TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Dijamin Ampuh, 9 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Ketiak Hitam

Selain untuk dimakan, bahan ini bisa digunakan untuk kecantikan juga lho, Ma

13 Desember 2021

Dijamin Ampuh, 9 Bahan Alami Bisa Mengatasi Ketiak Hitam
Freepik.com

Setiap perempuan tentu ingin selalu terlihat percaya diri di setiap kesempatan. Tidak hanya kulit wajah yang berusaha untuk dirawat, namun kulit yang terletak di daerah lain juga perlu diperhatikan dengan baik kesehatannya. 

Permasalahan ketiak hitam sering sekali membuat perempuan merasa minder, apalagi saat menggunakan pakaian terbuka atau tanpa lengan. Jika dilihat oleh orang lain, kondisi ketiak yang hitam hanya akan menurunkan rasa percaya diri. Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit ketiak hitam, salah satunya seringnya penggunaan deodorant. 

Jika Mama ingin mengatasi masalah ketiak yang hitam, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Cuka apel bisa mengangkat sel kulit mati

1. Cuka apel bisa mengangkat sel kulit mati
entrepo.co.za

Selain bisa dijadikan toner dan menyembuhkan jerawat, cuka apel bisa membantu untuk mengatasi ketiak yang menghitam. 

Perlu Mama ketahui bahwa cuka mengandung asam sitrat dan asam asetat. Kandungan tersebut bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri yang berada di sekitar area ketiak.

Cara penggunaanya hanya siapkan dua sendok teh cuka apel dan bubuk soda kue. Campurkan kedua bahan tersebut secara merata. Setelah itu, kedua bahan tersebut bisa diaplikasikan pada ketiak yang menghitam.

Diamkan 10-15 menit sampai mengering, kemudian bilas menggunakan air dingin. Jika ingin hasil yang optimal, maka gunakan dua atau tiga kali dalam seminggu.

2. Jeruk nipis dapat mencerahkan kulit ketiak

2. Jeruk nipis dapat mencerahkan kulit ketiak
Pixabay/congerdesign

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis mampu mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Selain itu, kandungan flavanoidyaitu antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Kombinasi antara kolage dan vitamin C inilah yang bisa memutihkan serta mencerahkan ketiak yang menghitam.

Cara penggunaanya hanya perlu memotong jeruk nipis sekitar 5 mm saja. Setelah itu, jeruk nipis tersebut digosok secara perlahan pada ketiak selama lima menit. Setelah didiamkan sebentar, Mama bisa bilas ketiak dengan menggunakan air sampai bersih. 

Jika ingin hasil yang maksimal, penggunaan jeruk nipis ini bisa digunakan secara konsisten setidaknya dua kali dalam seminggu.

3. Kentang mampu mengatasi ketiak yang menghitam

3. Kentang mampu mengatasi ketiak menghitam
Pixabay/MarkoPaak

Kentang termasuk salah satu bahan alami yang bisa mengatasi ketiak yang menghitam. Tidak hanya dapat dikonsumsi, namun kentang mengandung vitamin C dan B3 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa mencerahkan kulit ketiak yang menghitam, sehingga lebih bersih.

Terkait dengan cara penggunaannya, Mama hanya perlu memarut kentang dengan halus dan rendam dengan air terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan pada ketiak yang menghitam dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.

Jika sudah kering, bilaslah ketiak dengan air hangat sampai bersih. Demi kulit ketiak semakin cerah, cobalah untuk menerapkan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu, sehingga semakin mendapatkan hasil yang maksimal.

Editors' Picks

4. Kunyit untuk memutihkan dan menghaluskan ketiak

4. Kunyit memutihkan menghaluskan ketiak
Dok. Jovee

Kunyit yang biasanya dijadikan bumbu dapur untuk memasak, ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit. Kondisi ketiak yang menghitam bisa diatasi dengan menggunakan kunyit sebagai bahan alami. Kunyit sendiri memiliki antioksidan dan kurmin, sehingga dapat menghaluskan tekstur kulit di bagian ketiak.

Cara penggunaan, Mama hanya perlu mencuci kunyit dengan bersih dan memarutnya. Setelah itu, campurkan dengan madu dan aplikasikan ke ketiak yang menghitam. Diamkan selama 20-30 menit, setelah mengering bisa langsung dibilas menggunakan air sampai bersih. 

Perawatan alami untuk memutihkan dan menghaluskan ketiak dengan kunyit ini bisa terus dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu, namun pastikan perlu dilakukan secara konsisten. 

5. Lidah buaya untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru

5. Lidah buaya mendorong pertumbuhan sel kulit baru
Unsplash/pisauikan

Lidah buaya memang sering digunakan untuk kecantikan baik untuk kulit ataupun rambut. Kandungan vitamin A dan E dalam lidah buaya juga bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak yang menghitam lho, Ma. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung poliskaridadan auksin yang dapat mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Cara penggunaannya cukup mudah karena hanya perlu memotong lidah buaya yang sudah dicuci bersih. 

Kemudian, aplikasikan pada ketiak yang menghitam dan diamkan kurang lebih selama 10 menit sampai mengering. Bilas dengan air hangat serta gunakan cara secara rutin, sehingga mendapatkan kulit ketiak bisa lebih cerah dan memudarkan noda hitam. 

6. Lemon dapat membantu mengangkat sel kulit mati

6. Lemon dapat membantu mengangkat sel kulit mati
Freepik/stockking

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga kaya akan vitamin C yang bisa mencerahkan kulit ataupun ketiak. Lemon memiliki sifat antiseptik, antibakteri serta kandungan asam yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Cara penggunaannya hanya perlu mengiris tipis lemon, lalu mengaplikasikannya ke ketiak dengan mengosoknya secara perlahan-lahan. Diamkan selama 15 menit sampai mengering, lalu bilas dengan air dingin. Penggunaan lemon sebagai bahan alami mencerahkan ketiak menghitam ini perlu dilakukan secara konsisten, sehingga hasilnya lebih maksimal.

7. Mentimun untuk menumbuhkan sel kulit baru

7. Mentimun menumbuhkan sel kulit baru
Freepik

Selain untuk lalapan, mentimun memang banyak digunakan untuk kecantikan. Mentimun bisa mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan mencerahkan kulit ketiak yang sudah mulai menghitam. Untuk mendapatkan kulit ketiak yang sesuai dengan harapan, Mama hanya perlu mengiris mentimun sebesar 5 mm saja sebagai bahan alami mencerahkan kulit.

Setelah mengiris mentimun, cobalah untuk mengaplikasikan pada ketiak yang menghitam.

Diamkan selama 20 menit dan biarkan kandungan air pada mentimun meresap ke kulit. Bilas dengan air dingin sampai bersih. Pastikan untuk menerapkan cara ini setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu, sehingga meningkatkan hasil yang maksimal.

8. Minyak zaitun untuk meregenerasi sel kulit baru

8. Minyak zaitun meregenerasi sel kulit baru
Freepik

Minyak zaitun memang banyak digunakan untuk kecantikan dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun mampu melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati serta meregenerasi sel kulit baru. 

Jika ingin mencerahkan kulit ketiak yang menghitam dengan minyak zaitun, cobalah untuk mengaplikasikannya dengan cara dua sampai tiga kali dalam seminggu. Ini bisa diterapkan secara konsisten, sehingga mampu mendapatkan kulit ketiak yang lebih cerah dan sehat.

Cara memakainya hanya dengan mencampurkan dua sendok minyak zaitun dan gula pasir. Setelah itu, aduk rata dan aplikasikan pada kulit ketiak dengan mengosoknya secara perlahan. Diamkan 10 menit, lalu bisa dibilas dengan menggunakan air hangat. 

9. Yogurt mampu mencerahkan permukaan kulit

9. Yogurt mampu mencerahkan permukaan kulit
Freepik/nensuria

Selain enak dimakan, yogurt bisa digunakan untuk mengatasi ketiak yang menghitam. Perlu Mama ketahui bahwa ada kandungan asam folat yang berfungsi untuk mengangkat sel-selt kulit mati. Selain itu, adanya vitamin B5 dan B12 juga mampu mencerahkan permukaan kulit ketiak yang hitam.

Gunakan yogurt sebagai masker, lalu cara campurkan dua sendok yogurt dengan susu. Aduk rata semua bahan, kemudian aplikasikan pada bagian permukaan kulit ketiak.

Tunggu hingga 30 menit sampai benar-benar mengering, lalu bilas menggunakan air hangat. Gunakan cara dua atau tiga kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa mencerahkan dan mengatasi ketiak hitam. Tapi perlu ingat bahwa cara ini membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama, sehingga kondisi kulit ketiak bisa lebih cerah. 

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk