7 Alat Fitnes yang Bisa Mendukung Program Menurunkan Berat Badan

Males olahraga karena cuaca panas? lakukan hal ini yuk!

4 September 2019

7 Alat Fitnes Bisa Mendukung Program Menurunkan Berat Badan
Freepik

Sebagian orang tidak bisa melakukan olahraga karena tidak memiliki waktu akibat sibuk dengan pekerjaan dan urusannya. Jika kamu mengalami hal serupa kamu bisa mengandalkan alat-alat fitness sebagai alat bantu untuk melakukan aktivitas fisik.

Olahraga di luar dan di dalam ruangan juga sama-sama baik untuk kesehatan tubuh. Jika kamu tidak bisa berlari di lapangan, kamu bisa berlari di dalam rumah menggunakan alat Treadmill. Adapun alat lainnya seperti Stepmill, Static bicycle, Eliptical, dan lainnya.

Menurunkan berat badan dengan menggunakan alat-alat ini juga akan membuat kalori di tubuh kamu menurun dan kamu akan mendapatkan tubuh ideal yang kamu inginkan.

Kamu mau mengetahui alat fitness apa saja yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan? Berikut Popmama.com rangkum informasinya disimak yuk!

1. Berlari menggunakan treadmill

1. Berlari menggunakan treadmill
Freepik/Wavebreakmedia_micro

Treadmill adalah alat kebugaran yang berfungsi untuk melakukan olahraga seperti berlari, dengan adanya alat ini kamu tidak perlu keluar rumah untuk berolahraga. Cukup menghidupkan dan mengatur kecepatan pada mesin, kamu sudah bisa berlari di atas alat ini.

Berolahraga menggunakan alat ini di rumah bisa kamu lakukan setiap saat, impian kamu menurunkan berat badan kini tidak lagi hanya menjadi bayangan tetapi bisa menjadi kenyataan.

Manfaat yang kamu dapat ketika melakukan olahraga dengan alat ini yaitu bisa menurunkan berat badan kamu, membentuk otot, meningkatkan fungsi otak, dan, baik untuk kesehatan jantung.

Penggunaanya yang sangat mudah membuat banyak orang lebih memilih menggunakan alat ini ketimbang lari langsung di luar ruangan. Kamu bisa membakar kalori saat belari di atas Treadmill.

Gunakan waktu 15-30 menit dalam tiga kali seminggu untuk menurunkan berat badan secara maksimal kamu perlu rutin melakukan olahraga seperti ini.

2. Menaiki tangga di dalam ruangan

2. Menaiki tangga dalam ruangan
Jaco.co.id

Selain kamu bisa menurunkan berat badan dengan Treadmill kamu juga bisa berolahraga menggunakan Stepmill. Alat ini merupakan alat olahraga yang membuat kamu berjalan dan berlari.

Terdapat perbedaan antara Stepmill & Treadmill, jika kamu berlari di atas Treadmill dengan pijakan yang datar. Pada Stepmill kamu akan berlari seperti menaiki tangga.

Jadi kamu akan menaiki tangga saat olahraga dengan alat ini, rasanya seperti kamu sedang berada di atas eskalator. Aktivitas fisik yang kamu lakukan dengan alat ini akan mempercepat proses pembakaran lemak pada tubuh.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan pola yang sehat agar kerja keras kamu untuk membentuk tubuh yang menarik bisa tercipta.

Editors' Picks

3. Mengayuh static bicycle untuk membakar kalori

3. Mengayuh static bicycle membakar kalori
Coachmag.co.uk

Kamu gemar bersepeda namun tidak memiliki waktu untuk berkeliling sepeda, sekarang ini sudah ada sepeda statis yang khusus dipakai di dalam ruangan. Menggunakan alat sepeda statis sama halnya dengan menggunakan sepeda pada umumnya.

