5 Cara Mengatasi Rasa Penyesalan, Belajar Memaafkan Diri Sendiri!

Merenungkan penyesalan dapat menimbulkan depresi, lho!

21 Mei 2022

5 Cara Mengatasi Rasa Penyesalan, Belajar Memaafkan Diri Sendiri
Pexels/Karolina Grabowska

Kamu sedang alami rasa penyesalan yang mendalam?

Pengertian dari penyesalan sendiri adalah emosi negatif yang bergantung pada pemikiran kontrafaktual. Kondisi ini biasanya membuat kamu melihat ke belakang dan memikirkan semua hal secara berbeda.

Terutama setelah kehilangan dan perubahan terjadi dalam hidup kamu. Padahal, penyesalan dapat melibatkan interaksi dan aktivitas sehari-hari kamu.

Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tahu bagaimana melepaskannya. Berikut Popmama.com berikan 5 cara mengatasi rasa penyesalan:

1. Tidak menghakimi dan menyebut diri kamu gagal

1. Tidak menghakimi menyebut diri kamu gagal
Pexels/Elijah O'Donnell

Ketika kamu menilai buruk pada diri sendiri, ini akan mengikis harga diri dan kepercayaan diri. Apalagi sampai menyebut diri kamu gagal atau lemah.

Sedangkan dalam mengatasi rasa penyesalan, kamu perlu berusaha lebih keras dan berbuat lebih baik pada diri kamu. Nah, salah satunya dengan tidak menghakimi diri kamu sendiri.

Jadi jika kamu ingin berjuang dengan untuk melepaskan penyesalan, sebaiknya mulai menciptakan sedikit ruang antara kamu dan penyesalan.

Editors' Picks

2. Membuat skenario dengan pemikiran positif dan terburuk

2. Membuat skenario pemikiran positif terburuk
Pexels/Michele Raffoni

Dengan rasa penyesalan di diri kamu, biasanya sering kali berfokus pada masa lalu. Padahal kamu tidak tahu semuanya akan ada kebaikan di balik apa yang sudah terjadi.

Neal Roese, Ph.D., seorang psikolog sosial, dan profesor pemasaran di Kellogg School of Management di Northwestern University, mengatakan kepada Self bahwa kamu bisa membuat skenario dengan menekankan pemikiran positif dan pilihan berbeda yang berdampak negatif.

Tentu hal ini guna mendapatkan konteks dan perspektif yang terbaik untuk kamu atau ada alasan lain mengapa itu mungkin menjadi lebih buruk.

3. Mulai memaafkan diri sendiri untuk segala hal

3. Mulai memaafkan diri sendiri segala hal
Pexels/Angela Roma

Ketika kamu memiliki rasa penyesalan, ini adalah indikasi dari bagian yang terkadang tidak memenuhi sebuah harapan tertentu. Oleh karena itu, kamu harus memaafkan diri sendiri.

Sebab, tidak ada solusi untuk membuat kamu merasa langsung baik-baik saja dengan apa pun yang telah disesali. Tetapi jika memaafkan diri sendiri untuk segala hal yang dianggap buruk, maka kamu dapat mulai melepaskannya.

Bahwa memaafkan diri sendiri, mungkin juga membantu kamu membuka belas kasih diri. Pada akhirnya, kamu bisa bergerak melampaui rasa penyesalan.

4. Mencoba sesuatu yang baru dan berbeda dari sebelumnya

4. Mencoba sesuatu baru berbeda dari sebelumnya
Pexels/George Milton

Bahwa rasa penyesalan bisa menjadi perenungan yang membuat kamu jadi terjebak dalam keadaan saat ini. Padahal kamu bisa melepaskan rasa penyesalan adalah keluar dari rutinitas sebelumnya.

Cara terbaiknya, yakni mulai mencoba sesuatu yang baru. Pertimbangkan untuk mengubah pengalaman hidup kamu dengan menempuh cara berbeda atau yang biasanya tidak dilakukan.

Melalui cara ini, maka dapat mengalihkan perhatian dari perenungan dan membantu kamu percaya pada kemampuan untuk belajar dari banyak hal.

5. Bekerja sama dengan terapis dan mencari dukungan lainnya

5. Bekerja sama terapis mencari dukungan lainnya
Pexels/Karolina Grabowska

Kamu sering merenungkan penyesalan?

Hati-hati, kondisi ini dapat menimbulkan gejala masalah kesehatan mental seperti depresi. Oleh karenanya, penyesalan kamu harus segera diatasi.

Agar tidak memicu pikiran yang mengarah pada kecemasan atau mulai merasa kewalahan, sebaiknya hubungi profesional kesehatan mental. Bekerja langsung dengan terapis, maka dapat membantu kamu membongkar emosi yang dipendam selama ini. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari dukungan dari orang terdekat maupun teman sebaya. Melalui cara tersebut, kamu tidak akan merasa sendirian lagi. 

Demikianlah 5 cara mengatasi rasa penyesalan. Sebaiknya, kamu juga memiliki pemikiran yang kuat tentang masa depan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk