Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Kuliner India yang Mirip dengan Makanan Indonesia

Tentunya Indonesia memiliki cita rasa makanan khas yang otentik

23 Mei 2022

5 Kuliner India Mirip Makanan Indonesia
Freepik/stockimagefactorycom

Semua orang tahu, bahwa kuliner khas tanah air memang sangat beragam. Bahkan menjadi salah satu produk budaya yang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia dan cukup sering disajikan di festival beberapa negara.

Selain itu, India juga telah mewarnai kuliner dunia dengan keunikan aroma maupun rempahnya. Makanan atau masakan India pun kini sudah diterima global. Jadi nggak susah menemukannya di beberapa negara.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas 5 kuliner India yang mirip dengan makanan Indonesia. Apa sajakah itu?

1. Appam dan kue apem selong yang terlihat serupa

1. Appam kue apem selong terlihat serupa
thasneen.com

Appam dari India dan kue apem selong khas Indonesia memang terlihat serupa tapi tak sama, salah satu perbedaannya dapat terlihat dari rasa. Dimana appam terbuat dari tepung beras dengan rasa asin, berbentuk tipis yang renyah nan lembut.

Appam pun dimakan selayaknya nasi dengan lauk pelengkap dan dipasangkan bersama rebusan sayuran sebagai menu sarapan yang lezat. Biasanya appam dikonsumsi untuk sarapan atau makan malam. Appam paling populer di Tamil Nadu, Sri Lanka dan Kerala.

Sementara kue apem selong termasuk salah satu makanan tradisional. Kue ini dikenal juga sebagai jajanan pasar bisa dinikmati masyarakat Indonesia sebagai kudapan teman minum teh atau kopi. Selain itu, kue apem selong memiliki banyak variasanya yang teksturnya lembut saat dimakan.

Editors' Picks

2. Butter chicken memiliki warna yang mirip dengan gulai ayam

2. Butter chicken memiliki warna mirip gulai ayam
yourfoodfantasy.com

Selanjutnya ada butter chicken yang punya warna, tekstur dan cita rasa mirip dengan gulai ayam. Butter chicken adalah salah satu kari paling populer di setiap restoran India di seluruh dunia. Butter chicken atau murgh makhani adalah kari yang cukup ringan dan memiliki aroma dalam saus kari krim yang luar biasa.

Butter chicken sendiri pun berupa potongan ayam yang empuk dan berair disertai bumbu yoghurt. Lalu dibumbui bahan utama berupa ragam rempah seperti cengkeh, garam masala, jinten, kapulaga, daun kari, krim dan susu.

Sementara gulai ayam merupakan masakan yang populer di Indonesia dan telah tersebar ke berbagai daerah. Makanan yang disebut-sebut asli berasal dari Sumatra, saat dimakan akan keluar sensasi rasa pedas dan gurih. Maka nggak heran jika gulai ayam sering menjadi menu rumahan.

3. Pakora dan bakwan digoreng hingga berwarna keemasan

3. Pakora bakwan digoreng hingga berwarna keemasan
vegrecipesofindia.com

Pakora dengan cita rasa lezat, makanan khas India ini mirip dengan bakwan yang ada di Indonesia. Pakora sendiri merupakan sejenis roti sayur India, dibumbui menggunakan rempah dan digoreng hingga berwarna keemasan yang renyah. 

Pakora pun dapat dibuat dengan hampir semua sayuran dan biasa disajikan sebagai makanan pembuka untuk hidangan India, makanan ringan pada pertemuan. Bahkan pakora juga banyak dijual di jalanan India.

Nah, kalau bakwan adalah salah satu jenis gorengan yang renyah nan gurih dari masakan Indonesia. Bakwan biasanya disantap bersama es teh manis atau es kelapa. Bahan-bahan utama pembuatannya berupa taoge, kol dan wortel yang diparut. Lalu diaduk bersama adonan tepung dan digoreng dengan minyak goreng.

4. Paratha dan roti maryam yang teksturnya dominan pipih

4. Paratha roti maryam tekstur dominan pipih
seriouseats.com

Selanjutnya ada paratha berupa roti pipih yang mirip roti maryam di Indonesia. Paratha sendiri dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat India, khususnya di wilayah bagian selatan. Teksturnya yang renyah, paratha biasanya disajikan dengan dals dan kari.

Di India, paratha dibuat dengan tepung gandum utuh dan dicampur hanya beberapa bahan sederhana lainnya. Adonan lembut dibuat dengan tangan, dibentuk dan diratakan. Kemudian dilipat beberapa kali untuk membuat banyak lapisan yang terkelupas. Jika sudah dipanggang hingga sempurna dan disangap selagi hangat.

Jika dilihat Paratha memiliki warna, tekstur dan cita rasa yang sama seperti roti maryam. Di daerah Jakarta dan sekitar, roti maryam banyak dijual di stasiun kereta. Bentuk roti maryam sendiri terlihat berlapis, bersisik di bagian luar dan sedikit kenyal di dalamnya. Rasa yang dominan ketika menyantap roti ini, yakni gurih cenderung tawar.

5. Puttu dan kue putu yang bahan dasarnya dari tepung beras

5. Puttu kue putu bahan dasar dari tepung beras
culinarylabz.com

Puttu khas India yang disajikan dengan kadala kari adalah salah satu kombinasi sarapan paling populer ini mirip dengan kue putu dari Indonesia. Puttu pada dasarnya adalah tepung beras kukus dan batang kelapa. Kombinasi puttu yang lembut dengan kadala kari memiliki rasa luar biasa.

Dimana secara tradisional puttu dibuat dari batang bambu dan memberikan aroma yang khas. Bahwa puttu merupakan makanan khas India selatan yang banyak ditemui di negara bagian Kerala dan Tamil Nadu.

Sedangkan kue putu di Indonesia diolah menggunakan metode masak pengukusan. Bahan utamanya terdiri tepung beras, kelapa parut dan gula merah. Biasanya kue putu dijual dengan sepeda yang disertai suara lengkingan dari uap panci kukusan.

Itulah kelima kuliner India yang mirip dengan makanan Indonesia. Tentu keduanya perlu terus dipromosikan, sehingga kuliner kedua negara tersebut dapat lebih dikenal banyak orang di berbagai belahan dunia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk