7 Tips Makeup Perempuan Berkacamata agar Makin Terlihat Pesonanya

Kacamata bukan lagi penghalang untuk tampil sempurna dengan riasan wajah

18 Desember 2020

7 Tips Makeup Perempuan Berkacamata agar Makin Terlihat Pesonanya
Freepik/wayhomestudio

Kacamata merupakan kebutuhan bagi sebagian perempuan dengan kondisi kesehatan mata yang kurang baik. Tapi kini, sepertinya sudah menjadi item fashion yang tak lepas dari OOTD (Outfit of The Day) Mama saat beraktivitas.

Namun, kacamata kerap kali jadi kendala ketika Mama menggunakan makeup, terutama pada area mata. Selain itu, beberapa perempuan mungkin kesulitan mengaplikasikan riasan yang cocok dengan tambahan kacamata pada wajah.

Nah, supaya riasan wajah Mama tampak sempurna ketika menggunakan kacamata, simak 7 tips makeup perempuan berkacamata yang telah Popmama.com susun di bawah ini.

1. Pilih eyeshadow yang sesuai dengan jenis kacamata

1. Pilih eyeshadow sesuai jenis kacamata
Freepik

Ada aturan makeup berbeda yang berlaku untuk pengguna kacamata. Tips makeup perempuan berkacamata kali ini adalah dengan memilih eyeshadow yang sesuai dengan jenis kacamata. Apakah itu rabun jauh atau rabun dekat.

Jika Mama memakai kacamata jenis rabun jauh, lensanya bisa membuat mata terlihat menyusut. Untuk menyiasatinya, makeup artist yang berbasis di NYC, Margina Dennis, menyarankan untuk memiilih eyeshadow yang berkilau.

Tampilan satin atau shimmer akan membantu menarik perhatian ke mata Mama.

Sementara, untuk Mama yang memakai kacamata jenis rabun dekat, mata akan terlihat lebih besar akibat pengaruh lensanya. Ini menarik fokus pada bagian wajah lainnya.

Untuk mengecilkan tampilan mata, Dennis merekomendasikan penggunaan eyeshadow matte. Ia juga menyarankan untuk melewatkan gel liner. Sebagai gantinya, taruh smudging (luntur) eyeshadow di sekitar mata untuk tampilan yang lebih sederhana.

2. Sesuaikan warna eyeliner dengan warna frame kacamata

2. Sesuaikan warna eyeliner warna frame kacamata
Freepik/alexvolot

Menyesuaikan warna eyeliner dengan frame kacamata Mama bisa membuat Mata berbaur dan tidak menonjol. Ini merupakan tips makeup perempuan berkacamata yang patut diikuti.

Cobalah untuk memilih warna eyeliner yang setidaknya 1 atau 2 kali lebih terang dari frame kacamata Mama (kecuali jika warna frame bening atau berwarna krem).

Apabila frame kacamata Mama berwarna hitam, pilih eyeliner warna abu-abu, coklat atau biru tua. Tapi, jika frame kacamata Mama berwarna cokelat, beri liner dengan warna kelabu tua atau perunggu.

Jangan lupa untuk blendeyeliner dengan kapas supaya tampilannya tidak terlalu kasar.

Editors' Picks

3. Aplikasikan ketebalan eyeliner sesuai dengan ketebalan frame kacamata

3. Aplikasikan ketebalan eyeliner sesuai ketebalan frame kacamata
Freepik/geargodz

Tips makeup perempuan berkacamata selanjutnya adalah aplikasikan ketebalan eyeliner sesuai dengan ketebalan frame.

Frame yang tebal membutuhkan eyeliner tebal, begitu pula dengan frame tipis yang membutuhkan eyeliner tipis. Jangan mencampurkan keduanya karena bisa membuat mata Mama terlihat buruk atau berlebihan.

Dalam hal ini, Dennis menyarankan penggunaan liner bertekstur cair atau gel pada garis bulu mata atas dan lapisan highlightliner pada garis bulu mata bawah.

4. Lewati maskara pada bulu mata bagian bawah agar wajah tak tampak lelah

4. Lewati maskara bulu mata bagian bawah agar wajah tak tampak lelah
Pexels/Shiny Diamond

Tidak menggunakan maskara pada bulu mata bagian bawah termasuk salah satu tips makeup perempuan berkacamata yang harus Mama lakukan.

Ami Mallon, seorang Global Corporate Educator untuk Osmosis Colour Mineral Cosmetics berpendapat bahwa hal itu bisa menyebabkan goresan di bagian dalam lensa dan juga bisa mengiritasi mata.

Secara umum, maskara pada bulu mata bagian bawah mungkin sedikit rumit, terutama saat Mama memakai kacamata.

Maskara warna gelap pada bulu mata bagian bawah, ditambah frame kacamata dapat menghasilkan bayangan gelap pada bagian wajah tersebut dan ini akan membuat Mama tampak lelah.

Di samping itu, Mallon juga menyarankan untuk tidak memakai bulu mata palsu. Penggunaan maskara saja akan membantu memamerkan bulu mata alami Mama dengan cara terbaik.

Pilih maskara yang lebih menekan volume daripada panjangnya sehingga bulu mata tetap penuh dan terpisah. Mata Mama akan tampak cantik tanpa meski memakai kacamata.

5. Gunakan concealer untuk cegah lingkaran hitam akibat pantulan frame warna gelap

5. Gunakan concealer cegah lingkaran hitam akibat pantulan frame warna gelap
Pexels/cottonbro

Jika frame kacamata yang Mama pakai berwarna gelap, pantulannya bisa membuat lingkaran hitam di bawah mata tampak lebih buruk.

Tips makeup perempuan berkacamata dalam hal ini adalah menggunakan concealer pada bagian bawah mata. Jangan sampai salah menggunakan concealer, pilihlah yang bagus.

Untuk benar-benar mengatasi perubahan warna gelap atau merah pada area bawah mata, coba untuk blend concealer warna kuning.

6. Awali dengan pelembap matte kemudian setting spray untuk cegah alas bedak luntur

6. Awali pelembap matte kemudian setting spray cegah alas bedak luntur
Freepik

Ini tips makeup bagi perempuan berkacamata yang sangat penting. Mama tidak ingin kacamata merosot akibat alas bedak luntur, bukan? Jadi, mulailah rias wajah dengan pelembap matte, lalu akhiri dengan setting spray.

Penata rias NYC, Kasey Adam Spickard, menyarankan penggunaan pelembap matte pada batang hidup untuk mencegah pembentukan minyak. Ia menuturkan bahwa riasan wajah lama-lama bisa berminyak dan menyebabkan kacamata merosot ke bawah hidung.

Setelah selesai dengan riasan wajah seluruhnya, Spickard merekomendasikan setting spray untuk mempertahankan tampilan, mecegah riasan wajah menempel pada frame, dan menjaga kacamata Mama tetap pada tempatnya.

7. Seimbangkan tampilan berkacamata dengan warna bibir yang berani

7. Seimbangkan tampilan berkacamata warna bibir berani
Freepik/haritanita

Kacamata menarik fokus langsung ke area mata Mama. Jadi, jika Mama ingin riasan wajah yang seimbang maka tambahkan semburat warna pada bagian bawah wajah.

Dan tips makeup perempuan berkacamata kali ini adalah menggunakan warna lipstik yang berani.

Penata rias Minneapolis, Hillary Kline berpendapat bahwa kacamata dan bibir yang cerah akan terlihat sangat cantik. Formula bibir yang kaya dan matte dalam lipstik warna Russian Red berpadu indah dengan frame kacamata yang menarik.

Ini akan menciptakan penampilan bergaya tanpa Mama perlu bersusah payah.

Sudah siap tampil menggunakan riasan wajah bersama dengan kacamata? Coba 7 tips makeup perempuan berkacamata di atas ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.