7 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja di Rumah

Membangkitkan semangat bekerja di rumah dengan hal sederhana

11 Januari 2021

7 Tips Sederhana Meningkatkan Produktivitas Kerja Rumah
Pixabay/lukasbieri

Kurang lebih 10 bulan lamanya kita terbatas ruang gerak akibat pandemi. Banyak aktivitas yang harus dialihkan di rumah, salah satunya bekerja.

Di awal pemberlakukan WFH mungkin bekerja di rumah terasa menyenangkan. Tidak perlu lagi bangun pagi untuk bersiap-siap berangkat kerja. Tidak ada lagi bermacet-macetan di jalanan karena arus jam kerja yang padat. Tidak lagi harus bertemu dengan atasan atau rekan kerja yang kurang menyenangkan.

Tetapi setelah dilakukan selama beberapa bulan, bekerja di rumah menjadi hal yang membosankan. Aktivitas di rumah cenderung berulang. Orang yang ditemui pun menjadi terbatas sehingga tidak dapat bersosialisasi secara normal.

Hal tersebut membuat banyak orang yang merasa jenuh. Rasa jenuh itu membuatnya menjadi tidak bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan. Produktivitas bekerja menjadi sangat menurun.

Untuk mengembalikan semangat bekerja di rumah, Popmama.com punya beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

1. Biasakan untuk bangun di pagi hari

1. Biasakan bangun pagi hari
Freepik/marymarkevich

Jangan sampai kebiasaan bekerja di rumah membuat kita menjadi bermalas-malasan dan bangun menjadi lebih siang.

Jika bangun kesiangan, biasanya akan sering muncul perasaan bersalah. Menjadi terburu-buru mengerjakan pekerjaan, uring-uringan, dan mood menjadi tidak baik.

Membiasakan untuk bangun pagi akan membantu menjaga mood selama seharian. Sebab akan ada lebih banyak waktu untuk mengerjakan berbagai macam hal. Tentu ini akan membantu meningkatkan produktivitas kerja di rumah.

2. Awali hari dengan refleksi diri

2. Awali hari refleksi diri
Freepik/karlyukav

Sebelum memulai aktivitas, coba lakukan refleksi diri. Bisa berupa berafirmasi hal-hal positif, memotivasi diri sendiri, meditasi, atau bagi umat muslim bisa memulainya dengan salat dan berdoa dengan sungguh-sungguh.

Melakukan refleksi diri dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Sebab, pikiran dan hati menjadi lebih bersemangat dan tenang dalam memulai hari.

Editors' Picks

3. Lakukan olahraga sebelum memulai aktivitas

3. Lakukan olahraga sebelum memulai aktivitas
Freepik/lookstudio

Setelah berefleksi diri, lakukan olahraga sebelum memulai aktivitas. Dalam berbagai penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat membantu menjaga mood.

Olahraga membantu tubuh dalam memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk menghilangkan stress dan membuat hati menjadi lebih bahagia.

4. Berlakulah selayaknya bekerja di kantor

4. Berlakulah selayak bekerja kantor
Freepik/shurkin_son

Walaupun saat ini diharuskan bekerja di rumah, cobalah untuk berlaku selayaknya bekerja di kantor. Bangun pagi, sarapan, berpakaian rapi, dan duduk di tempat khusus yang diperuntukkan untuk bekerja. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan produktivitas kerja di rumah.

Sebab, secara psikologis, tubuh benar-benar mengondisikan diri untuk siap bekerja. Sehingga otak akan merangsang tubuh untuk lebih fokus dan semangat dalam bekerja.

5. Buat daftar prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan

5. Buat daftar prioritas pekerjaan harus diselesaikan
Freepik/pressfoto

Bantu selesaikan pekerjaan dengan membuat daftar prioritas. Hal ini akan sangat membantu memilah pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Sehingga otak tidak pusing dengan begitu banyak pekerjaan yang menanti.

Membuat skala prioritas pekerjaan sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja. Kita akan cenderung lebih fokus saat mengerjakan satu tugas. Lalu, begitu satu tugas itu sudah selesai bisa dengan mudah mengetahui hal apa lagi yang harus dikerjakan.

6. Miliki waktu santai di sela-sela kesibukan bekerja

6. Miliki waktu santai sela-sela kesibukan bekerja
Unsplash/Screen Post

Bekerja di rumah juga tetap memerlukan selingan untuk mengistirahatkan pikiran. Buat jam istirahat dan nikmati hiburan yang bisa dilakukan di rumah.

Mencari hiburan disela-sela waktu kerja sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Sebab, otak tidak akan terlalu lelah dengan setumpuk pekerjaan yang dimiliki dan mood menjadi lebih terjaga.

7. Jangan tidur terlalu malam

7. Jangan tidur terlalu malam
Freepik/teksomolika

Akibat bekerja di rumah terasa lebih santai karena tidak ada atasan yang mengawasi, seringkali membuat pekerjaan menjadi lebih lama untuk diselesaikan. Waktu kerja juga menjadi tidak pasti. Akibatnya, pekerjaan menjadi terbawa hingga malam hari.

Segera selesaikan pekerjaan di jam kerja. Perketat aturan jam kerja saat bekerja di rumah. Sehingga, saat waktu tidur tiba, kita bisa memiliki waktu tidur yang tepat.

Tidur tepat waktu sangat efektif meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Jadi, ketika bangun keesokan hari, tubuh menjadi segar dan bersemangat.

Untuk bisa meningkatkan produktivitas kerja di rumah bisa dengan melakukan beberapa hal sederhana. Hal yang sebetulnya adalah sesuatu yang sudah sering diingatkan oleh banyak orang namun kita sering mengabaikannya. Padahal, hal tersebut sangat baik untuk produktivitas kita.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.