8 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak setelah Menangis

Mata bengkak setelah menangis? Yuk, intip cara mengatasinya, Ma

19 Oktober 2021

8 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak setelah Menangis
Pexels/LizaSummer

Menangis merupakan hal yang wajar dan normal, yang pastinya pernah dialami oleh semua orang. Tak peduli seberapa tangguh Mama dalam menghadapi suatu situasi atau karena suatu hal lainnya yang membuat sedih, menangis biasanya menjadi solusi untuk meluapkan emosi yang dirasakan.

Menangis juga sebenarnya memiliki manfaat untuk Mama, karena dengan menangis tubuh melepas adrenalin dan kortisol yang bisa meringankan stres. Selain itu, dengan menangis sering kali perasaan menjadi lebih lega karena sudah melepas segala emosi yang terpendam.

Namun, menangis juga sering kali membuat mata menjadi bengkak. Sehingga, untuk mengantisipasi agar orang lain tidak mengetahui kesedihan yang sedang dialami dibutuhkan cara cepat untuk menghilangkan mata bengkak.

Nah, untuk membantu Mama mengatasi mata bengkak setelah menangis dengan bahan alami dan cepat. Berikut Popmama.com rangkum informasinya dilansir dari Medical News Today.

1. Kompres mata menggunakan air dingin

1. Kompres mata menggunakan air dingin
Pexels.com/RonLach

Cara pertama yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan mengompres mata menggunakan air dingin. Menggunakan air dingin dapat membantu meredakan peradangan dan pembekakan pada area mata atau tubuh lainnya.

Caranya, Mama bisa menggunakan handuk atau waslap yang telah direndam di dalam air dingin. Selanjutnya, peras handuk yang telah direndam dan kompres ke area mata selama 5-10 menit sekali. Lalu ulangi kembali sampai mata terlihat lebih baik.

2. Kompres area mata dengan irisan timun

2. Kompres area mata irisan timun
Pexels.com/Breakingpic

Seperti air dingin, mengompres mata dengan irisan timun merupakan cara klasik yang sudah dilakukan oleh semua orang. Karena timun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mampu menghidrasi kulit dan mengurangi pembengkakan,

Selain itu, timun juga memiliki anti-inflamasi dan antioksidan, serta mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata.

3. Selain timun, Mama juga bisa kompres dengan kantung teh

3. Selain timun, Mama juga bisa kompres kantung teh
Pexels.com/Skitterphoto

Teh juga diklaim ampuh untuk mengurangi pembekakan pada area mata. Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Khususnya, teh celup chamomile yang memiliki tingkat antioksidan yang paling tinggi diantara jenis teh lainnya. Untuk menggunakannya, Mama bisa rendam kantung teh ke dalam air hangat, lalu dinginkan kantong di lemari es sebentar saja. Selanjutnya, kompres ke area mata selama beberapa menit.

Editors' Picks

4. Menggunakan rendaman air dari witch hazel

4. Menggunakan rendaman air dari witch hazel
Instagram.com/kellydnorris

Selain dikenal memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Witch Hazel juga memiliki zat alami dan antioksidan yang bisa mengurangi mata bengkak akibat menangis lho, Ma.

Caranya, cukup rendam kapas ke dalam witch hazel dingin. Lalu peras kapas tersebut dan kompres ke area yang bengkak selama 5-10 menit. Selain itu, Mama perlu berhati-hati dalam menggunakan metode ini agar witch hazel tidak masuk ke mata.

5. Pakai eye roller untuk mengurangi mata bengkak

5. Pakai eye roller mengurangi mata bengkak
Pexels.com/YanKrukov

Eye roller memiliki beragam jenis yang bisa Mama pilih untuk membantu mengurangi bengkak, mengurangi lingkaran hitam pada area mata, dan menawarkan manfaat anti-penuaan.

Eye roller umumnya terbuat dari logam yang bisa Mama gunakan dengan menambahkan gel pendingin pada bagian rolnya. Dengan menggunakan rol bisa memberikan pijatan mini ke area bawah mata, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengatasi mata bengkak.

6. Pakai krim wajah atau eye cream untuk mengatasi area mata yang bengkak

6. Pakai krim wajah atau eye cream mengatasi area mata bengkak
Pexels.com/Cottonbro

Selanjutnya, Mama bisa menggunakan krim wajah atau eye cream yang dapat membantu mengatasi mata bengkak, mendinginkan area mata, dan menyempitkan pembuluh darah.

Dalam eye cream mungkin mengandung retinol, vitamin C, phenylephrine, dan hyaluronic acid yang dapat memperbaiki bengkak di sekitar mata dan mencerahkan mata panda.

7. Pijat area mata dengan lembut menggunakan jari

7. Pijat area mata lembut menggunakan jari
Pexels.com/SHVETS

Cara selanjutnya yang dapat membantu menghilangkan mata bengkak adalah dengan memberikan pijatan yang lembut menggunakan jari di area mata yang bengkak.

Sebelumnya, Mama bisa merendam terlebih dahulu jari-jari Mama ke dalam air dingin. Lalu, letakkan jari telunjuk di pangkal hidung (di bawah alis), dan pijat di sepanjang area bawah mata. Ketuk dengan lembut di sepanjang kulit dan gunakan jari tengah untuk membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

8. Coba ubah pola makan dengan makan makanan yang sehat

8. Coba ubah pola makan makan makanan sehat
Freepik.com

Cara terakhir yang dikutip dari Medical News Today, adalah dengan mengubah pola makan dengan makan makanan yang sehat agar tetap terhidrasi dan dapat mengurangi munculnya mata bengkak.

Salah satunya adalah dengan minum air putih sekitar delapan hingga 10 gelas air per hari. Makan makanan yang kaya air, seperti timun, dan banyak buah dan sayuran lainnya. Serta hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, berkafein, atau minuman berenergi.

Nah, itulah rangkuman terkait 8 cara alami mengatasi mata bengkak setelah menangis yang bisa Mama coba di rumah untuk menghilangkan mata bengkak dengan cepat. Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.