9 Manfaat Kandungan Bengkuang untuk Lambung dan Bagian Tubuh Lainnya

Berbagai manfaat dari bengkuang untuk tubuh

27 September 2021

9 Manfaat Kandungan Bengkuang Lambung Bagian Tubuh Lainnya
pertanianku.com

Selain rasa daging yang manis dan renyah untuk dikonsumsi, jicama atau bengkuang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, terutama untuk lambung Kamu. Bengkuang memberikan efek pencegahan pada permasalahan lambung, terutama jika Kamu penderita asam lambung.

Manfaat dari bengkuang untuk lambung dikarenakan adanya kandungan yang berguna untuk menjaga kesehatan. Bengkuang juga kaya akan kandungan air, jika Kamu rutin memakan bengkuang, maka Kamu akan terhindar dari dehidrasi.

Kandungan nutrisi dalam bengkuang

Kandungan nutrisi dalam bengkuang
amazon.com

Kandungan nutrisi dalam bengkuang dapat membantu Kamu dalam menjaga kesehatan tubuh. Setiap secangkir bengkuang dengan berat 130 gram, terdapat beberapa kandungan dibawah ini, antara lain:

  • 49 kalori
  • 12 gram karbohidrat

  • 1 gram protein

  • 0,1 gram lemak

  • 6,4 gram serat

  • 44% vitamin C*

  • 4% folat*

  • 4% magnesium*

  • 6% kalium*

  • 4% pangan*

Nilai asupan harian yang dianjurkan

Selain itu, terdapat tambahan kandungan lainnya dari bengkuang, seperti zinc, fosfor, tembaga, vitamin B6, riboflavin, kalsium, dan asam pantotenat. Bengkuang juga rendah kalori dan kaya akan air, jadi Kamu bisa tambahkan ke dalam menu diet harian.

Manfaat kandungan bengkuang untuk asam lambung

Manfaat kandungan bengkuang asam lambung
Freepik

Manfaat bengkuang yang ditujukan secara spesifik untuk mengurangi atau mencegah asam lambung hingga saat ini belum ada penelitian secara khusus dilakukan untuk menjelaskan tentang hal tersebut.

Tetapi, sejumlah nutrisi yang terdapat dalam bengkuang yang telah dijelaskan sebelumnya, mampu memberikan manfaat yang baik bagi pencernaan Kamu, termasuk mengatasi asam lambung.

Berikut ini Popmama.com ulas beberapa kandungan nutrisi yang dapat mengatasi asam lambung, antara lain:

1. Kandungan serat

1. Kandungan serat
https://pixabay.com/

Selama ini, makanan yang kaya akan serat, dikaitkan dapat memberikan manfaat pada penurunan risiko asam lambung. Seperti yang kita ketahui bahwa bengkuang mengandung serat sebanyak 6,4 gram setiap 130 gram bengkuang.

2. Rendah lemak

2. Rendah lemak

Makanan yang mengandung banyak lemak, bisa menjadi pemicu terjadinya asam lambung. Bengkuang merupakan makanan yang rendah lemak, diketahui lemak dalam bengkuang hanya sekitar 0,1 gram lemak.

Editors' Picks

3. Kandungan magnesium

3. Kandungan magnesium
bukalapak.com

Bagi penderita asam lambung, pasti Kamu tidak asing lagi dengan kandungan magnesium. Sebab kandungan ini sering ditemukan pada obat yang digunakan untuk mengurangi asam lambung.

Magnesium merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada bengkuang. Jadi kemungkinan bengkuang memiliki manfaat untuk mengurangi asam lambung juga.

4. Vitamin C

4. Vitamin C
idntimes.com

Salah satu kandungan nutrisi yang dapat mengurangi gejala asam lambung yaitu kandungan vitamin C. Selain itu, vitamin C juga dapat mengurangi terjadinya GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang kemungkinan dapat membantu mengurangi gejala asam lambung dan GERD. 

Manfaat bengkuang terhadap asam lambung belum memiliki penelitian secara spesifik. Jika Kamu ragu mengonsumsi bengkuang untuk mengurangi gejala asam lambung, Kamu bisa coba beberapa makanan dibawah ini yang telah terbukti mengurangi asam lambung, antara lain:

  • Salmon dan kacang-kacang, karena makanan tinggi protein tetapi rendah kolesterol
  • Sayur-sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, bayam, kangkung

  • Sayur-sayuran atau buah-buahan yang mengandung karbohidrat tertentu

  • Pisang, melon, apel, pir sebagai makanan yang tinggi serat, kalium, magnesium

5. Antioksidan

5. Antioksidan
pixabay.com

Bengkuang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat memberikan manfaat seperti mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh kamu. Antioksidan akan menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif agar dapat menghindari kerusakan sel.

6. Mengurangi risiko kanker

6. Mengurangi risiko kanker
https://www.chilibeli.com

Makanan yang mengandung serat tinggi memiliki kemungkinan untuk melindungi tubuh dari terjadinya risiko kanker usus besar. Seperti yang telah disebutkan bahwa bengkuang mengandung serat, serta menjadi sumber serat makanan yang baik.

7. Menurunkan berat badan

7. Menurunkan berat badan
Unsplash/i yunmai

Bengkuang merupakan makanan yang padat akan kandungan nutrisinya, selain itu bengkuang juga memiliki kandungan kalori yang cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu manfaat bengkuang yaitu sebagai penurun berat badan dengan memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

8. Meningkatkan kesehatan jantung
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa asupan serat mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL secara signifikan. Bengkuang mengandung serat makanan larut yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah empedu terserap kembali ke usus dan mencegah peningkatan kolesterol yang dihasilkan oleh hati.

9. Baik untuk penderita diabetes

9. Baik penderita diabetes
pixabay/stevepb

Bengkuang memiliki kandungan glikemik yang cenderung rendah, sehingga penderita diabetes dapat mengonsumsi bengkuang dengan aman, karena bengkuang tidak akan memicu peningkatan kadar gula darah.

Itulah ulasan mengenai manfaat bengkuang untuk lambung terutama pada asam lambung dan bagian tubuh lainnya yang membantu dalam menghindari berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh. Bagaimana menurut kamu mengenai manfaat bengkuang untuk lambung dan bagian tubuh lainnya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.