Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Tunjukkan Selera Musikmu yang Unik!

Ada fitur baru mirip tipe kepribadian MBTI lho. Simak keunikan lainnya, yuk!

2 Desember 2022

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Tunjukkan Selera Musikmu Unik
Freepik/Freepik

Menjelang akhir tahun, platform musik digital seperti Spotify menghadirkan fitur Kilas Balik untuk memanjakan pelanggannya. Kamu bisa melihat ulang perjalananmu dalam mendengarkan musik selama setahun terakhir.

Dengan Spotify Wrapped, kamu juga dapat membagikan pengalaman unik mendengarkan musik ke orang lain. Apalagi dengan penambahan fitur baru, Spotify Wrapped 2022 terasa lebih mengesankan dan menyentuh.

Spotify Wrapped menggambarkan dengan baik dirimu yang sesungguhnya lewat catatan musik.

Nah, bagi kamu yang ingin mengikuti tren ini, berikut cara membuat Spotify Wrapped 2022 yang mudah. Simak penjelasan Popmama.com, ya.

Yuk, tunjukkan selera musikmu yang unik!

1. Apa itu Spotify Wrapped 2022?

1. Apa itu Spotify Wrapped 2022
Spotify.com

Sebelum mengikuti cara membuat Spotify Wrapped 2022, apakah kamu benar-benar mengetahui fitur favorit ini?

Bagi kamu yang belum tahu, Spotify Wrapped adalah fitur andalan yang hadir setiap tahun. Biasanya, fitur ini diluncurkan menjelang penutupan tahun, yakni di bulan Desember.

Kamu akan mendapatkan notifikasi terbaru dari Spotify, berisi catatan perjalananmu mendengarkan musik selama satu tahun.

Di tahun ini, Spotify mengangkat tema bermain serta ekspresi diri. Dengan data-data musik yang kamu dengarkan selama tahunan, Spotify mencoba memahami kebiasaanmu dalam mendengarkan musik.

Kamu akan mendapatkan rangkuman tentang playlist-mu yang khas, kepribadianmu berdasarkan genre musik, sampai penyanyi favorit.

Sedikit bocoran nih, ada pesan khusus penyanyi untuk kamu yang setia mendengarkan lagu-lagunya di Spotify Wrapped 2022!

Editors' Picks

2. Uniknya Spotify Wrapped 2022

2. Unik Spotify Wrapped 2022
Youtube.com/Rock Sound

Secara umum, tampilan Spotify Wrapped 2022 lebih berwarna dibandingkan tahun lalu. Bahkan, tampilannya lebih interaktif, seolah kamu diajak bicara dengan sahabat yang paling memahami kamu dan musik kesukaanmu.

Selain tampilan, Spotify juga menambahkan fitur-fitur baru yang menarik. Fitur tersebut membuat banyak orang makin ingin membuat Spotify Wrapped 2022 lho.

Apakah kamu sudah tidak sabar menyimak cara membuat Spotify Wrapped 2022? Namun sebelumnya, coba cek fitur baru dan unik ini dulu:

  • Your Artist Messages

Sesuai dengan namanya, fitur ini berisi pesan penyanyi untuk para penggemarnya. Kamu akan mendapatkan pesan khusus dari penyanyi favorit yang lagu-lagunya sering kamu dengarkan di Spotify.

Pesannya berbentuk video. Dengan fitur pesan ini, pengguna Spotify merasakan pengalaman personal yang unik. Rasanya, seolah dikirimi pesan video oleh penyanyi kesukaan. 

  • Your Listening Personality

Memahami tren yang terjadi setahun belakangan, Spotify pun membuat fitur Kilas Balik kian menarik dengan tes kepribadian. Dibuat ala MBTI, Spotify berusaha mendefinisikan kamu berdasarkan genre dan kebiasaan mendengarkan musik.

Fitur Listening Personality memiliki empat metrik, yakni keakraban vs eksplorasi, kesamaan vs keunikan, loyalitas vs variasi, keabadian vs kebaruan.

Dengan metrik tersebut, kamu akan mendapatkan tipe kepribadian musikmu, misalnya kamu tipe Adventurer yang suka mengeksplorasi semua jenis genre musik.

  • Wrapped Hub

Agar kesan dekat dengan penyanyi favorit makin terasa, kamu akan mendapatkan merchandise lho.

Ada pengumuman event terbaru yang menarik. Bahkan, kamu bisa mengetahui podcast yang sering kamu dengarkan selama ini.

Banyak fitur baru yang sengaja dibuat untuk 'memutus' jarak antara penyanyi dan penggemarnya.

  • Audio Day

Salah satu fitur baru Spotify Wrapped 2022 ini sering dibagikan dengan media sosial. Lewat fitur Audio Day, kamu bisa tahu nih, kebiasaanmu mendengarkan musik.

Bisa jadi, kamu adalah tipe yang penuh energi di malam hari jika dilihat dari genre musik yang sering kamu dengar di waktu tersebut.

Sederhanannya, fitur ini memberikan gambaran karakteristikmu saat mendengarkan musik di pagi, siang, dan malam hari. Sekali lagi, Spotify berusaha memahami kamu sebagai individu yang unik.

3. Cara membuat Spotify Wrapped 2022

3. Cara membuat Spotify Wrapped 2022
Youtube.com/Rock Sound

Kamu sudah tidak sabar kan mengetahui kebiasaan dan kepribadianmu lewat musik? Ikuti cara membuat Spotify Wrapped 2022 berikut, ya.

  1. Buka ponsel dan langsung menuju aplikasi Spotify yang sudah ada
  2. Pastikan kamu sudah login
  3. Setelah masuk akun Spotify, biasanya muncul banner besar tentang kilas balik tahun 2022
  4. Klik banner tersebut
  5. Jika banner tidak ditemukan, klik gambar bergerak bertuliskan '2022' pada bagian 'SpotifyWrapped' di halaman utama
  6. Kamu juga bisa menggunakan fitur 'Cari' dan pilih banned 'Kilas Balikmu di 2022' yang berada di bawah kolom pencarian
  7. Klik banner dan kamu akan mendapatkan kumpulan cerita dan pengalamanmu selama mendengarkan musik satu tahun terakhir.

Mudah bukan caranya? Yuk, langsung cek Kilas Balik milik kamu!

4. Cara membagikan Spotify Wrapped 2022 ke media sosial

4. Cara membagikan Spotify Wrapped 2022 ke media sosial
Freepik/Freepik

Cara membuat Spotify Wrapped 2022 sangat mudah. Dengan satu klik, kamu bisa mengetahui pengalamanmu mendengarkan musik. Selain itu, kamu bisa membagikan kilas balik tersebut ke dunia maya.

Tak perlu khawatir, caranya pun sangat gampang. Kamu hanya perlu klik ikon 'Share' yang muncul di bagian bawah saat story Spotify Wrapped diputar. 

Kamu bisa membagikannya ke beragam platform media sosial pribadi, seperti Instagram, Twitter, Facebook, sampai LINE. Bila tidak ingin buru-buru membagikannya, kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu.

5. Cara melihat Spotify Wrapped 2022 di laptop

5. Cara melihat Spotify Wrapped 2022 laptop
Freepik/Wayhomestudio

Perlu diingat, cara membuat Spotify Wrapped 2022 hanya bisa dilakukan lewat ponsel. Namun, tak perlu cemas, kamu bisa melihat Kilas Balik melalui PC atau laptop. 

Caranya, dengan mengunjungi aplikasi Spotify di laptop. Kemudian, temukan kolom pencarian dan ketuk Spotify Wrapped 2022. Setelah itu, kamu akan menyaksikan rangkuman kebiasaanmu dalam mendengarkan musik.

Sayangnya, bentuk Kilas Balik tidak terlalu mirip bila dibandingkan dengan tampilan di ponsel. Jadi, sebaiknya gunakan ponsel untuk menikmati hasil Spotify Wrapped 2022 yang lebih memuaskan.

Itulah cara membuat Spotify Wrapped 2022. Yuk, terapkan langkah-langkahnya sekarang dan tunjukkan selera musikmu!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk