Kota dengan Jajanan Terbaik, 5 Kuliner Bandung Ini Tak Boleh Terlewat

Bandung jadi 7 besar Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di dunia lho!

3 Maret 2021

Kota Jajanan Terbaik, 5 Kuliner Bandung Ini Tak Boleh Terlewat
Unsplash/dapiki

Kota apa di Jawa Barat yang dikenal karena banyaknya kuliner? Jika Mama memikirkan Bandung, maka jawaban Mama adalah tepat. Rupanya bukan hanya kita saja yang mengakui Kota Kembang sebagai kota dengan kuliner enak di Jawa Barat.

Taste Atlas sebuah situs dari Kroasia mengakuinya juga. Dalam Taste Atlas Awards 2020, Bandung masuk ke dalam daftar Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik (Best Cities for Traditional Food) di dunia lho! Penilaian itu dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan 63.402 suara (voting) pembaca Tasteatlas.

Dalam daftar itu, Bandung ada di posisi 7 dari total 56 kota di dunia. Beberapa makanan khas Bandung yang direkomendasikan oleh Taste Atlas adalah cireng, siomay, batagor, surabi, bakwan, cireng, dan perkedel. Lalu ada pula nasi kuning, cilok, mie kocok, karedok, bakso goreng, dan kupat tahu. 

Sementara untuk minuman dari Bandung yang direkomendasikan adalah bandrek dan bajigur. Mendengar makannya, bukan kah bisa membuat Mama lapar? 

Nah, untuk merangkum berikut Popmama.com rangkum daftar kuliner Bandung enak yang tidak boleh terlewat ketika ke sana. 

1. Mie Kocok Persib

1. Mie Kocok Persib
Instagram.com/kulinerbandungoke

Mie kocok atau mie kocok Bandung jadi salah satu makanan tradisional yang wajib dicoba. Tak lengkap jika ke Kota Kembang tanpa mencoba Mie Kocok Persib.

Nama yang unik diambil dari salah satu klub sepak bola favorit masyarakat Jawa Barat, mie kocok ini legendaris dan antre untuk memakannya.

Nama Persib digunakan karena letak dari Mie Kocok Persib memang ada di Stadion Persib di Jalan Ahmad Yani No. 262, Kota Bandung.

Semangkuk mie kocok ini berisi mie gepeng, tauge, kikil, serta potongan tulang iga dengan daging dan tulang rawan yang masih menempel, siapa yang nggak ngiler coba?

Editors' Picks

2. Batagor H. Darto

2. Batagor H. Darto
Instagram.com/fasko_dede

40 tahun lebih Batagor H. Darto ada di Bandung. Seiring bekrembangnya zaman memang banyak warung batagor yang berjualan. Tapi kelegendarisan Batagor H. Darto tak lekang oleh waktu. 

Nama H. Darto diambil dari pendiri ketika warung batagor ini pertama kali berdiri tahun 1980-an lalu. Kini usaha ini dialanjutkan oleh anak dari H. Darto.

Pemilik saat ini mengaku jika cita rasa maupun menu yang ditawarkan tetap sama hingga sekarang. Batagor H. Darto berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.202, RW.01, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Perkedel Bondon

3. Perkedel Bondon
Instagram.com/kulinersamaagam

Kuliner di Kota Bandung selanjutnya yang bisa dcoba adalah Pekedel Bondon. Namun, karena saking terkenalnya Mama harus siap antre panjang untuk mendapatkan perkedel legendaris ini. Bahkan ada pepatah yang mengatakan, kalau lapar tengah malam maka Perkedel Bondon adalah tujuannya.

Warung makannya sendiri memang beroperasi 24 jam, tapi untuk mendapatkan perkedelnya harus antre mulai pukul 23.00 WIB.

Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1980-an lalu. Salah satu yang membuat otentik adalah Perkedel Bondon masih digoreng menggunakan tungku.

Perkedel Bondon berlokasi di Jl. Stasiun Timur No.14, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Surabi Cihapit

4. Surabi Cihapit
Instagram.com/jusuplife

Siapa yang nggak kenal dengan surabi? Salah satu makanan tradisional ini enak disajikan saat pagi-pagi buta kala dingin menerpa.

Surabi juga enak dinikmati dengan secangkir kopi hangat atau teh panas. Salah satu surabi yang terkenal di Kota Bandung adalah Surabi Cihapit. 

Di Surabi Cihapit, adonan tepung terigu serta santan kelapa kental dicampurkan dan dimasak pada cetakan bulat diatas tungku tanah liat.

Dulu penyajian surabi hanya polosan saja. Kini semakin berkembangnya zaman, banyak topping yang bisa dipilih. Namun, tetap salah satu favoritnya adalah menggunakan oncom!

5. Baso Tahu Mang Ade

5. Baso Tahu Mang Ade
Instagram.com/duniakulinerbdg

Kuliner selanjutnya yang juga legendaris di Bandung adalah siomay atau orang Bandung menyebutnya baso tahu.

Cukup terkenal yakni Baso Tahu Mang Ade yang hanya menggunakan gerobak kaki lima. Baso tahu yang disajikannya hanya ada dari siang ke sore saja.

Harganya yang murah tentu menjadi daya tarik tersendiri. Namun, untuk menikmati sepiring Baso Tahu Mang Ade Mama harus rela antre dulu ya!

Itulah tadi beberapa kuliner Bandung enak yang tak bisa dilewatkan ketika berkunjung. Bandung memang jadi Kota yang menarik tidak hanya untuk jalan-jalan tapi juga kulineran baik pagi hingga malam hari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.