Patut Dicoba! Ini 6 Tips Kerja #DiRumahAja dari BNPB

Work from home? Yuk ikuti tips-tips ini!

26 Maret 2020

Patut Dicoba Ini 6 Tips Kerja DiRumahAja dari BNPB
Freepik/tirachardz

Adanya pandemi virus corona atau COVID-19 yang telah memakan banyak korban tentu membuat pemerintah menghimbau semua masyarakat untuk melakukan gerakan #DiRumahAja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan penerapan sistem kerja di rumah atau Work From Home (WFH). Di tengah pandemi virus corona COVID-19 ini, kegiatan sehari-hari seperti bekerja pun tentunya berubah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan beberapa tips bagi masyarakat agar tetap produktif walaupun bekerja di rumah. Simak penjelasan yang telah Popmama.com rangkum berikut ini, yuk!

1. Jaga rutinitas sehari-hari

1. Jaga rutinitas sehari-hari
demotix.com

Meski kerja dari rumah, bukan berarti membuat rutinitas hidup sehar-hari menjadi berubah drastis dan tidak diperhatikan. Agar tubuh tetap stabil dan kuat melawan berbagai virus, terapkan gaya hidup sehat untuk tetap menjaga rutinitas sehari-hari.

2. Dedikasikan area atau ruangan di rumah khusus untuk bekerja

2. Dedikasikan area atau ruangan rumah khusus bekerja

Sebagai pekerja, kamu juga bisa menyediakan area atau ruangan sendiri yang bisa kamu gunakan untuk bekerja. Selain lebih efektif, tentunya kamu bisa lebih fokus melakukan pekerjaan kantor tanpa gangguan dari orang lain yang ada di rumah.

Editors' Picks

3. Gunakan waktu luang di pagi hari atau sore hari untuk berolahraga sejenak

3. Gunakan waktu luang pagi hari atau sore hari berolahraga sejenak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga rutinitas sehari-hari bisa kamu mulai dengan melakukan olahraga sejenak. Kamu bisa melakukannya di pagi hari sebelum memulai bekerja, atau pun pada sore hari setelah bekerja. 

4. Sepakati pembagian tugas dan peran dengan anggota keluarga lain

4. Sepakati pembagian tugas peran anggota keluarga lain
30seconds.com

Jika biasanya kamu full time bekerja dari pagi hingga sore di kantor, saat WFH kamu dan anggota keluarga lainnya bisa membagi tugas dalam melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci, atau memasak. Hal ini bisa menjadi cara untuk mengisi waktu tetap produktif sekaligus membuat kondisi rumah tetap terjaga rapi/

5. Usahakan untuk meningkatkan komunikasi dengan rekan kerja

5. Usahakan meningkatkan komunikasi rekan kerja
Freepik/tirachardz

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti komunikasi dengan rekan kerja menjadi terhambat. Di zaman serba canggih ini, kita bisa memanfaatkan internet untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja di kantor. Kamu bisa melakukan grup chat atau grup video call bersama untuk berdiskusi.

6. Tetapkan waktu istirahat secara teratur

6. Tetapkan waktu istirahat secara teratur
Freepik

Selain gaya hidup yang sehat dengan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan bernutrsi, kamu juga tetap harus menjaga pola istirahat yang teratur. Hal ini agar kondisi tubuh tetap fit meski bekerja dari rumah.

Itulah tips agar tetap produktif bekerja di rumah. Selain itu semuan, hal yang paling penting adalah tetap jaga jarak, hindari keramaian, jangan keluar rumah, dan jangan panik ya! 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.