8 Buah-buahan dengan Kandungan Gula yang Tinggi

Bisa dikonsumsi sebagai sumber gula alami bagi tubuh!

3 Maret 2021

8 Buah-buahan Kandungan Gula Tinggi
Pexels/Roger Brown

Tidak hanya mengandung nutrisi dan serat, beberapa buah-buahan juga ada yang memiliki kadar gula tinggi, Ma. Namun, buah yang mengandung gula tinggi tetap sehat untuk dikonsumsi. 

Hal ini karena gula yang tinggi pada buah tidak menyumbang banyak kalori dan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah pada tubuh secara tiba-tiba. Jadi, tetap aman dan baik bagi kesehatan. 

Justru buah-buahan dengan kadar gula yang tinggi ini bagus dikonsumsi sebagai sumber gula alami bagi tubuh. Dibanding gula buatan dalam bentuk sirup jagung tinggi fruktosa yang biasanya ditambahkan pada makanan atau minuman. 

Untuk mengetahui jenis buah apa saja yang mengandung tinggi gula, berikut Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. 

1. Anggur mengandung 23 gram gula

1. Anggur mengandung 23 gram gula
Pexels/Pixabay

Satu cangkir berisi buah anggur mengandung 23 gram gula di dalamnya. Jumlah ini termasuk kadar gula yang cukup tinggi. 

Meski demikian, anggur tetap baik untuk kesehatan. Hal ini karena mengonsumsi anggur kaya dengan kandungan vitamin C yang baik sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit. 

Selain itu, buah anggur dapat meningkatkan kesehatan mata, memori otak serta daya fokus, kandungan vitamin Knya juga bisa menyehatkan tulang. 

2. Di dalam apel terdapat 19 gram gula

2. dalam apel terdapat 19 gram gula
Pexels/Mareefe

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA) yang dikutip dari laman MedicalNewsToday, total karbohidrat yang terkandung dalam apel berukuran sedang, yaitu 25 gram, dan sekitar 19 gram di antaranya adalah gula. Fakta ini menunjukkan bahwa apel termasuk buah yang tinggi gula. 

Namun, apel juga kaya akan serat yang dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat setelah mengonsumsi apel. Jadi, bagus untuk program diet.

Tak hanya itu, buah apel mangandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. 

3. Secangkir terdapat 18 gram gula

3. Secangkir terdapat 18 gram gula
Pexels/Pixabay

Buah yang biasanya ditemui berwarna merah dan memiliki cita rasa manis ini termasuk mengandung banyak gula. Secangkir ceri mengandung gula sekitar 18 gram. 

Walaupun kadar gula pada ceri cukup tinggi, tetapi ceri memiliki manfaat bagi kesehatan. Terutama untuk untuk pengobatan arthritis dan pencegahan asam urat. Banyak studi menemukan bahwa ceri dapat mengembalikan kadar asam urat ke dalam jumlah yang normal.

Buah ceri juga baik untuk mendukung fungsi memori pada otak. Hal ini karena ceri mengandung flavonoid dan antosianin yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif.

Editors' Picks

4. 1 cangkir berisi irisan mangga (±165 gram) mengandung sekitar 24 gram gula

4. 1 cangkir berisi irisan mangga (±165 gram) mengandung sekitar 24 gram gula
Pexels/Messala Ciulla

Mangga dikenal sebagai buah yang manis dan lezat dikonsumsi. Oleh karenanya, mangga termasuk dalam buah dengan kadar gula yang cukup tinggi. 

Setiap 1 cangkir berisi irisan mangga (±165 gram) mengandung sekitar 24 gram gula. Namun, mangga juga diimbangi dengan nutrisi berupa serat dan vitamin lainnya sehingga tetap sehat untuk dikonsumsi. 

Mangga diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk meningkatkan fungsi penglihatan, vitamin C sebagai sumber antioksidan, serta dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan karena mengandung serat. 

5. 3 ons mengandung 8,3 gram gula

5. 3 ons mengandung 8,3 gram gula
Pexels/Rafael Caldiera

Nanas memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Sepotong nanas dengan berat sekitar 3 ons mengandung 8,3 gram gula. Sementara 1 cangkir penuh yang berisi nanas potong mengandung gula sebanyak 16,3 gram. 

Meski nanas memiliki kadar gula yang cukup tinggi, tetapi nanas mengandung vitamin C sehingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nanas juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mampu mengatasi gangguan pencernaan.

Selain itu, nanas rendah kalori. Jadi, bagus dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program diet. 

6. Satu buah pir beukuran sedang mengandung gula sekitar 17 gram

6. Satu buah pir beukuran sedang mengandung gula sekitar 17 gram
Pexels/Any Lane

Buah dengan cita rasa manis yang menyegarkan ini mengandung kadar gula tinggi. Satu buah pir beukuran sedang mengandung gula sekitar 17 gram.

Namun, pir juga dikemas dengan beragam nutrisi, seperti serat dan vitamin. Jadi, tetap aman dan menyehatkan jika dikonsumsi.  

Mengutip Healthline, kandungan nutrisi dalam buah pir dapat melawan peradangan, meningkatkan kesehatan usus dan jantung, serta melindungi diri dari penyakit tertentu.

Bahkan, bisa membantu penurunan berat badan. Pastikan untuk memakan daging buah bersamaan dengan kulitnya, karena kulit pir mengandung banyak nutrisi.  

7. Pisang mengandung 14 gram gula

7. Pisang mengandung 14 gram gula
Pexels/Dom J

Satu pisang yang berukuran sedang mengandung 14 gram gula. Hal ini menunjukkan bahwa pisang termasuk buah dengan kadar gula yang cukup tinggi.

Namun, pisang tetap baik dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Buah pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah, memetabolisme karbohidrat dan lemak sehingga mengubahnya menjadi energi, memetabolisme asam amino, menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal, serta menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B6 juga baik untuk ibu hamil karena membantu memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayinya.

Selain itu, pisang diperkaya dengan vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, dapat meningkatkan kesehatan jantung, sistem pencernaan, dan kecantikan kulit. 

8. Semangka 1 potongnya mengandung 17 gram gula

8. Semangka 1 potong mengandung 17 gram gula
Pexels/Damir Mijailovic

Setiap 1 potongnya, buah semangka mangandung 17 gram gula. Jumlah yang cukup besar tersebut membuat semangka masuk ke dalam buah dengan kadar gula tinggi.

Semangka memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah dengan cita rasa manis nan menyegarkan ini diperkaya dengan vitamin A yang dapat mendukung kesehatan penglihatan, pemeliharaan jantung, ginjal, dan paru-paru.

Selain itu, semangka mengandung vitamin C yang bagus untuk mencegah beberapa jenis kanker dan membantu memerangi gejala flu biasa. Semangka juga kaya serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itulah 8 jenis buah-buahan dengan kadar gula yang tinggi. Meski dapat bermanfaat sebagai sumber gula alami bagi tubuh, tetap perhatikan konsumsinya. Imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.