TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cerita Lagu 'Flow', Titi Radjo Padmaja Prioritaskan Tuhan dalam Hidup

Lagu 'Flow' bercerita rasa terima kasih untuk Tuhan untuk segala perasaan yang diberikan

5 Oktober 2022

Cerita Lagu 'Flow', Titi Radjo Padmaja Prioritaskan Tuhan dalam Hidup
Instagram.com/Titiradjopadmaja

Aktris dan musisi pencetak skoring film Titi Radjo Padmaja meluncurkan single terbaru berjudul 'Flow'. Lagu terbarunya ini menceritakan cinta manusia pada Tuhan dan ucapan terima kasih atas semua perasaan yang diberikan.

Serupa, namun tak sama dengan lagu perdananya 'Leave and Goodbye' yang menceritakan kekuatan dari Tuhan. Terutama untuk meninggalkan dan memaafkan kejadian-kejadian di masa lalu, kali ini Titi melantunkan proses dirinya memprioritaskan Sang Pencipta dalam hidup ini. 

'Flow' sudah bisa dinikmati di berbagai platform digital seperti, YouTube, Spotfy, dan Joox. Namun, pencinta musik harus sedikit bersabar sampai tanggal 13 Oktober 2022 untuk menikmati musik video 'Flow'.

Penasaran seperti apa fakta menarik di balik lagu 'Flow'? Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum cerita dan proses kreatif di balik lagu 'Flow' karya Titi Radjo Padmaja.

Yuk, disimak detailnya!

1. Karya paling jujur dari Titi

1. Karya paling jujur dari Titi
Popmama.com/AndreiWilmar

Menurut Titi dua karya terakhirnya adalah yang paling jujur di antara semuanya. Hal ini bisa terjadi karena dia tidak menerima banyak tuntutan dan tidak terbatas waktu pengerjaan.

"Kalau dulu bikin musik buat skoring film bisa cepat karena itu order-an orang ada deadline. Kali ini, karena ini projek pribadi aku, enggak ada deadline, enggak ada tuntutan sana-sini, jadi ini adalah karya yang paling jujur banget dari aku dan paling detail banget pengerjaannya," tutur Titi dalam acara konferensi pers perilisan lagu terbarunya, Rabu (5/10/2022). 

2. Inspirasi berkah kontemplasi di kala pandemi Covid-19

2. Inspirasi berkah kontemplasi kala pandemi Covid-19
Popmama.com/AndreiWilmar

Meskipun baru saja merilis single ini, sebenarnya karya tersebut sudah ada dua setengah tahun yang lalu. Titi mendapat inspirasi ketika pandemi Covid-19 baru saja terjadi.

Dalam acara konferensi pers, Titi mengaku merasa tertekan karena tak bisa keluar dari rumah. Waktu itu, ia pun merenung dan pada akhirnya muncul perasaan bersyukur.

Kemudian Titi menulis lagu ini sebagai bentuk terima kasih kepada Tuhan karena masih memberikannya hal-hal baik.

"Jadi aku kontemplasi, terus merasa kayak, kok gini banget ya hidup. Di saat itu, aku merasa, kok bersyukur ya, karena Tuhan masih memberi keselamatan pada aku, masih memberi berkah, petunjuk. Jadi merasa nggak ada yang bisa membantu kita di dunia ini kecuali Tuhan," pungkas perempuan 41 tahun itu. 

Editors' Picks

3. Memprioritaskan Tuhan dalam hidup

3. Memprioritaskan Tuhan dalam hidup
Popmama.com/AndreiWilmar

Titi mengaku lagu ini menceritakan tentang dirinya yang telalu menaruh harapan pada manusia.

Dia sempat lupa memprioritaskan Tuhan dalam hidup. Kemudian, Titi tersadar bahwa manusia bisa mengecewakan dirinya dan itu sangat menyakitkan. Sedangkan, Tuhan tidak akan pernah mengecewakan hambanya. 

"Aku lupa untuk menaruh Tuhan itu nomor satu. Ketika nomor satu itu manusia dan manusia itu mengecewakan aku, itu nge-drop banget, karena aku selalu merasa menggantungkan kebahagiaan aku tuh sama manusia," kata Titi

"Makanya sangat dikecewakan dan dipatahkan sama manusia. Setelah Tuhan nomor satu, ternyata Tuhan itu nggak akan mengecewakan kita. Walaupun dia memberi permasalahan, memberi cobaan, tetapi itu yang membuat aku menjadi lebih kuat. Jadi ini lagunya sebenarnya rada-rada spiritual ya," lanjutnya.  

4. Mengerjakan musik secara mandiri sambil mengurus anak

4. Mengerjakan musik secara mandiri sambil mengurus anak
Popmama.com/AndreiWilmar

Dari mencolok kabel peralatan sampai merekam suara vokal dan instrumen pun dilakukan sendiri oleh Titi.

Walau begitu, Titi mendapat sedkit bantuan proses kreatif seperti lirik dan musik dari musisi Petra Sihombing. Titi mengatakan proses pembuatan lagu 'Flow' ini sangat menantang. 

"Aku nyolok-nyolok kabel sendiri, karena nggak ada yang bisa datang ke rumah. Produce sendiri, bikin lagu sendiri, ada bantuan Petra Sihombing pada akhirnya kan, tapi basically semuanya itu sendiri dan itu susah banget. Aku nggak akan bilang susah sih, cuman challenging aja," ucap Titi. 

5. Membagi pekerjaan rumah dan musik

5. Membagi pekerjaan rumah musik
Popmama.com/AndreiWilmar

Titi mengatakan bahwa jangka waktu yang panjang dalam mengeluarkan lagu terjadi karena pergeseran prioritas dalam hidup.

Jika dulu Titi menempatkan pekerjaan di atas keluarganya. Sekarang mama dua anak ini telah mendedikasikan lebih banyak waktu untuk keluarga. 

"Karena aku mau rekaman tiba-tiba anak aku nangis, telepon bunyi harus ngurusin makanan suami aku, aku harus ngurus keluarga, harus ngurus asisten rumah tangga untuk ngurus segala macam, dan semua di rumah itu aku leadernya. Makanya susah untuk bisa bikin cepat, single-single aku ini," katanya.  

6. Titi akan segera mengeluarkan album

6. Titi akan segera mengeluarkan album
Instagram.com/Titiradjopadmaja

Setelah mengeluarkan dua lagu, Titi ternyata juga merencanakan album tahun depan. Album tersebut bahkan tidak akan hanya terjebak dalam bentuk digital, tetapi juga fisik. Walau sudah tidak populer, album fisik memiliki nilai lebih menurut Titi. 

"Bagaimana pun bentuk fisik tuh lebih ada value-nya. Aku merasa ingin punya album supaya bisa dicetak bentuk fisik, jadi bisa kasih ke teman-teman, saudara, atau semua masyarakat yang mau punya fisiknya. Rencananya tahun depan habis single ketiga, aku mau bikin album," kata penerima Piala Citra penata musik terbaik tahun 2009 itu. 

Nah, itu dia cerita dan fakta menarik di balik lagu 'Flow' karya Titi Radjo Padmaja. Kalau penasaran, jangan lupa dengarkan lagunya di berbagai platform streaming, ya. Makna lagunya sangat dalam, lho.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk