TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ingin Turun Berat Badan? 5 Jenis Teh Ini Bisa Bantu Mama

Sudahkah Mama minum teh hari ini?

8 Agustus 2018

Ingin Turun Berat Badan 5 Jenis Teh Ini Bisa Bantu Mama
Pexels/Alexandria Baldridge

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang kini tengah naik daun. Selain rasanya enak, siapa sangka teh juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa contoh penyakit yang risikonya bisa diturunkan dengan minum teh di antaranya stroke, arthritis, kerusakan gigi dan bahkan kanker. Namun demikian, teh juga disebut-sebut bisa membantu proses penurunan berat badan.

Para peneliti meyakini bahwa teh tertentu memiliki komponen unik yang dapat membantu proses pembakaran lemak. Berikut informasinya, Ma:

1. Teh bunga lawang

1. Teh bunga lawang
Pexels/Pixabay

Bunga lawang atau pekak merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang populer di kawasan asia. Rasanya mirip seperti adas manis. Selain cita rasanya yang enak, bunga lawang juga dikenal mampu menyehatkan sistem pencernaan. Bunga lawang juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit tenggorokan, nyeri haid, nyeri lambung, insomnia serta sembelit.

Salah satu manfaat lain dari bunga lawang yang diseduh menjadi teh yakni membantu penurunan berat badan secara alami. Caranya, seduh bunga lawang secukupnya dalam air panas selama 10 menit. Saring airnya dan Mama bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manisnya.

Editors' Picks

2. Teh peppermint

2. Teh peppermint
Pexels/Pixabay

Teh peppermint memiliki kemampuan untuk menyehatkan organ pencernaan dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Mengonsumsi teh peppermint juga dapat membantu Mama mengontrol nafsu makan agar tak berlebih. Gunakan daun peppermint alami agar manfaatnya lebih besar.

Untuk membuat teh peppermint, siapkan daun teh secukupnya, seduh di air panas selama sekitar 5 menit. Saring dan tambahkan sedikit madu. Selain diminum di air panas, teh peppermint juga bisa Mama nikmati dalam kondisi dingin.

3. Teh hijau

3. Teh hijau
Pexels/Pixabay

Siapa yang tak kenal dengan teh hijau alias green tea? Jenis teh yang saat ini juga populer ini dikenal manfaatnya untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Beberapa peneliti mengungkapkan kandungan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang dimiliki oleh teh hijau menjadi kuncinya.

Diyakini bahwa kandungan EGCG ini membantu tubuh membakar ekstra 70 kalori per harinya.

Selain itu, teh hijau juga dikenal dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Jenis antioksidan katekin yang dimilikinya mampu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih banyak.

Baca juga: Alasan Membatasi Minum Teh Hijau di Awal Kehamilan

Baca juga: Pedoman Minum Teh Hijau Secara Rutin dan Manfaatnya bagi Tubuh

4. Teh mawar

4. Teh mawar
Pexels/Pixabay

Cita rasa teh mawar yang unik rupanya juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membantu membuang racun dan menyehatkan kulit, teh mawar juga kaya akan kandungan vitamin. Di antaranya yakni vitamin A, vitamin B3, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Oleh karena itu, teh mawar juga mampu mencegah infeksi.

Salah satu manfaat sehat dari teh mawar adalah kemampuannya menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan begitu, Mama pun akan terhindari dari konstipasi. Sistem pencernaan yang sehat juga berarti membantu proses penurunan berat badan menjadi lebih baik.

5. Teh oolong

5. Teh oolong
Pexels/freestocks.org

Teh oolong memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan teh hijau. Selain membantu proses pembakaran lemak, teh oolong juga dikenal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi kadar lemak berlebih di tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Mama direkomendasikan untuk meminum teh oolong dua cangkir per hari. Seduh teh oolong sekitar lima menit, kemudian bisa ditambahkan sedikit madu ya.

Selain minum teh-teh tersebut, untuk membantu menurunkan berat badan Mama juga dianjurkan untuk banyak minum air putih. Mencukupi kebutuhan cairan dari air putih membantu melancarkan proses metabolisme dan mencegah Mama merasa lapar berlebihan. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga: DIY: 12 Resep Teh Herbal Untuk Menurunkan Berat Badan

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk