Tajir Melintir, Ini 7 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Fashion

Dari pemilik brand mewah seperti Chanel hingga pemilik merek Uniqlo

8 September 2020

Tajir Melintir, Ini 7 Orang Terkaya Dunia dalam Industri Fashion
Pinterest.com

Memiliki harta berlimpah tentunya menjadi kesenangan bagi sebagian orang. Berbagai industri yang berkembang di dunia ini mendatangkan pundi-pundi uang yang tak sedikit bagi segelintir orang. Salah satu adalah industri fashion yang terus berkembang.

Mungkin, orang-orang lebih mengenal Jeff Bezos, Elon Musk atau Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Namun, selain ketiga orang tersebut ada deretan orang-orang yang juga tajir melintir karena punya usaha di dunia fashion.

Mengutip dari Business Insider, berikut Popmama.com rangkum daftar orang terkaya di dunia dari industri fashion!

1. Bernard Arnault - 88 Miliar USD

1. Bernard Arnault - 88 Miliar USD
Twitter.com/GALLAY_J

Bernard Arnault adalah CEO LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia. Miliarder asal Perancis ini adalah orang terkaya ketiga di dunia di bawah Bill Gates dan Jeff Bezos.

LVMH sendiri mrupakan perusahaan induk dari 75 nama merek di bawahnya termasuk Louis Vuitton, Christian Dior, Sephora, dan Bulgari, dan, hingga Tiffany & Co. Bernard menjadi orang dengan total kekayaan yang tumbuh lebih cepat daripada banyak miliarder lainnya.

2. Amancio Ortega - 59.6 Miliar USD

2. Amancio Ortega - 59.6 Miliar USD
Pinterest.com

Amancio Ortega menghasilkan memiliki kekayaan hampir 60 miliar USD berkat usaha ritel mode Spanyol Inditex yang ia dirikan bersama mantan istrinya Rosalia Mera pada tahun 1975. Amancio memiliki 59% saham dari inditex yang merupakan pengecer pakaian terbesar di dunia yang memiliki Zara, Pull&Bear, Bershka, Massimo Dutti, Stradivarius dan banyak lainnya.

Editors' Picks

3. François Pinault - 42.6 Miliar USD

3. François Pinault - 42.6 Miliar USD
Pinterest.com

François Pinault adalah pendiri dan pemilik Kering Luxury Group, yang menaungi rumah mode ikonik seperti Gucci dan Alexander McQueen. Pengusaha asal Perancis dan kolektor seni ini juga memiliki sejumlah besar rumah lelang, kilang anggur, dan penerbitan di Perancis. Dia orang terkaya ketiga di Perancis setelah Bernard Arnault dan Francoise Bettencourt Meyers.

4. Phil Knight - 40.4 Miliar USD

4. Phil Knight - 40.4 Miliar USD
Pinterest.com

Phil Knight adalah pendiri salah satu brand sepatu terkenal dunia, Nike. Phil merupakan mantan atlet lari yang memulai mendirikan Nike dengan Bill Bowerman pada tahun 1964. Phil pensiun sebagai CEO Nike pada tahun 2016 setelah 52 tahun memimpin perusahaan.

5. Alain dan Gerard Wertheimer - 32.3 miliar USD

5. Alain Gerard Wertheimer - 32.3 miliar USD
Pinterest.com

Alain Wertheimer bersama-sama memiliki rumah mode asal Perancis, Chanel dengan saudaranya, Gerard. Alain menjabat sebagai ketua Chanel sementara Gerard mengelola pengawasan perusahaan di Swiss.

Wertheimer bersaudara mewarisi kerajaan Chanel dari kakek mereka, Pierre Wertheimer, yang mendirikan merek ini dengan Gabrielle "Coco" Chanel pada tahun 1913. Mereka masing-masing memiliki kekayaan bersih 32.3 miliar USD.

6. Tadashi Yanai - 31.9 Miliar USD

6. Tadashi Yanai - 31.9 Miliar USD
Pinterest.com

Tadashi Yanai adalah pendiri dan pemilik merek pakaian asal Jepang yakni Uniqlo. Tadashi Yana menjadi orang terkaya di Jepang saat ini. Ia memulai Uniqlo dari toko penjahit pinggir jalan di pinggiran kota Jepang.

Tahun 1990-an usahanya tersebut diubah menjadi fast retailing untuk mencerminkan strategi bisnis fast fashion-nya. Toko pertama Uniqlo dibuka pada tahun 1984 dan saat ini seudah memperluas pasar dengan lebih dari 2.000 toko yang ada setidaknya di 20 negara.

7. Leonardo Del Vecchio - 20.9 miliar

7. Leonardo Del Vecchio - 20.9 miliar
Pinterest.com

Leonardo Del Vecchio adalah pendiri raksasa kacamata Luxottica, yang kemudian mengakuisisi Sunglass Hut, Ray-Ban, dan Oakley. Tak hanya itu, perusahaan miliki Lenoardo juga membuat kacamata untuk merek lain termasuk Chanel dan Bulgari. Pada tahun 2018, Luxottica bergabung dengan Essilor untuk menjadi produsen dan pengecer kacamata hitam terbesar di dunia.

Itulah tadi sederet orang terkaya di dunia dari industri fashion. Sebagai salah satu industri yang bergerak cepat, fashion menjadi bidang yang menantang bagi sebagian orang. Katanya, orang yang mampu bertahan di industri fashion adalah orang yang kuat dan tahan banting.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.