Obat Pereda Mual, Redakan Gerd hingga Efek dari Perawatan Medis

Saat mual karena kondisi tertentu, kamu bisa meminum obat-obatan berikut ya, Ma!

5 Maret 2022

Obat Pereda Mual, Redakan Gerd hingga Efek dari Perawatan Medis
Freepik/Racool_studio

Beberapa orang sering mengalami mual dengan rasa yang tidak nyaman pada perut. Sementara mual sendiri dapat berasal dari berbagai penyebab, salah satunya sangat sensitif terhadap suatu makanan atau obat.

Dilansir dari Healthline, mengambil obat-obatan tertentu. Misalnya, perawatan kanker seperti kemoterapi bisa mengganggu perut atau menyebabkan mual. 

Jadi pastikan kamu mengetahui daftar obat pereda mual yang dijual di apotek. Nah, berikut Popmama.com berikan informasinya:

1. Prometazine memblokir zat histamin, disarankan untuk atasi mual setelah operasi

1. Prometazine memblokir zat histamin, disarankan atasi mual setelah operasi
Freepik/azerbaijan_stockers

Ketika kamu sering merasa mual, maka perlu mencari pengobatan yang tepat. Nah, Promethazine dapat kamu gunakan untuk mencegah maupun mengobati mual dan muntah yang berhubungan dengan kondisi tertentu.

Diwartakan dari Drugwatch, Promethazine adalah nama generik untuk nama merek antihistamin Phenergan. Promethazine bisa menenangkan pasien yang menjalani operasi atau melahirkan. 

Jenis obat ini pun membantu mengatasi bagi kamu sedang alami mabuk perjalanan sebelum atau sesudah operasi. Bahkan juga bekerja memblokir zat histamin reaksi gejala alergi seperti ruam, gatal dan pilek. 

Editors' Picks

2. Prochlorperazine menghentikan mual di pagi hari

2. Prochlorperazine menghentikan mual pagi hari
Freepik/wirestock
Ilustrasi

Sebaiknya segera atasi secara medis saat kamu alami mual yang disertai dengan gejala lain. Salah satunya dengan menggunakan obat Prochlorperazine.

Bahwa Prochlorperazine sering diberikan pada pasien dengan skizofrenia dan sebagai antiemetik yang bisa membantu mengontrol mual muntah. Terutama menghentikan mual di pagi hari.

Dilansir dari Everydayhealth, beri tahu dokter jika hamil ketika mengambil obat antipsikotik seperti Prochlorperazine. Bahkan mungkin tidak aman untuk menyusui saat menggunakan obat ini. Tanyakan kepada dokter tentang risiko apa pun.

3. Ondansetron bekerja dengan menghalangi aksi serotonin

3. Ondansetron bekerja menghalangi aksi serotonin
Freepik/wirestock
Ilustrasi

Waktu mual atau muntah, jangan biarkan sampai berlangsung 1-8 jam. Sebaiknya gunakan obat Ondansetron. Bahwa Ondansetron sendiri termasuk dalam kelas obat yang disebut antagonis reseptor serotonin 5-HT3 dan hadir dalam bentuk tablet, tablet disintegrasi serta larutan. 

Sedangkan tablet disintegrasi oral Ondansetron dapat mencegah mual dan muntah yang disebabkan oleh perawatan medis tertentu. Jenis obat ini bekerja dengan menghalangi aksi serotonin.

Dirilis dari Drugs, Ondansetron memblokir tindakan bahan kimia dalam tubuh yang dapat memicu mual dan muntah. Ondansetron digunakan untuk mencegah mual dan muntah yang mungkin disebabkan oleh pembedahan, kemoterapi kanker atau pengobatan radiasi.

4. Metoclopramide meredakan mual pada penyakit GERD

4. Metoclopramide meredakan mual penyakit GERD
Freepik/ViDIstudio

Metoclopramide adalah salah satu jenis obat yang bisa membantu meredakan mual yang disertai ketidaknyamanan di perut. Metoclopramide bekerja dengan memblokir pesan antara CTZ dan pusat muntah. 

Biasanya Metoclopramide berupa tablet dan cair yang bisa mengurangi perasaan mual dan menghentikan muntah setelah 30-60 menit. Dimana Metoclopramide mempercepat pergerakan makanan melalui lambung dan usus.

Diinformasikan dari Medlineplus, Metoclopramide digunakan untuk meredakan mual pada orang yang memiliki penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Termasuk gejala yang disebabkan oleh pengosongan lambung yang lambat dari penyakit diabetes. 

Nah, itulah daftar obat pereda mual. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk