TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kumpulan Doa untuk Orang Sakit agar Diberi Kesembuhan

Doa untuk orang sakit, setidaknya memberikan harapan untuk kesembuhan

28 Maret 2022

Kumpulan Doa Orang Sakit agar Diberi Kesembuhan
Freepik

Tentunya, siapa pun tidak menginginkan jatuh sakit.

Namun, sakit adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari meskipun seseorang sudah berusaha menjaga kesehatan.

Ketika ada teman atau saudara yang jatuh sakit, maka sudah menjadi suatu keharusan bagi kamu untuk menjenguk mereka. 

Sedangkan menjenguk orang sakit pun ada tata cara dan etikanya tersendiri. Salah satunya adalah membacakan beberapa doa menjenguk orang sakit.

Berikut kumpulan doa untuk orang sakit yang sudah dirangkum oleh Popmama.com:

1. Doa saat menjenguk orang sakit

1. Doa saat menjenguk orang sakit
Freepik/wayhomestudio

Saat ada keluarga atau kerabat yang sedang sakit, kamu langsung menjenguknya?

Di mana menjenguk orang sakit merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah Subhanallahu Wa ta’ala dan Rasul-Nya.

Dalam menjenguk orang sakit, kamu harus mempunyai adab yang sesuai dengan aturan Islam. Ini salah bentuk seseorang menunjukkan rasa empati. Namun tak lupa memberikan doa. Berikut doa untuk orang sakit yang bisa kamu panjatkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya:

Artinya: "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi."

(HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa untuk orang sakit ini dianjurkan dibaca supaya dapat mempercepat proses kesembuhan bagi orang yang sakit.

2. Doa untuk orangtua sakit

2. Doa orangtua sakit
Freepik/rawpixel.com

Siapa yang tidak bersedih saat mengetahui orangtua sedang terbaring sakit.

Sebagai anak, tentu kamu akan mengusahakan berbagai cara untuk kesembuhan orangtua. Salah satunya dengan memanjatkan doa untuk orang sakit.

Doa ini dipanjatkan Nabi Muhammad SAW saat menjenguk dan mendoakan para sahabat yang sakit. Berikut beberapa lafaz doa yang dibaca Rasulullah SAW yang bisa kamu panjatkan ketika orang tua kamu sedang sakit;

Berikut bacaan doa untuk orang tua sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

"Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit." (HR. Bukhari)

Editors' Picks

3. Doa saat anak terbaring sakit

3. Doa saat anak terbaring sakit
Freepik/lifeforstock

Doa untuk orang sakit bisa dipanjatkan untuk siapa saja agar diberikan jalan dalam mendapatkan kesembuhan. Tentunya, sebagai orangtua akan merasa khawatir ketika sang buah hati dalam kondisi sedang sakit.

Selain mengobati secara medis dengan obat-obatan, membacakan doa adalah bentuk usaha lain yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya lekas sembuh.

Orangtua bisa mendoakan kesembuhan bagi anak setelah selesai salat, membaca Al-quran atau sewaktu menidurkan anak. Doa ini dipanjatkan Rasulullah ketika keluarganya sakit dan menjadi doa yang paling banyak dibacakan umat Muslim. Berikut ucapan doa untuk anak sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit, kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri." (HR. Bukhari).

4. Doa pengampunan dosa dan perlindungan untuk yang sedang sakit

4. Doa pengampunan dosa perlindungan sedang sakit
Freepik

Pastinya tidak ada orang yang mau merasakan sakit, obat pun dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. 

Namun selain itu, kamu juga dapat menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan untuk mereka yang sedang sakit.

Doa ini yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa 'āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika

Artinya: "Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia." (HR Ibnu Sunni).

    5. Doa Nabi Ayyub A.S saat sakit dan tetap bersabar

    5. Doa Nabi Ayyub A.S saat sakit tetap bersabar
    Unsplash/Faseeh Fawaz

    Nabi Ayyub A.S diberkahi dengan harta yang melimpah, tanah, dan anak-anak. Dia kemudian diuji dengan meminta semua itu, termasuk kesehatannya, diambil darinya. Tidaklah seluruh anggota tubuhnya terbebas dari penyakit kecuali lidah dan hatinya yang ia gunakan untuk berdzikir kepada Allah SWT. 

    Orang-orang memutuskan hubungan dengannya karena penyakitnya dan dia diusir dari kota dengan hanya istrinya yang ada di sana untuk mendukungnya. Nabi Ayyub A.S  tetap sabar dan bersyukur dalam keadaan apapun.

    Ia meminta pertolongan kepada Allah SWT dengan membaca doa dalam Surah Al-Anbiyaa’ (21:83). Doa berikut adalah kutipan dari ayat:

    رَبِّي أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

    Robbi annee massaniyad-durru wa-anta arhamur-raahimeen

    Artinya: "Ya Allah. Sesungguhnya kesengsaraan telah menimpaku, dan Engkau Maha Penyayang di antara para penyayang."

    6. Do'a untuk belas kasihan, pengampunan dan penyembuhan rasa sakit

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa di antara kamu yang menderita suatu penyakit, atau saudaranya menderita suatu penyakit, hendaklah ia berkata:

    رَبَّنَا اللَّهُ الَّذِي فِي السَّمَاءِ تَقَدَّسَ اسْمُكَ أَمْرُكَ فِي السَّمَاءِ وَالأَرْضِ كَمَا رَحْمَتُكَ فِي السَّمَاءِ فَاجْعَلْ رَحْمَتَكَ فِي الأَرْضِ اغْفِرْ لَنَا حُوبَنَا وَخَطَايَانَا أَنْتَ رَبُّ الطَّيِّبِينَ أَنْزِلْ رَحْمَةً مِنْ رَحْمَتِكَ وَشِفَاءً مِنْ شِفَائِكَ عَلَى هَذَا الْوَجَعِ فَيَبْرَأُ

    Robbana-Allahullazi fis-samaai taqoddasas-muka amruka fis-samaai wal-ardhi kamaa rohmatuka fis-samaai faj-al rohmataka fil-ardhi. Ighfir lanaa huubanaa wa khotoyaanaa anta robbut-toyyibeen. Anzil rohmatan min rohmatika wa shifaan min shifaaika ‘alaa haazal-waja’i fa-yabra’u

    Ya Tuhan kami, Allah Yang di Surga, Terpujilah nama-Mu, jadilah kehendak-Mu di langit dan di bumi; karena rahmat-Mu ada di surga, berikanlah itu ke bumi. Ampunilah kami atas segala dosa dan jalan kami yang salah. Ya Allah,turunkan rahmat dari-Mu dan obat dari-Mu untuk menyembuhkan sakit ini.

    (Sunan Abi Daud)

    7. Doa Rasulullah SAW saat meruqyah, bisa dilakukan untuk orang sakit

    7. Doa Rasulullah SAW saat meruqyah, bisa dilakukan orang sakit
    Unsplash/The Dancing Rain

    Awalnya mendengar ruqyah, kita mungkin berpikir tentang hal-hal yang berkaitan dengan mengusir makhluk jahat. Ruqyah nggak selalu berkaitan dengan hal tersebut. 

    Rasulullah SAW memiliki doa saat meruqyah sahabatnya, ini bisa menjadi media terapi pengobatan saat orang sakit. Berikut doanya:


    امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

    Imsahil ba'sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā'u. Lā kāsyifa lahū illā anta

    Artinya: "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

    Demikianlah rangkuman kumpulan doa untuk orang sakit. Jangan lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT meminta diri kamu dijauhkan dari rasa sakit. Semoga kumpulan doa untuk orang sakit dapat bermanfaat ya, Ma!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk