5 Alasan Kenapa Kamu Harus Meminum Teh Tanpa Gula 

Mulai sekarang, batasi asupan minum teh pakai gula ya

6 Desember 2021

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Meminum Teh Tanpa Gula 
Unsplash/Manki Kim

Kebanyakan orang, mereka memilih teh sebagai minuman terbaik di pagi atau sore hari. Apalagi berbagai jenis teh dapat meningkatkan sistem kekebalan dan melawan peradangan.

Ini karena teh mengandung zat alami yang disebut polifenol. Senyawa tersebut adalah antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit kronis tertentu.

Namun dalam perkembangan terkini, banyak orang menyeduhnya dengan disertai pemanis atau susu. Padahal ada 5 alasan mengapa kamu harus meminum teh tanpa tambahan gula. Berikut Popmama.com sajikan ulasannya:

1. Memberi energi yang terfokus sepanjang hari

1. Memberi energi terfokus sepanjang hari
Pexels/Andrea Piacquadio

Apakah kamu suka meminum teh dengan tambahan gula? 

Untuk sebagian besar manfaatnya, teh yang diseduh menggunakan pemanis di dalamnya akan menyebabkan kandungannya bertabrakan dan membuat tingkat energi jadi menurun.

Oleh karena itu, biarkan kombinasi alami teh dari kafein dan L-theanine memberi kamu energi terfokus sepanjang hari. L-theanine sendiri adalah salah satu senyawa yang memberi banyak manfaat.

Dalam kombinasi tersebut, maka dapat meningkatkan kinerja kognitif dan produktivitas secara keseluruhan.

Editors' Picks

2. Teh tanpa gula bisa membuat kamu mendapatkan antioksidan sepenuhnya

2. Teh tanpa gula bisa membuat kamu mendapatkan antioksidan sepenuhnya
Unsplash/Matthew Henry

Vitamin C, vitamin E dan polifenol yang ditemukan dalam teh. Semua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan. Namun banyak orang meminumnya dengan gula atau susu, sehingga malah menyingkirkan senyawa tersebut.

Padahal jika menyeduhnya tanpa tambahan gula, maka kamu akan mendapat kapasitas antioksidan sepenuhnya dari dalam teh.

Sedangkan antioksidan bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya, yakni membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. 

3. Menjaga kesehatan gigi agar tidak terjadi kerusakan

3. Menjaga kesehatan gigi agar tidak terjadi kerusakan
Pexels/Shiny Diamond

Sebaiknya kamu menyeduh teh tanpa tambahan gula atau susu ke dalamnya, ya!

Apabila kamu meminumnya tidak dengan pemanis, ini dapat menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya menjadi berlubang.

Sebab gula memiliki hubungan langsung dengan kerusakan gigi.  Setelah minum teh yang mengandung gula, molekul-molekul tersebut bergabung dengan air liur dan bakteri di mulut. Pada akhirnya menyebabkan plak pada gigi.

4. Sebagai pencegahan penyakit diabetes

4. Sebagai pencegahan penyakit diabetes
Unsplash/Diabetesmagazijn.nl

Penambahan gula memang sangat menarik ketika dimasukkan ke dalam teh. Namun ketika kamu meminum teh tanpa gula, ini dikaitkan dengan pencegahan penyakit diabetes.

Artinya, minum teh tawar adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kadar gula kamu dan membantu mengurangi gula darah secara alami. 

Selain itu, sifat antioksidan dan astringen dari teh yang diseduh tidak beserta gula juga memungkinkan pankreas berfungsi efektif. Pada gilirannya membuat sekresi insulin jadi lebih baik dan penyerapan gula darah yang efisien.

5. Membantu menurunkan berat badan

5. Membantu menurunkan berat badan
Pexels/Ketut Subiyanto

Bahwa teh memiliki jenis flavonoid yang disebut katekin. Funginya sendiri dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh memecah lemak lebih cepat. 

Ketika kamu meminum teh tanpa tambahan gula, maka senyawa ini mungkin bekerja paling baik untuk setiap penurunan berat badan.

Jadi salah satu manfaat yang diketahui dari minum teh yang tidak dicampur gula, maka dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Itulah 5 manfaat meminum teh tanpa tambahan gula. Apakah kamu ingin mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.