5 Cara Efektif untuk Lindungi Diri dari Cacar Monyet

Ketahui cara efektif untuk melindungi diri dari virus cacar monyet

3 Agustus 2022

5 Cara Efektif Lindungi Diri dari Cacar Monyet
freepik.com/freepik

Dalam beberapa waktu yang lalu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengkonfirmasi empat kasus baru dari penyakit cacar monyet (monkeypox) di London, Inggris.

Setidaknya, Pemerintah Inggris telah menemukan tujuh orang yang terpapar virus cacar monyet, sehingga negara tersebut semakin waspada terhadap penyebarannya.

Meski jarang terjadi, cacar monyet telah menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan menular. Penularannya pun jarang terjadi dari manusia ke manusia, melainkan dari hewan ke manusia.

Agar lebih waspada, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk perlindungan diri. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Rutin cuci tangan

1. Rutin cuci tangan
freepik.com/freepik

Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan yang efektif untuk mengatasi virus cacar monyet. Namun tidak ada salahnya untuk rutin mencuci tangan hingga bersih.

Setelah beraktivitas, jangan lupa untuk selalu cuci tangan. Sebab ada banyak bakteri dan kotoran setelah melakukan kegiatan di luar rumah. Selain itu, cuci tangan dengan memakai sabun ya.

Editors' Picks

2. Konsumsi makanan hewan yang matang

2. Konsumsi makanan hewan matang
freepik.com/mdjaff

Terkadang banyak orang yang memasak tidak begitu matang, apalagi makanan yang dimasak berasal dari hewan. Agar terhindar dari virus cacar monyet, setidaknya perlu diperhatikan tingkat kematangannya.

Dengan memperhatikan tingkat kematangannya, makanan yang berasal dari hewan bisa terhindar dari kuman maupun bakteri.

3. Gunakan alat pelindung diri saat beraktivitas di luar rumah

3. Gunakan alat pelindung diri saat beraktivitas luar rumah
unsplash.com/@kobbyfotos

Saat melakukan aktivitas yang cukup padat, siapkan alat pelindung diri secara konsisten. Salah satunya yang bisa dilakukan dengan memakai masker dan siapkan hand sanitizer.

Dan bagi petugas kesehatan, siapkan juga alat pelindung diri secara lengkap pada saat berkontak langsung dengan pasien pengidap cacar monyet.

4. Konsumsi makanan yang sehat

4. Konsumsi makanan sehat
unsplash.com/@danielcgold

Selain makanan hewan, makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan juga tak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya baik untuk tubuh, makanan sehat juga penting agar kesehatan imun terjaga.

Imunitas tubuh memiliki peran yang penting. Jika imunitas lemah, ini akan memudahkan virus dan penyakit mudah masuk ke tubuh.

5. Hindari bepergian ke daerah atau negara yang rentan virus cacar monyet

5. Hindari bepergian ke daerah atau negara rentan virus cacar monyet
unsplash.com/@vidarnm

Liburan memang menjadi kebutuhan bagi setiap orang, apalagi bila waktunya hanya diisi dengan aktivitas yang padat. Tapi, kamu perlu hindari bepergian ke daerah atau negara yang rentan terhadap virus cacar monyet.

Karena jika dipaksakan, ini sama saja menularkan virus tersebut ke tubuh. Maka dari itu, hindari bepergian atau liburan dulu ya.

Berikut cara efektif untuk melindungi diri dari virus cacar monyet. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk