10 Tips Kecantikan Alami dalam Islam, Ada Madu sampai Air Wudhu

Sudah dilakukan orang dari zaman Nabi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka

16 Agustus 2021

10 Tips Kecantikan Alami dalam Islam, Ada Madu sampai Air Wudhu
Freepik/freepik

Tips kecantikan alami dalam Islam bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dari menggunakan produk atau barang, sampai cara-cara Islami seperti rutin berwudhu dan beribadah yang baik.

Makin berkembangnya zaman, ada banyak produk skincare dan klinik kecantikan menawarkan perawatan untuk wajah dan tubuh. Tentu datang ke dokter kulit hingga pergi ke klinik butuh budget yang tidak sedikit.

Namun, Mama bisa memanfaatkan tips kecantikan alami dalam Islam. Tips ini sudah diterapkan dari zaman Nabi yang jarang diterapkan manusia di zaman modern.

Dalam Islam, kunci untuk mempercantik diri sebenarnya didasari dari perilaku. Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu 'alaih dalam sebuah kitab seperti dikutip dari muslimmatters.org, mengatakan wajah seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh perilakunya. 

Ia mengatakan orang yang jujur, buah kejujurannya akan memancar pada wajah. Sehingga wajahnya akan tampak lebih cerah. Dengan perilaku yang baik ditambah perawatan alami tentu akan lebih membuat diri kita lebih terpancar secara baik.

Berikut Popmama.com rangkum tips kecantikan alami dalam Islam yang bisa kita terapkan di zaman modern.

1. Siwak

1. Siwak
Tokopedia.com

Menggunakan siwak adalah sunnah dalam Islam. Sebab, siwak ini digunakan sebagai sikat gigi herbal alami oleh Nabi Muhammad SAW. Siwak ini berbentuk tongkat kecil berwarna cokelat muda yang langsung digosokkan pada gigi. 

Dengan menggigit dan mengunyah salah satu ujungnya, maka akan memisahkan serat dan membentuk tekstur seperti kuas yang memungkinkan sifat kimiawi kayu dilepaskan dan diambil.

Menurut riwayat siwak jika sering digunakan bisa membersihkan gigi, mencegah gigi berlubang, hingga menyegarkan nafas. Sementara penelitian para ilmuan menyebutkan siwak dapat membantu membunuh kuman dan bakteri. 

2. Celak mata

2. Celak mata
Tokopedia.com

Celak mata atau kohl adalah jenis eyeliner yang berbentuk bubuk gelap halus yang biasanya diterapkan di permukaan bagian dalam kelopak mata.

Celak mata atau kohl ini sering digunakan baik laki-laki dan perempuan Arab agar tidak silau saat memandang jauh di bawah matahari terik.

Namun, semakin ke sini fungsinya juga bergeser sebagai penghias wajah. Menurut salah satu riwayat At-Tirmidzi, kohl ini membantu mencerahkan penghilatan mata dan menumbuhkan bulu mata.

3. Henna

3. Henna
Pixabay/MehndiTrainingCenter

Henna adalah bentuk hiasan tubuh yang saat ini hadir dalam bentu pasta. Henna biasanya terbuat dari daun tanaman pacar yang dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk halus. 

Lalu, dicampur dengan air yang kemudian dibuat menjadi tekstur berbentuk pasta. Pada zaman Nabi, rupanya henna ini dipakai oleh laki-laki dan perempuan sebagai pewarna rambut alami mereka.

4. Minyak zaitun

4. Minyak zaitun
Pexels/Pixabay

Tips kecantikan dalam Islam selanjutnya adalah minyak zaitun. Khasiat dari miyak ini telah turun temurun manfaatnya. Riwayat menyebutkan bahwa zaitun adalah pohon yang diberkahi.

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan jantung. Minyak zaitun juga memiliki manfaat kecantikan yakni sebagai perawatan rambut dan wajah. 

Sebagai skincare, minyak zaitun kaya akan zat antioksidan yang menjaga sel kulit dari radikal bebas sehingga berperan sebagai antiaging.

Editors' Picks

5. Madu

5. Madu
Freepik/Racool-studio

Khasiat madu di dalam Al-Quran sendiri sudah disebutkan. Dalam surat An-Nahl ayat 69  yang menyebutkan madu adalah obat yang bisa menyembuhkan manusia.

Dikutip dari website tafsirquran.id, madu sebagai penyembuh ini Rasulullah SAW pernah bersabda “penyembuhan bisa lewat tiga macam: bekam, minum madu, atau membakar dengan api. Dan aku melarang umatku membakar dengan api.” (HR Bukhari). 

Dalam hadis lain riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah juga pernah menyuruh sahabatnya untuk meminumkan madu kepada orang yang sakit diare. Diminumkannya madu tersebut kepada orang yang sakit sebanyak tiga kali lalu penyakitnya pun sembuh.

6. Rajin berwudhu

6. Rajin berwudhu
Pixabay/drfuenteshernandez

Salah satu bentuk yang paling sederhana dan tanpa disadari adalah manfaat wudhu untuk kecantikan. Manfaat wudhu terbukti secara ilmiah karena berkontribusi besar terhadap menjaga kesehatan individu secara utuh.

Berwudhu dapat membuat kulit tetap bersih dan bersinar. Dalam sudut pandang Islam, wajah yang sering dibersihkan oleh wudhu dianggap memancarkan cahaya alami.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di Austria menyebutkan kalau wudhu dapat menyehatkan kulit di mana pusat saraf pada dahi, tangan, dan kaki sangat sensitif terhadap air segar sehingga bisa membuat seseorang, terutama perempuan cantik alami. 

7. Murah senyum

7. Murah senyum
Freepik/wayhomestudio

Tips kecantikan alami dalam islam lainnya adalah tersenyum. Memang terdengar klise tetapi senyum akan meningkatkan kecantikan seseorang.

Menurut beberapa penelitian, tersenyum dapat memberi banyak manfaat bagi otak, tubuh dan juga orang-orang disekitar kita. Dalam Islam, tersenyum kepada orang lain sangat dianjurkan dan merupakan sunnah sederhana.

Tersenyum dapat membuat seseorang lebih awet muda dan menghindari penuaan dini. Tidak hanya membuat lawan bicara memiliki efek positif, senyum bisa membuat diri menjadi lebih bahagia.

8. Puasa sunah

8. Puasa sunah
Pexels/Monstera

Banyak cara yang bisa dilakukan perempuan untuk membentuk tubuhnya ramping. Dalam Islam, kita bisa menggunakan puasa sunah. Tentunya dengan diimbangi makanan yang mengandung nutrisi baik.

Lewat puasa sunah, selain mendapatkan juga punya sederet manfaat lain untuk kesehatan. Misalnya, mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan kadar lemak, mengistirahatkan organ pencernaan, hingga bisa mengontrol gula darah.

9. Jangan makan berlebihan

9. Jangan makan berlebihan
Freepik/Sewcream

Dalam Islam kita diajarkan untuk tidak berlebihan dalam segala hal. Konsep ini juga bisa dikaitkan dengan cara makan kita sehari-hari. Berhentilah makan sebelum kenyang, karena obat dan terapi agar terhindari dari penyakit ialah tidak makan dan minum secara berlebihan.

Menjaga porsi makan merupakan salah satu tips Islami yang bisa dipertimbangkan. Takaran gizi merupakan hal yang harus dijaga untuk dikonsumsi seimbangnya asupan buah, sayur, dan daging. 

10. Jauhi sifat sombong dan iri hati

10. Jauhi sifat sombong iri hati
Freepik/freepik

Tips kecantikan dalam Islam selanjutnya yakni menghindarkan diri dari sifat sombong dan iri hati. Dengan menjaga hati kita tetab baik, bisa menjadi salah satu cara tampil cantik secara fisik dan emosi.

Iri dan sombong merupakan perbuatan yang dibenci Allah SWT. Hal ini dapat membuat seseorang akan terlihat lebih cepat tua karena sering cemberut dan jarang tersenyum. Menyimpan sifat ini dapat membuat seseorang kehilangan cahaya alami dari dalam dirinya serta akan tampak kusut dan kusam.

Itulah tadi tips kecantikan alami dalam Islam yang bisa Mama terapkan sehari-hari. Semoga dengan cara ini bisa menjadi ikhtiar kita tetap sehat dan menarik dari waktu ke waktu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.