Alat ini merupakan simulator, cara menggunakannya juga harus dihidupkan terlebih dahulu mesinnya. Manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah melakukan olahraga ini yaitu semua lemak pada tubuh akan hancur, tubuh akan menjadi ideal, dan memperkuat otot.

Aktivitas fisik dengan alat ini bisa kamu barengi dengan menikmati tayangan televisi sehingga kegiatan ini menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Jika kamu di rumah tidak memiliki alat ini dan belum bisa membelinya, kamu tetap bisa mencoba berolahraga dengan alat ini dengan pergi ke tempat fitness.

Sebaiknya kamu melakukan olahraga dengan sepeda statis setiap hari dengan durasi selama 15 menit.

4. Eliptical machine

4. Eliptical machine
Shop.truefitness.com

Memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat tubuh kamu terhindar dari serangan penyakit. Tubuh yang indah seperti perut yang rata tanpa buncit dan kencang juga bisa mendukung penampilan kamu.

Jika kamu melakukan aktivitas fisik didukung oleh alat Elliptical Trainer kamu bisa melakukan gerakan yang bisa dilakukan saat menggunakan sepeda statis dan Treadmill.

Gerakan mengayunkan kaki dan tangan mampu melatih otot di perut kamu, sehingga bisa menghancurkan lemak yang ada di perut. Selain itu bagi kamu yang ingin punya paha kecil dan kencang kamu bisa dapatkan jika kamu rutin berlatih olahraga dengan alat ini.

Berolarga dengan alat ini juga dapat mengurangi risiko cedera karena berfungsi mengurangi benturan pada persendian yang bisa menyebabkan cedera.

5. Mengangkat beban yang ada pada dumbell

5. Mengangkat beban ada dumbell
Freepik/Vgstockstudio

Melakukan olahraga dengan menggunakan Dumbell sangat cocok untuk perempuan karena bisa membakar kalori pada tangan. Adapun gerakan-gerakan Dumbell yang cocok untuk perempuan salah satunya squat thruster dan deadlift upright row.

Melakukan banyak gerakan dengan mengangkat beban Dumbell akan memberikan hasil yang maksimal pada tubuh. Alat ini memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan barbel.

Ukuran alat ini juga banyak sekali jenisnya berkisar dari 2-10 kg.

6. Melakukan gerakan sit up menggunakan bench

6. Melakukan gerakan sit up menggunakan bench
Harveynorman.com

Sit up bench adalah alat fitness yang berfungsi khusus untuk melakukan sit up, jika kamu mendambakan perut yang rata kamu bisa melakukan gerakan sit up di rumah dengan alat ini.

Alat ini berbentuk seperti papan di mana kamu bisa meletakan tubuh kamu di atas papan tersebut untuk melakukan banyak gerakan untuk melatih kekuatan otot perut dan tangan.

Jika di luar ruangan kamu sit up tanpa alas, dengan menggunakan Sit up bench ini tubuh kamu akan bersih tanpa menyentuh aspal untuk melakukan gerakan tersebut. Otot kamu juga akan kencang dan tubuh kamu berubah menjadi ramping, setelah melakukan pengulangan yang teratur dalam melakukan kegiatan fisik ini.

7. Indo row rowing machine

7. Indo row rowing machine
Menshealth.com

Kegiatan fisik terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan kamu yaitu melakukan gerakan mendayung dengan alat Indo Row Rowing Machine.

Sebagian orang berpikir bahwa gerakan ini hanya mampu melatih otot lengan dan punggung saja, meski begitu gerakan ini mampu menggerakan lebih dari 80% massa otot.

Sehingga olahraga ini bisa membakar kalori kamu dengan lebih cepat dibandingkan gerakan lainnya. Jadi tunggu apalagi kamu harus berusaha untuk berolahraga walaupun tidak bisa olahraga di luar ruangan.

Itulah alat-alat yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan olahrga, sehingga kamu bisa menyempatkan waktu untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat dan berat badan kamu sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.