6 Makanan yang Membantu Pulihkan Cacar Monyet dengan Cepat

Saat ini dunia tengah dibayang-bayangi monyetpox, ada makanan yang membantu pulihkan cacar monyet

6 Agustus 2022

6 Makanan Membantu Pulihkan Cacar Monyet Cepat
Freepik/marinademidiuk

Belum usai menghadapi pandemi Covid-19, kini masyarakat global harus dihadapkan dengan penyakit lain yang juga cukup serius, yakni cacar monyet. Penyakit yang disebabkan karena virus monkeypox ini resmi ditetapkan World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia sebagai darurat kesehatan global.

Kasus pertama ditemukan di Inggris pada 6 Mei 2022. Kini, penyebarannya telah meluas. Data terakhir menyebutkan wabah ini telah menyebar di 75 negara dan mencatatkan setidaknya 18 ribu kasus penderita.

Virus cacar monyet masih tergolong dari keluarga virus variola yang menyebabkan cacar. Cacar monyet memiliki gejala yang serupa dengan cacar pada umumnya.

Gejala ringan yang mungkin muncul pada 2-3 minggu pertama, yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Sampai saat ini, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) belum menemukan kasus positif cacar monyet di tanah air. Kendati demikian, sudah ada satu supek di Jawa Tengah.

Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai pencegahan guna mengantisipasi penyebaran monkeypox di Indonesia. Sebagai masyarakat, kamu jangan hanya tinggal diam.

Konsumsi makanan yang sehat supaya terhindar dari paparan virus cacar monyet.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Melansir dari Times of India, berikut  Popmama.com paparkan 6 makanan yang membantu pulihkan Cacar Monyet dengan cepat.

1. Daun mint berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh

1. Daun mint berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh
Pexels/Iconcom

Daun mint memiliki kandungan yang mentol yang cukup banyak. Senyawa tersebut membantu mengendurkan otot dan saluran pencernaan. Dikutip dari Times of India, para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi daun mint secara teratur membantu mengobati penyakit pernapasan seperti sinus, batuk, hidung tersumbat, dan asma. Di samping itu, daun minta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Basil segar memiliki anti-inflamasi dan antioksidan bantu perkuat daya tahan tubuh

2. Basil segar memiliki anti-inflamasi antioksidan bantu perkuat daya tahan tubuh
Pexels/Monicore

Makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh adalah daun basil segar. Menurut Times of India, daun basil mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang tinggi. Alhasil mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta meredakan sakit kepala. Daun basil juga mampu mengobati pilek dan flu.

Editors' Picks

3.Selain daun basil, daun salam juga mengandung anti inflamasi dan antibakteri

3.Selain daun basil, daun salam juga mengandung anti inflamasi antibakteri
Freepik/annanelidova

Hasil penelitian menunjukkan daun salam memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri dan diuretik. Daun salam juga mengandung zat eugenol, yakni senyawa yang digunakan sebagai obat pereda nyeri ringan dan antiseptik.

Times of India menuliskan daun salam terbukti sangat efektif mengobati batu, flu dan asma. Tidak hanya itu, salah satu bumbu  dapur ini juga mampu mengatasi permasalahan pencernaan seperti diare dan muntah-muntah.

4. Konsumsi makanan kaya protein

4. Konsumsi makanan kaya protein
Freepik/yuliyafurman

Guna memperkuat imunitas, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Kandungan protein diperoleh dari kedelai, keju, kecambah, yogurt, dan sebagainya. Mengutip Times of India, hidangan kaya protein akan lebih bermanfaat bagi penderita cacar monyet karena membantu pemulihan.

5. Telur mengandung selenium yang membantu melindungi tubuh dan melawan infeksi

5. Telur mengandung selenium membantu melindungi tubuh melawan infeksi
PexelS/Klaus Nielsen

Kandungan  selenium pada telur merupakan nutrisi yang penting untuk melindungi tubuh manusia dari kerusakan oksidatif. Times of India menuturkan selenium mampu melindungi tubuh dari infeksi. Selain telur, kamu dapat memperoleh selenium dari ayam, kerang, olahan laut (seafood), ikan dan sebagainya.

6. Vitamin C pada pepaya bantu perkuat kekebalan tubuh.

6. Vitamin C pepaya bantu perkuat kekebalan tubuh.
Freepik/jcomp

Dari laman Times of India , makanan yang mengandung vitamin C seperti pepaya berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mendukung berbagai fungsi seluler.

Selain itu makanan dengan kandungan vitamin C pun membantu tubuh melawan patogen dan mempercepat pemulihan saat sakit.  Selain pepaya, beberapa makanan lain yang kaya vitamin C adalah lemon, jeruk, nanas, anggur, jambu biji, dan sebagainya.

Itulah ulasan Popmama.com terkait 6 makanan yang membantu pulihkan cacar monyet. Pola makan yang sehat dan rajin berolahraga jadi kunci supaya tubuh terhindar dari berbagai penyakit. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk