5 Cara Menjaga Produktivitas Meski Bekerja Hybrid

5 cara yang harus kamu coba saat bekerja secara hybrid

24 Juni 2022

5 Cara Menjaga Produktivitas Meski Bekerja Hybrid
unsplash.com/@designecologist

Saat ini sudah banyak sistem kerja yang mulai diberlakukan oleh perusahaan. Salah satunya yang paling trend adalah sistem kerja hybrid.

Hybrid merupakan sistem kerja yang memperbolehkan karyawan untuk melakukan hal apapun, termasuk pekerjaannya secara bebas, baik itu di rumah maupun di kantor.

Sistem ini tentu tidak dibatasi oleh work from office atau work from home, melainkan work from anywhere. Perubahan sistem kerja ini tentu ada yang terbiasa dan ada beberapa orang yang sulit produktif. Mulai dari mengulur waktu salah satunya.

Tapi, bagaimana cara menjaga produktivitas meski bekerja secara hybrid? Berikut lima caranya yang Popmama.comrangkum dari IDNTimes.

1. Tentukan fokus kamu saat bekerja

1. Tentukan fokus kamu saat bekerja
unsplash.com/@christinhumephoto

Karena sistem kerjanya hybrid, ini membebaskan kamu untuk bekerja di rumah atau di luar rumah. Maka dari itu, penting untuk memilih salah satunya dan fokus di mana kamu bekerja.

Jika kamu memilih bekerja di kantor, maka pahami kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga bekerja di rumah, dan kamu harus siap dengan segala hal. Pastikan dulu mana yang kamu pilih ya!

Editors' Picks

2. Jadwalkan kegiatan harian setiap malamnya

2. Jadwalkan kegiatan harian setiap malamnya
unsplash.com/@paicooficial

Saat kamu memilih bekerja di kantor, itu merupakan pilihan yang bagus untuk produktivitas kamu. Meski tetap ada kelebihan maupun kekurangannya. Tapi, bila kamu memilih bekerja dari rumah, maka kamu perlu merencankan jadwal sedarii awal.

Hal ini tentu akan mengurangi gangguan, dan kamu bisa lebih fokus bekerja. Oleh karena itu, buatlah jadwal kegiatan harimu di malam hari, sebelum besok bekerja kembali.

3. Tentukan ruangan yang membuat kamu nyaman bekerja

3. Tentukan ruangan membuat kamu nyaman bekerja
unsplash.com/@nublson

Ruang kerja yang nyaman sangat berdampak bagi produktivitas tempat kamu bekerja. Bahkan, ruang kerja yang nyaman dapat memberi energi yang fokus untuk menyelesaikan beberapa tugas.

Maka dari itu, tentukan ruangan di mana kamu nyaman bekerja. Kalau di rumah, tentukan ruangan mana yang mau kamu pakai. Begitu juga saat bekerja ke kantor.

4. Filter beberapa rapat yang harus diikuti

4. Filter beberapa rapat harus diikuti
unsplash.com/@anniespratt

Rapat tidak pernah lepas dari dunia profesional, apalagi bila menyangkut kemajuan perusahaan. Ketika kamu bekerja di lingkungan hybrid, penting untuk mem-filter rapat, baik itu rapat yang harus kamu hadiri maupun yang dihindari.

Atur topik rapat yang masuk ke dalam jadwal kamu. Jika memang tidak penting-penting amat, jangan hadir. Ingat, komunikasikan ketidakhadiran kamu dengan atasan. Dan berikan alasan yang cukup logis.

5. Usahakan kamu mudah dihubungi

5. Usahakan kamu mudah dihubungi
Freepik

Bekerja dengan sistem hybrid memang bukan tipe pekerjaan layaknya freelance. Di pekerjaan ini, kamu juga harus tetap terhubung oleh rekan kerja dan juga atasan kamu.

Jadi, pastikan komunikasi berjalan lancar untuk saling berkordinasi dengan tim. Jika kamu nanti tidak bisa diganggu, beritahu kepada mereka dengan alasan yang logis.

Berikut lima cara menjaga produktivitas saat bekerja hybrid. Bagaimana, kamu sudah menerapkan ini belum?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk