Tips Memilih Sunscreen untuk Ibu Hamil, Jangan Asal!

Memilih sunscreen saat hamil sebaiknya perhatikan bahan pembuatnya dulu ya

6 Mei 2021

Tips Memilih Sunscreen Ibu Hamil, Jangan Asal
Pexels/moose-photos

Ibu hamil kadang banyak pantangan yanga harus dihadapi. Sebab, beberapa hal yang dikonsumsi atau dipakai oleh hamil mungkin saja bisa memengaruhi perkembangan janin.

Selain makanan dan minuman, memilih kosmetik atau produk perawatan wajah tak bisa sembarangan lho. Sebab, ada beberapa kandungan dalam skincare atau produk perawatan yang tidak boleh dipakai.

Khusus untuk sunscreen kadang jadi step yang kurang diperhatikan. Padahal penggunaan sunscreen untuk kulit wajah banyak manfaatnya, terutama untuk ibu hamil.

Berikut Popmama.com rangkum tips memilih sunscreen untuk ibu hamil!

Editors' Picks

1. Manfaat sunscreen untuk kulit

1. Manfaat sunscreen kulit
Pexels/Shiny Diamond

Saat ini sudah banyak yang sadar mengenai bahaya sinar matahari yang memiliki risiko terhadap kulit wajah. Perlindungan terhadap bahaya UVA dan UVB ini penting untuk menjaga kekenyalan dan kesehatan kulit kita.

Namun, belum banyak orang yang tahu soal bahaya dari radiasi blue light atau sinar biru yang dipancarkan lampu, layar LED dan pada banyak layar elektronik yang kita gunakan. Sebab, papadan blue light yang berkepanjangan bisa menyebabkan penuaan dini, perubahan warna kulit, menyebabkan inflamasi, dan melemahkan lapiran kulit kita. 

"Sunscreen adalah investasi paling penting untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang," ujar Yaumi Fauziah Sugiharta, Chief Executive Officer BASE.

2. Memilih sunscreen untuk ibu hamil

2. Memilih sunscreen ibu hamil
Dok. BASE

Memilih sunscreen untuk hamil tidak boleh sembarangan. Perlu dipertimbangkan banyak hal terutama dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Dikutip dari What to Expect, sangat penting menggunakan SPF selama periode kehamilan. Berikut adalah tipsnya:

  • Pilih susncreen yang melindungi minimal sinar UVA dan UVB.
  • Pastikan tabir surya memiliki SPF minimal 30.
  • Selalu label bahan dengan hati-hati. Usahakan tidak mengandung Oxybenzone, Octinoxate, hingga Parabens atau methylisothiazolinone (MIT).

BASE baru saja meluncurkan produk sunscreen yang memanfaatkan bahan-bahan alami. Sehingga aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Sunscreen BASE tidak mengandung paraben, PEG atau silicone juga tanpa octinoxane dan oxybenzone yang membahayakan kehidupan laut.

Sunscreen BASE terbuat dari bahan alami diantaranya ekstrak daun rasberi, ekstrak daun blackcurrant, minyak biji wortel dan ekstrak akar wortel, minyak biji bunga matahari, bisabolol dan kamomil, minyak argan, vitamin E dan ectoin (asam amino dari mikroorganisme).

3. Bahan-bahan yang berhaya untuk ibu hamil di dalam kosmetik

3. Bahan-bahan berhaya ibu hamil dalam kosmetik
Pexels/Shiny Diamond

Selama hamil setidaknya kita harus cukup waspada untuk memilih produk kecantikan dan kosmetik. Ada beberapa bahan-bahan yang sebaiknya dihindari, diantaranya:

  • Paraben
  • Retinol
  • Timbal
  • Diazolidinyl urea
  • Phtalate
  • Oxybenzone

Itulah tadi informasi mengenai tips memilih sunscnreen untuk ibu hamil yang tepat. Semoga informasi ini membantu Mama yang ingin membeli sunscreen saat hamil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.