Minum Kopi Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Asal konsumsinya jangan berlebihan dan penggunaan gula sesuai takaran

18 September 2021

Minum Kopi Bisa Menjaga Kesehatan Jantung
Pexels.com

Selama ini banyak yang percaya mengkonsumsi kopi dan kafein terlalu sering dapat berdampak buruk bagi kesehatan terutama bagi kesehatan jantung oleh masyarakat umum.

Akan tetapi, dalam studi baru yang belum lama ini disampaikan dalam sebuah pertemuan tahunan European Society of Cardiology, mengungkapkan bahwa dengan minum kopi dapat melindungi dari risiko penyakit jantung.

Meskipun begitu, tetap ada takaran yang dianjurkan. Nah Ma, kira-kira berapakah takaran yang tepat untuk minum kopi dalam satu hari agar tetap optimal dan bisa menjaga kesehatan jantung ya? Berikut Popmama.comrangkum penjelasannya dari berbagai sumber.

1. Kopi dapat melindungi dari risiko penyakit jantung

1. Kopi dapat melindungi dari risiko penyakit jantung
Pexels/kpaukshtite

Konsumsi kopi nyatanya justru baik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi orang-orang tanpa riwayat penyakit jantung, minum kopi secara teratur sesuai dengan takaran optimal per hari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Seperti yang dilansir dari CNN, Rabu (1/9/2021), para peneliti mengamati perilaku minum kopi pada lebih dari 468.000 orang yang berpartisipasi dalam UK Biobank Study.

Temuan dari studi ini menambahkan manfaat minum kopi lainnya bagi kesehatan dapat mencegah berbagai penyakit, seperti, diabetes mellitus tipe 2, penyakit parkinson, penyakit hati, kanker prostat, alzhaeimer, sakit punggung dan lain sebagainya.

2. Jumlah optimal takaran kopi per hari

2. Jumlah optimal takaran kopi per hari
Pexels/Andrea Piacquadio

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal akses terbuka PLOS Biology edisi 21 Juni 2018, oleh Joachim Altschmied dan Judith Haendeler, mengungkapkan dalam satu hari takaran optimal konsumsi kopi adalah 4 cangkir.

Dua ahli biologi asal University of Dusseldorf itu menyebutkan minum kopi dalam jumlah optimal dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Editors' Picks

3. Bisa untuk membakar lemak

3. Bisa membakar lemak
Pexels/Dominika Roseclay

Selain itu, kopi juga mengandung manfaat postitif lainnya bagi tubuh. Salah satunya, membakar lemak dan membantu program diet.

Kandungan kafein pada kopi dapat membantu membakar lemak di tubuh. Penelitian menunjukkan, minum asupan berkafein dapat meningkatkan laju metabolisme yang berperan dalam membakar lemak sebanyak 3-11 persen. Kafein merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar segera memecah lemak di tubuh.

4. Efek samping berlebihan konsumsi kopi

4. Efek samping berlebihan konsumsi kopi
Freepik/Valeria_askakova

Dalam mengkonsumsi kopi pun ada sejumlah efek buruk jika dikonsumsi berlebih atau diminum oleh orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Jika kamu terbiasa untuk minum kopi setiap hari dan lebih dari takaran yang dianjurkan akan berbahaya dan mengancam kesehatan lambung, meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan kondisi tertentu, hingga aktivitas harian terganggu (sulit tidur).

5. Risiko lainnya jika dikonsumsi pada ibu hamil

5. Risiko lain jika dikonsumsi ibu hamil
Freepik/jannoon028

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2017, minum kopi lebih dari empat cangkir sehari selama kehamilan, dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur hingga kematian bayi baru lahir.

Sekalipun banyak manfaatnya, kamu harus tetap sadar bahwa mengkonsumsi kopi berlebihan akan tidak baik bagi kesehatan.

Mama, tetap perlu berhati-hati dan tidak disarankan minum kopi untuk anak-anak, remaja dan orang dengan riwayat kondisi penyakit tertentu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.