DIY: 12 Resep Teh Herbal Untuk Menurunkan Berat Badan

Walau susah mengatur menu makan, nggak masalah kok. Kamu tetap bisa diet dengan cara ini

25 Januari 2018

DIY 12 Resep Teh Herbal Menurunkan Berat Badan
Freepik/zirconicusso

Ini dia, teh herbal yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Kali ini Popmama.com akan membagikan resep DIY teh herbal yang bisa dibuat di rumah. Caranya gampang banget.

Berikut adalah beberapa resep teh herbal DIY untuk diet yang cepat dan mudah.

1. Teh herbal daun banaba

Siapkan teko, taruh satu sendok teh daun banaba. Biasanya orang jual berupa bubuk dalam kemasan plastik atau bubuk banaba dalam bentuk kapsul.

Untuk membuat teh herbal, airnya harus mendidih dan bubuknya harus dibiarkan meresap selama 10 menit. Teh yang bagus untuk diminum berdua bersama pasangan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah agar tetap pada batas normal.

2. Teh herbal dandelion 

2. Teh herbal dandelion 
momjunction.com

Untuk membuatnya, yang dibutuhkan adalah akar dandelion kering. Siapkan sekitar 1 sendok teh untuk setiap cangkir. Masukkan air mendidih, diamkan selama 10 menit. Setelah menyaringnya, kamu bisa meminumnya pada suhu hangat yang agak panas. Untuk meningkatkan efek pelangsing, dandelion bisa dikombinasikan dengan bunga elder dan daun mint.

3. Teh tradisional yerba mate

Yang kamu butuhkan hanyalah satu sendok teh kering. Sekarang teh kemasan ini mudah didapat, sehingga kamu bisa menemukannya di dalam sachets yang sudah siap pakai. 

Biarkan teh yerba mate terendam dalam air panas sampai meresap selama lima menit dan kemudian siap untuk diminum. Ini adalah infuse water yang merangsang kamu untuk tetap terjaga, jadi jangan meminumnya kalau kamu tidak bisa atau sulit tidur di malam hari. Kamu masih bisa pilih teh herbal lain untuk menurunkan berat badan.

4. Teh jahe dan lemon untuk menurunkan berat badan

4. Teh jahe lemon menurunkan berat badan
lifeisbetterwithtea.com

Untuk menyiapkan teh jahe dan lemon, kamu memerlukan enam irisan jahe segar, setengah sari lemon dan air. Bawalah air mendidih.

Tuangkan air panas pada teko kecil untuk menyeduh teh tadi dan tambahkan jahe lalu sari lemon. Setelah 10 menit saring dan tuang ke dalam cangkir. Setelah mencapai suhu yang cukup hangat, minumlah teh herbal pelangsing jahe dan lemon. Ideal untuk dikonsumsi sebelum sarapan pagi.

5. Birch herbal tea

5. Birch herbal tea
dribbble.com

Birch herbal tea juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan lain. Kamu harus menambahkan 10 gram daun birch yang sudah dicincang dan memasukkannya ke dalam infuse water selama sekitar 10 menit dalam air mendidih.

Editors' Picks

6. Teh herbal untuk menurunkan berat badan dari fucus

Di antara teh pelangsing paling efektif, kita juga menemukan fucus tea. Kamu membutuhkan fucus kering untuk dimasukkan ke dalam air mendidih. Teh herbal ini kadang bisa ditemukan di tukang jamu.

Ideal untuk mengurangi rasa lapar. Tepat minum teh tradisional ini kalau kamu lagi usaha untuk melangsingkan badan dengan cara efektif, fucus bisa dikombinasikan dengan biji adas.

7. Teh hijau

7. Teh hijau
global.wustl.edu

Kamu bisa menggunakan sachets klasik atau daun yang sudah dikeringkan dan dikemas dalam kotak. Untuk setiap 250 gram air hangat, 3 atau 4 gram teh hijau sudah cukup. Kamu harus menuangkannya saat suhu air mencapai 70-80 derajat C. Infuse water biasanya berlangsung 3 menit.

8. Teh herbal pelangsing berbasis teh hijau dan jahe segar

Masukkan sekitar 250 ml air untuk didihkan dalam panci. Saat mendidih, tambahkan 2-3 irisan jahe segar dan rebus selama 2-3 menit lagi. Matikan api, tambahkan kantong teh hijau, tutup dengan tutup dan biarkan seduh selama 5 menit lagi.

Setelah warnanya menguat, saring dan sajikan. Dianjurkan untuk mengonsumsi teh herbal saat puasa atau antar waktu makan, 2-3 gelas sehari tidak masalah. Kamu bisa menambahkan sedikit perasan sari lemon untuk meningkatkan rasa dan juga untuk meningkatkan kemampaun teh sebagai pelangsing.

9. Pelangsing teh herbal dengan elderberry dan orange blossom

9. Pelangsing teh herbal elderberry orange blossom
organicfacts.net

Pertama-tama siapkan campuran ramuan herbal. Kamu membutuhkan 50 gram elderberry, 30 gram bunga oranye dan 20 gram daun linden. Untuk setiap cangkir air mendidih, tuangkan satu sendok teh campuran ini. Biarkan selama 5 menit di infuse water, saring dan minumlah tanpa gula.

Agar sedikit lebih manis dan kamu lebih menyukai minum teh herbal ini, kamu bisa memasukkan satu sendok teh madu. Jangan sampai lebih dari satu sendok ya.

10. Teh campuran fucus dan birch

Beli di toko jamu bahan-bahan yang kamu butuhkan. Masukkan air 250 ml air dalam panci dan saat mulai mendidih tambahkan satu sendok makan campuran herbal. Teh campuran terdiri dari campurkan 30 gram fucus kering, 30 gram daun teh hijau dan 40 gram daun birch. Matikan setelah air mendidih, tutup dan biarkan meresap selama 10 menit. Saring dan teh herbal pelangsing ini siap diminum.

11. Teh herbal untuk menurunkan berat badan secara efektif dengan matè, licorice dan guarana

Ini juga biasanya bisa di beli di toko jamu. Teh herbal adalah campuran dari 30 gram daun yerba mate, 20 gram biji guarana, 15 gram akar licorice, 15 gram kulit jeruk dan 20 gram teh hijau.

Masukkan air 250 ml air, panaskan dan saat mulai panas tambahkan satu sendok makan campuran herbal tadi. Matikan setelah mendidih, tutup dan biarkan meresap selama 10 menit. Saring dan minum 2 kali sehari.

12. Teh herbal DIY dengan maté dan bunga kembang sepatu 

12. Teh herbal DIY maté bunga kembang sepatu 
dailysabah.com

Beli bahan di toko jamu. Campurkan 40 gram yerba mate, 30 gram Hibiscus sabdariffa (bunga kembang sepatu), 15 gram biji guarana dan 15 gram bunga chamomile.

Campur semuanya dan gunakan satu sendok makan campuran herbal untuk secangkir air mendidih, sekitar 250 ml. Biarkan infuse water selama sekitar 10 menit, saring dan minum 2 gelas sehari jauh dari makanan.

Itulah DIY teh herbal pelangsing untuk mensukseskan diet sehat kamu di rumah. Lakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal. Pantau juga nafsu makan kamu, agar seimbang usaha menurunkan berat badan yang kamu lakukan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.