15 Rekomendasi Rumah Sakit Mata di Indonesia

Kalau sakit mata, datangilah ke rumah sakit mata

25 Februari 2021

15 Rekomendasi Rumah Sakit Mata Indonesia
unsplash/ Sasin Tipchai

Penyakit mata yang banyak terjadi di masyarakat yakni mata minus (miopi) dan silinder. Gangguan mata ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya gaya hidup dan genetik.

Jika sudah demikian, kacamata atau kontak lensa menjadi andalan sebagai alat bantu penglihatan. Namun bagi sebagian orang, menggunakan kacamata dianggap akan mengganggu penampilan sedangkan menggunakan kontak lensa rasa-rasanya bakal lebih ribet.

Dengan demikian beberapa orang memilih untuk melakukan lasik sebagai alternatif untuk menghilangkan masalah mata tersebut.

Nah, kalau Mama sedang mencari rumah sakit mata yang terpercaya untuk mengatasi mata Mama dan keluarga, Popmama.com punya rekomendasinya.

Berikut 15 rekomendasi rumah sakit mata di Indonesia.  

1. Rumah sakit mata AINI

1. Rumah sakit mata AINI
pixabay/Sasin Tipchai

Rumah sakit mata AINI mulai dibangun tahun 1977 dan resmi beroperasi 10 Mei 1980. Lebih dari 30 tahun beroperasi, rumah sakit ini tentunya telah dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan modern serta memiliki tenaga dokter spesialis/subspesialis mata ternama di Indonesia.

2. Rumah sakit mata Achmad Wardi BWI-DD

2. Rumah sakit mata Achmad Wardi BWI-DD
unsplash/ Adhy Savala

Untuk meningkatkan kesehatan mata bagi warga serang, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) mendirikan rumah sakit khusus mata.

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit khusus mata pertama yang ada di kota Serang.

3. Rumah sakit mata Bali Mandara

3. Rumah sakit mata Bali Mandara
pixabay/StockSnap

Awalnya, rumah sakit ini berdiri untuk mengenang bom bali tahun 2002. 

Berdirinya rumah sakit ini juga bekerja sama dengan the John Fawcett Foundation dan Indonesia lengan, Yayasan Kemanusiaan Indonesia.

4. Candi Eye Center

4. Candi Eye Center
unsplash/ Ani Kolleshi

Rumah sakit khusus mata ini ternyata masih satu group dengan Jakarta Eye Center (JEC). Sehingga Mama yang berdomisili di Semarang, tidak perlu meragukan lagi dengan ahli medis maupun fasilitas yang ada di Candi Eye Center, Semarang.

5. Rumah Sakit Cicendo

5. Rumah Sakit Cicendo
unsplash/ Silas Camargo Silão

Rumah sakit ini berada di kawasan Bandung. Kabar baiknya, jika Mama sibuk hingga tak sempat daftar langsung, rumah sakit ini melayani registrasi online selama 24 jam.

6. Ciputra SMG Eye Clinic

6. Ciputra SMG Eye Clinic
unsplash/ Luis Melendez

Rumah sakit ini merupakan join venture antara Healthcare dengan Singapore Medical Group (SMG). Mama yang ingin lasik bisa menocoba di rumah sakit ini. Mengapa? Karena metode lasik di sini telah menggunakan metode modern dari Jerman dan pertama kali di Jakarta.

Editors' Picks

7. Jakarta eye center (JEC)

7. Jakarta eye center (JEC)
pixabay/Darko Stojanovic

Rumah sakit ini telah berdiri sejak 1984. Tidak hanya rumah sakit, JEC juga telah memiliki 7 klinik yang tersebar di Indonesia seperti di Cibubur, Cinere, Tambora, Bekasi, Semarang, Purwokerto, dan Surabaya. Dan pada tahun 2010, JEC masuk menjadi anggota resmi World Association of Eye Hospitals (WAEH). 

8. Klinik mata nusantara (KMN) eye care

8. Klinik mata nusantara (KMN) eye care
unsplash/ Darko Stojanovic

Jika Mama mengalami masalah retina, rumah sakit ini bisa menjadi pilihannya. Mama selaku pasien tidak perlu meragukan dengan kemampuan para dokter ahli retina di rumah sakit ini.

Semua dokter bedah retina di rumah sakit ini sebelum berpraktik di sini wajib menjalani program fellowship di luar negeri selama minimal 1 tahun.

9. RSK Mata Makasar

9. RSK Mata Makasar
unsplash/ ABRAHAM POPOCATL

Ini merupakan rumah sakit mata di Makasar. Hanya saja mulai bulan Juli 2019 kemarin rumah sakit ini tidak melayani pasien dengan BPJS.

10. Rumah sakit mata masyarakat (RSMM)

10. Rumah sakit mata masyarakat (RSMM)
unsplash/NeONBRAND

Rumah sakit mata milik pemprov Jawa Timur ini telah diresmikan oleh gubernur Soekarwo tanggal 25 Oktober 2014. Rumah sakit ini kini telah menyiapkan tujuh layanan rawat jalan mata, rawat UGD, rawat inap, rawat bedah, poli mata khusus anak, unit diagnostik canggih dan unit Opthalmologi Komunitas (Opcom).

11. SMEC Jakarta

11. SMEC Jakarta
unsplash/Martha Dominguez de Go

Rumah sakit mata selanjutnya SMEC Jakarta. Rumah sakit ini berada di kawasan Jakarta Timur yang merupakan cabang ke-6 setelah sebelumnya hampir 12 tahun SMEC buka di Medan sebagai pusatnya.

12. Singkawang eye center

12. Singkawang eye center
unsplash/ Martha Dominguez de Go

Singkawang eye center mempunyai alat operasi katarak yang canggih dengan menggunakan phacoemulsifikasi. Salah satu keunggulan alat ini yakni, apabila Mama ingin melakukan operasi katarak tidak perlu rawat inap.

13. Rumah sakit mata Solo

13. Rumah sakit mata Solo
unsplash/Chang Duong

Untuk Mama yang berdomilisi di Solo dan mengalami masalah mata, Mama bisa mengunjungi rumah sakit ini. Rumah sakit ini terletak di Jl. Adi Sucipto no. 169, Solo.

14. Rumah sakit Undaan

14. Rumah sakit Undaan
unsplash/Hike Shaw

Pada tahun 2019 rumah sakit ini melayani seluruh keluhan mata masyarakat di gedung 6 lantai yang berdiri megah di atas tanah seluas 10.000 m2.

Tidak hanya tempatnya yang makin nyaman namun fasilitasnya pun semakin lengkap.

15. Rumah sakit mata Dr. Yap Yogyakarta

15. Rumah sakit mata Dr. Yap Yogyakarta
pixabay/asin Tipchai

Rumah Sakit mata Dr. Yap hadir dengan layanan mata terpadu seperti jogja lasik center, bedah katarak Cold Phacoemulsification dengan implantasi lensa premium, glaukoma, vitreoretina, okuloplasti, onkologi mata, neuro oftalmologi, oftalmologi anak, dan strabismus.

Nah, itu tadi 15  rumah sakit spesialis mata rekomendasi Popmama.com. Namun, alangkah baiknya Mama bisa mencegahnya sedini mungkin agar tidak terjadi masalah pada mata. 

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A pun sangat dianjurkan agar kesehatan mata Mama tetap terjaga.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.