusus, hanya jalan pagi, jalan sore sambil gendong Chloe. Anaknya di bawa keluar rumah buat nyari udara segar, karena rumah juga bentuknya cluster yang tidak besar sehingga terbilang lebih aman. Sampai sekarang itu paling aman untuk kita, saya juga jadi bisa gerak," tutur Asmirandah.

Namun, setelah Chloe menginjak usia 7 bulan. Asmirandah cenderung mengurangi asupan karbohidratnya untuk bisa menurunkan berat badan secara bertahap.

"Tetapi setelah Chloe MPASI saya hanya mengurangi asupan karbohidrat saja (fokus ke protein dan sayur atau buah)," jelasnya.

4. Tips dari Asmirandah untuk ibu melahirkan yang mengalami body shaming

4. Tips dari Asmirandah ibu melahirkan mengalami body shaming
Popmama.com/Vandah Team

Asmirandah sadar mungkin tak hanya dirinya yang kerap mendapatkan komentar soal perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan. Belum lagi perubahan hormon setelah melahirkan bisa membuat komentar soal tubuh ini menjadi sensitif bagi perempuan.

Body shaming bisa menurunkan rasa percaya diri yang membuat perempuan merasa rendah hingga mengasingkan diri dari lingkungan sosialnya.

Memang, body shaming bisa dialami oleh siapapun, tak hanya ibu melahirkan yang bentuk tubuhnya berubah.

Menurut Asmirandah, orang mungkin berbeda-beda dalam menanggapi body shaming yang diterimanya. Oleh karenanya yang bisa ia pesankan adalah "tidak perlu dibawa perasaan".

Bagi Mama dari Chloe ini, orang-orang yang berkomentar seperti itu kadang hanya mencari pengakuan. Ia menganggap, orang yang gemar melakukan body shaming kepada ibu melahirkan seperti tidak bisa mengurus masalah dia sendiri di dalam hidupnya sampai-sampai mengomentari orang lain.

"Sekalipun respons orang beda-beda, menurut saya untuk komentar-komentar itu seperti mereka belum bisa mengurusi hidup dia sendiri. Seolah masih sibuk dengan orang lain. Perlu diingat mencintai diri sendiri itu penting, tapi belum tentu gemuk itu sehat juga ya. Jadi tetap mencintai diri apa adanya harus dipertimbangkan dengan tetap sehat," jelas Asmirandah.

Oleh karenanya, bagi Mama yang mengalami body shaming ini Asmirandah meyakinkan kalau banyak hal yang bisa membuat kita senang.

Fokuslah hal-hal positif dalam hidup kita yang bisa jadi penyemangat untuk melanjutkan kehidupan esok dan lusa.

#MillennialMama of the Month Edisi Agustus 2021 – Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.