7 Tips Work From Home agar Pekerjaan Berjalan Lancar

Work from home bukan lagi suatu hambatan!

18 Maret 2020

7 Tips Work From Home agar Pekerjaan Berjalan Lancar
Freepik/tirachardz

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona atau COVID-19 sebagai pandemi pada Rabu (11/3) lalu. Penetapan ini dikarenakan penyebaran dan penularan virus corona telah memasuki skala besar dan cepat di berbagai negara.

Kementerian Kesehatan Indonesia juga menyatakan virus corona sebagai bencana darurat nasional. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.01.07/MENKES/182/2020.

Per tanggal 16 Maret 2020, pasien positif corona bertambah menjadi 134 dari sebelumnya 117 orang. Kondisi ini membuat pemerintah pusat meminta masyarakat melakukan sosial distancing dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah selama beberapa hari.

Meski begitu, Indonesia sendiri belum resmi melakukan lockdown nasional. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk isolasi diri secara mandiri dengan belajar, bekerja dan ibadah di rumah.

Imbauan ini membuat beberapa kantor di Jakarta dan sekitarnya untuk mempekerjakan karyawan secara online atau work form home.

Meski menyenangkan, bekerja di rumah bukan berarti tak memiliki hambatan. Lalu bagaimana agar work form home tetap berjalan lancar? Berikut Popmama.com rangkum tips work form home supaya tetap lancar.

1. Bangun pagi seperti biasa dan lakukan olahraga kecil

1. Bangun pagi seperti biasa lakukan olahraga kecil
Freepik

Bekerja dari rumah mungkin akan terasa santai dan bebas. Namun sebenarnya hal ini lah yang akan menghambat pekerjaan di rumah.

Jika biasanya kita diminta bergerak cepat dari pagi hingga sore, ketika bekerja dari rumah kita justru santai sehingga tidak bergerak banyak. Kondisi ini justru akan membuat tubuh lemas dan mudah mengantuk karena kurang gerak.

Sebagai permulaan, bangun lah seperti biasa dan lakukan olahraga kecil agar tubuh lebih segar. Bila malas keluar rumah, melakukan olahraga di halaman dengan panas matahari pagi juga menyehatkan kok.

2. Mandi dan berganti pakaian

2. Mandi berganti pakaian
Freepik

Setelah melakukan olahraga kecil, tubuh tentu akan lebih berkeringat. Supaya tetap segar dan menambah semangat, mandi dan berganti pakaian bisa menjadi pilihan.

Ketika pergi bekerja di kantor, kita tentu melakukan hal ini. Bukan suatu kesalahan jika menyamakan rumah dengan kantor semata-mata agar kerja jadi lebih menyenangkan.

Editors' Picks

3. Membuat ruang khusus untuk bekerja

3. Membuat ruang khusus bekerja
Freepik/senivpetro

Bekerja di rumah tentu akan mendapat godaan dari si Kecil yang ingin diajak bermain. Anak mungkin tidak tahu jika Mamanya sedang bekerja meski ada di rumah.

Sebagai orangtua, beri ia pengertian bahwa Mama sedang bekerja dan belum bisa bermain dengannya jika pekerjaan belum selesai.

Buatlah ruang khusus yang bisa membantu konsentrasi lebih fokus, pastikan si Kecil tidak bisa masuk ke dalam ruang itu. Minta bantuan dari orang di rumah untuk menjaga anak sementara selama Mama bekerja.

Baca juga:

Patut Dicoba! Ini 6 Tips Kerja #DiRumahAja dari BNPB

4. Jangan memikirkan pekerjaan rumah

4. Jangan memikirkan pekerjaan rumah
Freepik

Menghabiskan sepanjang hari di rumah tak jarang membuat konsentrasi terpecah karena melihat pekerjaan rumah yang belum selesai.

Jika setiap hari libur pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mencuci baju, bahkan membereskan rumah menjadi kegiatan rutin, ada baiknya jangan sertakan pekerjaan rumah dengan pekerjaan kantor ketika memiliki waktu seperti sekarang.

Fokuskan pekerjaan kantor terlebih dahulu, setelah itu semua selesai baru mulai menyicil pekerjaan rumah yang bisa diselesaikan.

5. Keluar dari media sosial sementara

5. Keluar dari media sosial sementara
Freepik

Godaan membuka media sosial ketika bekerja di rumah tentu lebih besar daripada saat bekerja di kantor. Tidak masalah jika tujuan melihat media sosial hanya sebagai selingan karena jenuh dengan pekerjaan, tetapi pastikan notifikasi dan timeline di media sosial tidak membuat lupa waktu sehingga pekerjaan kantor jadi tertunda.

6. Meminta waktu untuk tidak diganggu

6. Meminta waktu tidak diganggu
Freepik

Ketika bekerja di rumah, gangguan dari teman lama atau kolega mungkin saja terjadi. Pesan menanyakan kabar berujung ajakan pergi ke tempat ngopi tentu menjadi godaan besar.

Bukan hanya itu, pertanyaan seputar pekerjaan dari kolega kantor karena tidak bertatap muka juga bisa saja menganggu konsentrasi.

Masalah ini bisa diatasi dengan menjelaskan dan meminta waktu untuk fokus bekerja loh. Katakan pada teman atau kolega kantor untuk menghubungi lagi ketika jam istrirahat makan siang atau pada sore hari.

Dengan begitu konsentrasi bekerja dapat lebih baik selama work form home.

7. Siapkan camilan sebagai teman kerja

7. Siapkan camilan sebagai teman kerja
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Rasa bosan saat bekerja di rumah tentu tidak bisa dipungkiri. Sesekali beristirahat dan berjalan-jalan di sekitar rumah bisa menjadi cara agar rasa bosan hilang.

Selain itu, menyiapkan camilan kecil sela bekerja juga dapat mengurangi bosan. Cari camilan yang manis namun menyehatkan seperti salad buah agar suasana hati dapat lebih baik. Kamu juga bisa pilih camilan berbahan gandum yang praktis.

Usahakan jangan melewatkan jam makan siang ketika bekerja di rumah, ya! Meski hanya di rumah, telat makan bisa membuat kesehatan pencernaan terganggu.

Itu dia tips work from home yang bisa diterapkan di rumah selama aksi #DiRumahAja berlaku di Indonesia. Semoga kondisi ini dapat cepat pulih sehingga kita semua bisa beraktivitas seperti biasa. Tetap jaga kesehatan, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk