14 Manfaat Bengkuang yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai manfaat dari bengkuang selain untuk kecantikan

11 Oktober 2021

14 Manfaat Bengkuang Baik bagi Kesehatan Tubuh
amazon.com

Bengkuang merupakan salah satu buah yang sering kita temukan di produk kecantikan yang memberikan efek memutihkan wajah.

Selain untuk kecantikan, bengkuang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Mama dengan berbagai kandungannya.

Kandungan Buah bengkuang

Bagi Mama yang ingin memakan bengkuang secara rutin, Mama perlu mengetahui beberapa kandungan yang terdapat dalam bengkuang, antara lain:

  • Serat sebanyak 5 gram
  • Kalsium sebanyak 19 mg
  • Vitamin C sebanyak 17 mg

Untuk hitungan secangkir bengkoang yang memiliki berat sekitar 136 gram, terdapat kandungan 158 kalori. 

Manfaat Buah bengkuang

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan nutrisi yang disediakan oleh buah bengkuang, berikut ini Popmama.com ulas beberapa manfaat dari buah bengkuang:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Manfaat bengkuang yang penting bagi kesehatan tubuh yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat larut dalam jumlah besar yang mampu menurunkan kadar kolesterol dengan adanya pencegahan empedu yang terserap ke usus dan mencegah hati memproduksi lebih banyak kolesterol.

Kandungan kalium dalam bengkuang juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga pembuluh darah dapat melemas. Alhasil kalium dapat melakukan perlindungan pada tubuh Mama dari penyakit jantung dan stroke.

2, Meningkatkan fungsi otak

2, Meningkatkan fungsi otak
Unsplash/Ben White

Buah bengkuang memiliki manfaat terhadap peningkatan fungsi otak dengan meningkatkan daya ingat seseorang, agar tidak mudah melupakan suatu hal.

Sebab bengkuang memiliki kandungan senyawa diosgenin yang berperan untuk meningkatkan pertumbuhan neuron, serta meningkatkan fungsi otak.

4. Mengontrol gula darah

4. Mengontrol gula darah
Pixabay/stevepb

Jika Mama memakan bengkuang, Mama tidak perlu khawatir akan kenaikan gula darah pada tubuh Mama, sebab bengkuang memiliki kandungan glukosa yang rendah.

Serat yang berada dalam bengkuang juga dapat memberikan manfaat untuk menjaga kestabilan gula darah.

5. Menjaga kesehatan kulit

5. Menjaga kesehatan kulit
Unsplash/Caroline Hernandez

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bengkuang sangat identik dengan memberikan manfaat lebih pada kulit Mama. Sebab bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu Mama dalam mengurangi tanda-tanda penuaan, serta mencegah terjadinya kulit kering.

Editors' Picks

6. Menurunkan risiko kanker

6. Menurunkan risiko kanker
Freepik/jcomp
Bagaimana cara ASI diproduksi?

Radikal bebas sangat membahayakan bagi tubuh, karena dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti kanker.

Bengkuang memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh Mama dari radikal bebas.

7. Mengatasi masalah peradangan

7. Mengatasi masalah peradangan
idntimes.com

Salah satu manfaat dari bengkuang yaitu mengatasi masalah peradangan dengan sifat antioksidan yang berasal dari saponin.

Peradangan kronis dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

8. Membantu mencerahkan wajah

8. Membantu mencerahkan wajah
Pexels/Andrea Piacquadio

Manfaat bengkuang untuk mencerahkan wajah telah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat.

Bagi Mama atau ibu hamil yang memiliki wajah kusam, bisa mencoba masker wajah yang terbuat dari bengkuang, karena masker bengkuang dinilai ampuh untuk memutihkan dan mencerahkan wajah.

9. Menjaga daya tahan tubuh

9. Menjaga daya tahan tubuh
Freepik/pressfoto

Di awal masa kehamilan, ibu hamil pasti merasa tubuhnya lemas dan seringkali kelelahan yang disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh.

Bengkuang kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berperan untuk menjaga sistem kekebalan dan pertahanan daya tahan tubuh kamu.

10. Sirkulasi darah lancar

10. Sirkulasi darah lancar
https://jovee.id/

Manfaat bengkuang lainnya yaitu membantu kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh Mama. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi dan tembaga yang membantu Mama dalam menjaga kelancaran sistem peredaran darah.

11. Mencegah terjadinya dehidrasi

11. Mencegah terjadi dehidrasi
pertanianku.com

Bengkuang memiliki kandungan air sebanyak 85%. Dengan begitu, jika Mama mengonsumsi bengkuang, maka akan mencukupi kebutuhan cairan dan Mama akan tercegah dari dehidrasi, serta membuat perut Mama terasa kenyang.

12. Meredakan gejala menopause

12. Meredakan gejala menopause
Freepik/Dragana_Gordic

Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa wanita pascamenopause mengonsumsi bengkuang sebanyak 390 gram sehari yang meningkatkan kadar estrone sebanyak 26 persen dan kadar estradiol 27 persen. Adanya peningkatan keduanya membuat gejala menopause terasa lebih ringan.

13. Melancarkan pencernaan

13. Melancarkan pencernaan
Pixabay/mohamed_hassan

Kandungan serat dalam bengkuang dapat membuat feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah bergerak keluar saat sedang buang air besar.

Selain itu, kandungan inulin pada bengkuang dapat meningkatkan frekuensi BAB menjadi 31%, sehingga kamu bisa terhindar dari sembelit.

14. Membuat gigi lebih sehat

14. Membuat gigi lebih sehat
Pexels/Dalila Darpat

Manfaat bengkuang yang terakhir yaitu membantu gigi kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah pada gigi. Manfaat yang satu ini dihasilkan dari kandungan fosfor dan kalium dalam bengkuang, sehingga gigi dapat terjaga sehat.

Sekian ulasan mengenai bengkuang yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dengan menjauhkan dari penyakit kronis dan melancarkan pencernaan, serta memberikan perawatan pada kulit dan wajah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.